Thursday, December 27, 2018

My Up and Down Blogging Moment in 2018

Ini beneran udah mau penghujung tahun? Saya berasa mimpi sih tiba-tiba sudah mau tahun baru masehi lagi, ckck.  Pas buat postingan ini, saya langsung nengok sudah berapa banyak artikel yang berhasil saya buat di tahun 2018. Dan jumlahnya adalahhhhh... jeng jeng jeengggg.. 61 artikel per hari ini... prok prok prok, dikit yaa, WQWQ.

Nasib minim stok poto. Tolong anda jangan mual, bacalah postingan ini sampai habis XD

Rekor tersedikit posting artikel itu di bulan Juli dan Oktober, sebanyak 1 postingan ajah per bulan, hm. Bulan Juli saya memang sempat memutuskan off karena mau fokus ramadhan. Yang ternyata ya nggak fokus juga :( Lalu bulan Oktober, alasannya karena hape saya kecemplung bak kamar mandi dan jadi malas online, haha. Rekor menulis terbanyak dipegang bulan November sebanyak......... 13 artikel. *Yhaaaa penonton kecewa, wkwkkwkw* Itu karena saya ikut tantangan #BPN30DayChallenge2018,  yang pada akhirnya ngos-ngosan dan terhenti di hari ke 12. Sayang bangettt, padahal udah hampir separuh jalan, huhuhu. Tolong jangan bilang saya cemen, meskipun emang IYA sih. *CRY*

Blog ini pertama kali saya buat di bulan Maret 2017. Saat itu belum pakai domain berbayar. Memutuskan untuk mulai serius *serius bayar yaa, bukan serius nge-blog XD* di bulan Oktober tahun yang sama. Mulai menulis di bulan November, dan artikel ter-hits dengan pageview terbanyak, bahkan sampai dengan hari ini adalah posting tentang rekomendasi dokter spesialis anak di Bandar Lampung. Terbanyak itu, nilainya berkisar di angka 10.000, buat blog saya, itu udah paling banyak lhoo. KASIH SEMANGAT DULUUU GENGSSS. Hahahha.

Tahun 2018, saya mulai dengan menulis posting tentang resep kue lambang sari a.k.a nagasari. Alasannya apa? Gak ada, ya sukak sukak saya aja sih XD Saat itu, saya memutuskan bahwa blog ini akan berisi 3 sub bagian besar, yaitu motherhood, recipes dan lifestyle. Jadi saya memperbanyak posting tentang resep yang pernah berhasil saya buat di rumah. Dan senangnya, satu artikel tentang bolu pisang panggang no mixer no pengembang menjadi resep dengan jumlah pageview yang stabil sampai dengan hari ini. Hampir tiap hari ada aja gitu yang nyari dan nyangkut ke blog saya, alhamdulillah. Semoga bermanfaat buat para netijen budiman.

Hasil recook resep yang bersliweran di FB kala itu..

Di tahun 2018 ini, saya juga konsisten untuk bertahan di niche parenting & family. Pengennya, gak nulis atau ngambil job di luar niche ini. Bukan karena gak mau mencoba sesuatu yang baru, tapi saya memang mau fokus di satu niche. Saat ini saya buat agak lebih luas, tapi masih berkisar soal life as mommy. Saya bangga karena gak tergoda ngambil job content placement yang gak berhubungan dengan niche blog ini. LHA EMANG ADA YANG NAWARIN?? wkwkw. Ada lohhhh. Percaya dongggg, hahaha.

Soal pageview terbanyak 2018, dipegang oleh satu artikel parenting tentang stimulasi visual, auditori dan kinestetik anak, yang sejujurnya saya gak nyangka banget ternyata banyak yang cari. Di tahun ini juga, saya berkolaborasi secara tidak konsisten dengan mama blogger kenamaan Lampung, yaitu Mb Heni Puspita, wkwkkw. Awalnya mau collab seminggu sekali bahkan! Emejing sekali kannn. Tapi sampai saat ini, kami berhasil submit 3 tema tentang parenting. KASIH TEPUK TANGAN DOONGGG XD Alhamdulillah meskipun cuma 3, satu artikel soal stimulasi agar anak cepat jalan mendapatkan pageview yang membanggakan. Saya bahagia banget karena saat nulis artikel itu, saya research keyword dulu. Hitung-hitung belajar SEO. Dannn it works. Proud.

One of my best moment in 2018. Collab bareng mom blogger panutan, Mb Heni Puspita.

Di tahun ini pula, saya mulai bergabung dengan berbagai komunitas blogger. Tapis Blogger, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger dan lain-lain. Senang sekali bisa berkenalan dengan teman-teman blogger dari berbagai daerah. Saya pun membuat akun instagram baru yang terbuka untuk publik. Dulu sih, akun sosmed hampir selalu saya kunci dan hanya berteman dengan teman-teman yang memang berteman di dunia nyata. Pusing kan bacanya? XD Sekarang? WOW saya dapat banyak teman baru. Pokoknya asal feeds enggak aneh-aneh, saya follback, terutama yang memang sesama influencer dan blogger. Tapi ada juga lohhhhh, blogger yang jumlah followersnya yaahhh belum banyak amat lah. Saya follow, TRUS GAK FOLLBACK. Sedih akutuuu. Wkwkwkwkwkkw *curhat*

Pertama kali saya tau rasanya jadi blogger bayaran ((BLOGGER BAYARAN)) juga di tahun ini. YHA IYALAH wong mulai ngeblognya juga baru kemarin, wkwk. Job pertama itu tentang review varian cake baru dari Banana Foster Lampung. Makasih loh Kang Hengky Kurniawan. Eaaaaa. Happy banget kan nyicip kue, dapet kue dan dibayar XD Meskipun berbayar, dalam tulisan apapun, saya selalu mengedepankan review jujur. Gak pengen muluk-muluk. Dan gak pengen juga mereview yang gak saya pake, meskipun berkaitan dengan niche blog ini, misal sponsored post susu formula.

Job pertama bareng teman-teman Tapis Blogger.

Semua serba pengalaman pertama ya, hihi. Belum selesai nih. Satu lagi pengalaman berkesan di tahun ini adalah, saya mendapatkan piala pertama seumur hidup saya selama 27 tahun terakhir.. dan itu didapat dari nge-blog, huwaaaaaaa. Ini adalah kali pertama saya ikut lomba blog, temanya tentang icon pariwisata daerah dan langsung menang. Ya karena pesertanya dikit juga sih, hahaha. Tapi tetep terharuuu. Lebih spesial lagi, karena di hari pengumuman pemenang itu pula, saya pertama kali memberanikan diri nyetir tanpa pendamping. Cuma deket ke rumah orang tua yang jaraknya paling-paling 10 menit doang. Tapiiiiiii I'M SO PROUD! Resolusi nyetir saya di tahun 2017, akhirnya kesampean juga di tahun iniii. Alhamdulillah. 
 
Alhamdulillah menang. Tapi agak bete sama fotografernya karena Rania gak ikut dimasukin frame, huhu.

Selama tahun ini, baru 2 kali saya ikut lomba blog. Satu menang, satu menang yang tertunda. Eaaaaa *bijaque* Harapannya, tahun 2019, semoga aja saya bisa ikut lebih banyak lagi lomba ngeblog. Biar produktif aja ye kann. Saya mau ikut tantangan-tantangan dan post tematik juga *kalau sempat* YHAAAAAAAA XD Alhamdulillah, pertama kali ikut tematik di Mom Blogger Community bulan Juni 2018, postingan saya tentang tips mudik aman naik bus bersama balita terpilih jadi yang terbaique. Ngerasa tertantang, tapi lebih dominan udahlah ngalah sama yang lain, hahahhaa. Sisi plegmathis itu muncul. Kadang saya memang bisa pengen banget berkompetisi. Tapi gak jarang, udahlah damai aja, trus jadi males ikut lomba, hahahahhaha.



Meskipun banyak senangnya, momen sedih juga sudah pasti ada. Saya inget banget di bulan Maret lalu,  akun adsense saya dicabut. Permintaan banding saya ditolak, hiks. Sempet down banget karena buat saya yang baru ngeblog beberapa bulan waktu itu, keterima adsense adalah sebuah kebanggaan. Hahaha. Kemungkinan besar sih karena saya suka berkali-kali me-refresh artikel setelah editing. Padahal niatnya sama sekali bukan untuk naikin PV, saya cuma suka gemes kalo ada typo.  Jadi abis edit, trus refresh. Gitu aja terus, ckck. Sekarang sih udah lebih santai ya. Kapan-kapan coba daftar lagi deh,  hehehe.

Oh ya, di tahun 2018 ini, blog saya sudah 3x berganti nama XD Yang pertama My Motherhood Story, lalu ganti jadi dwiseptiani.com. Dan sekarang Blog Emak, ditandai dengan bergantinya header. Someday saya pengen buat header yang lebih bagus untuk blog ini. Wish me luck! :D

Wahhhh banyak banget yaa kenangan blogging di tahun 2018 ini. Last but not least, kewajiban saya yang utama adalah tetap menjadi seorang ibu dan istri yang baik. Aktivitas blogging tidak pernah ingin saya menangkan diatas kewajiban utama saya. Saat anak bangun tidur dan ngajak main, i won't open my laptop. Saat anak menangis dan merasa kurang perhatian, i will stop. Sudah komitmen saya untuk menjalankan blogging dengan nggak ngoyo amat. Tapi gak pengen juga menjadikan anak dan tugas ke-istri-an sebagai excuse untuk tidak memposting artikel baru. Satu lagi, saya juga gak pengen waktu ibadah jadi berkurang karena ngeblog. Gak pengen ngambil waktu untuk tilawah harian. So yes, indeed, i need a better time management.

Do'akan saya bisa jadi manusia yang lebih baik baik lagi ya. Supaya kesenangan menulis ini, bisa saya gunakan untuk memperberat timbangan kebaikan saya di hari akhir kelak. Aamiin....

Terima kasih komunitas #BloggerPerempuanNetwork, yang sudah memecut parah semangat ngeblog saya di tahun ini. Postingan ini pun saya buat dalam rangka mengikuti challenge #BPN2018YearInReview. Sering-sering adain challenge yaaaaaa, you are truly what i really need from community. LOVE YOU BPN!


Teman-teman bloher tercinta udah pada ikutan challenge ini belum? Yuk-yuk ikuutt :D

10 comments:

  1. mbaak keren banget bisa fokus dengan niche-nya~ semangat terus ya mbakk :) salam kenal

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bunda...maaf baru kali ini dolan dolan ke blog bunda. Saya ikut challenge ini bun...luar biasa bunda banyak prestasi di dunia blogging...Semoga saya pun ketularan hehehe. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bun dirga... Wah belum banyakbkok, hehehe.. Aamiin.. Semoga blog kita makin produktif ya 😀 salam duren dari lampung 😂

      Delete
  3. Mba keren banget kamu sangat berprestasi. Love
    semangat terus ya Mba, ah bakalan rajin berkunjung ke sini ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hyaampunn kuterharu dibilang berprestasi sama mb nyi... Belum ada apa2nya ini mb.. Hehehe.. Thankyu for visiting ya mb.. Semoga bermanfaat 🤗

      Delete
  4. Bijaque&ngena banget nasehatnya 😍
    Aku jg pengen bersemangat&fokus berniche sepertimu lah mba 😆

    ReplyDelete
  5. Wah, keren2 yaa prestasinya. Saya udah berapa yaa isi blognya pasti gak banyak �� Soalnya belum lama punya blog yg skrg ini.

    ReplyDelete
  6. 61 artikel ? Luar biasa mbaaak ! ❤️❤️❤️❤️❤️ .. semoga 2019 saya bisa seperti mbak. Produktif ! Semangaat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi