Saturday, December 1, 2018

10 Tips Bahagia Sehat Lahir Batin untuk Ibu Rumah Tangga

Jadi ibu rumah tangga yang harus stand by 24 jam memang bukan perkara mudah ya gengs. Pekerjaan yang berulang dan itu-itu saja bisa menimbulkan stres dan kejenuhan loh. Kejenuhan itulah yang seringkali membuat kita merasa jadi yang paling capek sedunia dan yang paling butuh me time dibanding suami kita. Iya atau iya? Nah, kalau sudah begitu, seorang ibu rumah tangga harus pandai-pandai mengatur ritme supaya beban pekerjaan tetap terasa ringan dan dijalankan dengan bahagia. Karena pepatah happy mom raise a happy family itu benar adanya loh gengs. Simak 10 tips bahagia sehat lahir batin untuk ibu rumah tangga berikut:

tips sehat dan waras di rumah untuk ibu rumah tangga

Menjaga pola makan

Makan teratur dan ciptakan menu sehat dengan gizi seimbang di rumah. Tidak harus mahal, kita bisa membuatnya dari bahan-bahan sederhana yang tersedia di pasar. Jangan takut mencoba menu-menu baru. Suami dan anak-anak biasanya suka dengan menu yang variatif, lezat dan bergizi.

Baca : 5 Rekomendasi Buku Resep Masakan dan Kue untuk Pemula


Memperbanyak minum air putih

Meskipun sepele, hal ini sering terlupakan ya. Saya juga begitu. Dalam hal ini, saya mencoba untuk menggunakan tips mamah saya, yaitu membuat jadwal minum. Kita bisa mengatur jadwal minum yang paling nyaman, misal 1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas setelah sarapan, dst. Dalam sehari, tubuh memerlukan sedikitnya 8 gelas air putih.

Sumber gambar : olvista.com

 Olahraga
Melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa membakar kalori loh. Contohnya mencuci piring. Dalam waktu 30 menit, kita sudah bisa membakar kalori sebanyak 160 kalori. Kita juga bisa menjadwalkan hari olahraga keluarga untuk jalan sehat atau berenang di akhir pekan.
 
 
Istirahat cukup
Saya sendiri sekarang-sekarang ini sudah tidak mau lagi begadang. Kalaupun ingin melakukan hobi seperti ngeblog, saya akan memilih untuk tidak menunda tidur malam dan bangun lebih cepat keesokan paginya. Kebiasaan begadang memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita, misal rentan sakit dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Beri tubuh waktu yang cukup untuk istirahat, terutama di malam hari.
 
 
 
 Menekuni hobi
Untuk menghidari kejenuhan dari rutinitas harian, seorang ibu rumah tangga harus menyediakan waktu untuk dirinya sendiri. Akan sangat baik jika waktu tersebut digunakan untuk kegiatan yang produktif semisal menekuni hobi. Saya sendiri selain me time leyeh-leyeh scroll hape biasanya juga melakukan hobi baca buku atau ngeblog, hehehe.
 
 
 
Stop sosial media
Pernah merasa tiba-tiba rumah kita menjadi sempit? hati menjadi sesak saat melihat kebahagiaan orang lain yang ada di sosial media. Kita sibuk membanding-bandingkan hidup kita dengan kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih menyenangkan. Stop sosial media! Meskipun memiliki beberapa dampak positif, sosial media juga memiliki banyak dampak negatif jika digunakan terlalu sering. Atur waktu online kita agar bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih produktif.

 
 
Get dressed!
Bangun dan berpakaianlah keluar rumah! Perbanyak interaksi di dunia nyata dengan tetangga sekitar rumah. Kita juga bisa menghirup udara segar sambil mengurus tanaman. Saya sendiri suka sekali mengoleksi beberapa tanaman buah di halaman rumah. Bahagia rasanya saat melihat hijau-hijau di depan mata, apalagi momen saat memetik buahnya. Benar kalau tanaman itu bikin happy.

 
Sumber gambar : cardiffandvaleuhb.wales.nhs.uk
 
Fleksibel
Don't be too hard on yourself. Atur waktu yang fleksibel agar kita tetap bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar pekerjaan rumah. Santai, tetapi tidak menunda-nunda pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu mengagendakan waktu bermain dengan anak-anak. Sesekali ambil 'liburan' saat seluruh anggota keluarga ada di rumah. Libur memasak misalnya :D



Terus meng-upgrade diri
Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita berhenti belajar. Justru babak baru pembelajaran baru saja dimulai. Terus upgrade diri dengan ilmu ke-rumah-tangga-an. Banyak hal yang bisa kita pelajari, misal tentang ilmu parenting, dapur hacks, seni beberes rumah ala konmari, mengelola sampah plastik di rumah atau mencoba menu-menu baru.

 
 
Berpikiran positif
Kunci kebahagiaan yang utama bagi seorang ibu rumah tangga memang harus selalu berpikiran positif. Sebenarnya mudah sekali untuk terbawa pada pikiran negatif seperti stigma masyarakat pada seorang ibu rumah tangga. Tapi bahagia itu kita yang tentukan gaes. Niatkan segala aktivitas yang ada di rumah untuk ibadah dan jangan lupa untuk melakukan kesembilan aktivitas diatas supaya terhindar dari kejenuhan. Cheers :D

Sumber gambar : www.themostlysimplelife.com

44 comments:

  1. 😍 olahraga masih jd pe er banget nih 😅

    ReplyDelete
  2. ternyata stop sosial media bisa jadi salah satu tips bahagia yaa, Mba?
    Sepertinya saya masih agak susah nih men-stop yang satu ini karena buka-buka sosmed (terutama IG) yang nampilin artis korea atau artis india favoritku bisa jadi salah satu me time yang menyenangkan dan memberi kebahagiaan untukku :)

    ReplyDelete
  3. jangan lupa mbuak. belanja ke mall. jalan jalan bisa bikin bahagia. apalagi di beliin baju sama suami. hahahaha.. enggak ding. saya setuju dengan berpikiran positif dan mengupgrade diri. wajib bagi semua orang agar lebih berwawasan

    ReplyDelete
  4. Media sosial memang bisa mempengaruhi mood banget. Kalau lagi uring-uringan, biasanya saya berhenti dulu lihat medsos. Bukannya senang malah bisa jadi tambah kesal

    ReplyDelete
  5. Get dressed itu bener banget! Aku kadang kalo udah pusing capek gitu langsung mandi, pake baju bagus, dandan.

    Biasanya nanti anak2 langsung rempong mamaaa kita mau kemana? 🤣🤣 padahal biar hepi aja mamanya

    ReplyDelete
  6. Nah...utk air putih saya masih sering kurang nih.. minum hanya kalau haus saja..pdhl mestinya 8 gelas minimal ya.. Ok trims sdh mengingatkan y mba..

    ReplyDelete
  7. Saya masih males kalo keluar rumah, qadarullah dapet tetangga yg pekerja semua jadi kalo keluar cuma plonga-plongo 😄 Tapi berguna banget ini tips-tips yang lainnya. Pengen dicoba deh biar gak buntu di rumah

    ReplyDelete
  8. Kayaknya itu semua nggak cuma untuk ibu rumah tangga deh ya. Aku pun juga bisa mempraktikkan beberapa tips itu.Aku pum selalu berusaha untuk berfikir positif agar hidupku lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya masalah istrahat yang cukup atau tidur mba, kalau kurang tidur tuh bawaannya pengen maraaahhh aja haha.
    GakSaya kuat begadang banget, tapi gak kuat efeknya, yaitu marah-marah mulu :D
    Serasa kurang bahagia deh :)
    Dan juga berpikir positif, beneran ngaruh tuh di saya :)

    ReplyDelete
  10. Buat ibu yang masih punya bayi kayaknya PR banget tuh istirahat yang cukup. Kayaknya baru bisa tidur nyenyak kalau anak udah di atas usia 3 tahun ya, kalau masih batita, walah.. hampir tiap jam bangun bok.

    ReplyDelete
  11. untuk sementara ini yg lagi dicoba adalah istirahat cukup dan minum 8 gelas air putih. Semenjak punya anak bayi istirahat masih ga jelas, anak yg pertama udah mulai bisa diajak kompromi eh, lahir adiknya. Air putih juga sering lupa minum kecuali pas makan atau pas bener2 haus aja. Jd kalau dihitung kyknya kurang dari 8 gelas.

    ReplyDelete
  12. Untuk kegiatan berolah raga sepertinya sudah terwakilkan dengan kesibukan mengurus rumah. tetap semangat ibu rumah tangga, semoga apa yang dilakukan menjadi ibadah

    ReplyDelete
  13. Mengerjakan hobi bisa banget jadi peredam stres. Karena kalo seorang ibu bisa menjalankan hovinya, dia bakal bahagia. Kalo air minum, aku malah lebih dari 8 gelas, minumku banyaaakkk

    ReplyDelete
  14. Terimakasih wejangannya mbak buat bekal nanti kalau rumah tangga..syuka banget sama tips-tipsnya

    ReplyDelete
  15. Asik hidup teratur akan berdampak pada keseharian saat kerja dan lebih produktif.

    Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang tidak mudah. Perlu kondisi sehat lahir batin agar bisa menjalankan tugas 24 jam

    ReplyDelete
  16. Waduh kalau stop sosial media, gimana kerjaanku Mbak?

    Terkadang dapat tambahan duit belanja tuh di media sosial. Ampun da ah..

    ReplyDelete
  17. Menggunakan media sosial memang harus bijak. Memang kadang pas lihat ada yang share kebahagiaan eh malah mbanding bandingin. Padahal kan ya semua punya kebahagiaan masing masing :)

    ReplyDelete
  18. Upgrade diri itu wajib hukumnya yaa mba.. dalam segala ilmu, mulai dari ilmu agama, parenting, ekonomi, sampai beauty, biar bisa mendampingi anak belajar. segala hal ttg hobi suami juga wajib kita cari tau supaya bisa nyambung kalo ngobrol :)

    ReplyDelete
  19. Sekalipun belum menjadi ibu rumah tangga, saya pikir tips ini juga berlalu bagi perempuan mana pun, apalagi tipsnya yang disarankan menjaga pola makan, hidup sehat dan lain-lainnya. Makasih yah kak sharing tipsnya 😊

    ReplyDelete
  20. Get dressed, udah. Menekuni hobi, udah. Positive thinking, insya Allah udah juga. Yang susah kayaknya stop social media. Untuk WA sih beberapa udah saya mute biar statusnya ngga kebaca. Haha.. IG pun, saya hanya follow yang manfaat2 aja. FB jarang buka.

    Oya, olahraga juga agak susah nih.. Padahal udah tanya2 tempat senam di dekat rumah, tapi belum ke sana lagi. Insya Allah minggu depan deh. :)

    ReplyDelete
  21. Sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari nguprek di dapur dan ngosrek kamar mandi, biasanya memang suka muncul perasaan inferior saat melihat pencapaian orang lain di medsos, misalnya lihat teman bisa traveling ke tempat-tempat indah naneksotis, kalau sudah begitu, biasanya saya memakai kacamata kuda dan banyak bersyukur dan mencoba melihat bahwa banyak hal indah dan kelebihan yang saya punya

    ReplyDelete
  22. Aku malah sosial media buat menghibur diri mb, semacam nonton tv karena aku ga nonton tv wkwk. Seneng stalking ig teman yang kualitas fotonya bagus, Alhamdullilah banget jauh dari pikiran buruk. Memang IRT rentan stres jadi tips untuk olahraga, dll itu aku setuju banget deh eh kecuali stop medsos. Karena selain menghibur, ladang kumencari rejeki dengan ngeblog danbOS buku

    ReplyDelete
  23. Banyak juga ya tips-nya supaya ibu rumah tangga tetap sehat lahir batin. Aku nggak bisa ngelakuin salah 3 atau 4 nya, apakah aku akan bisa tetap bahagia? :D

    ReplyDelete
  24. Olahraga itu sangat penting, jangan malas untuk meluangkan waktu

    ReplyDelete
  25. emak2 emang harus pintar jaga kesehatan ya. apalagi kerjaan emak2 tuh segudang. susah deh mau dibilang apa. nah, tips kaya gini harus dicoba nih buat emak2 yg lain.

    ReplyDelete
  26. Setuju banget dengan tipsnya. Untuk sosial media, aku belom bisa stop. Tapi iya, diatur aja ya. Trus jangan baperan. Dibawa asyik aja. Banyak hikmah dan ilmu yang bisa diambil.

    ReplyDelete
  27. Huaaaa, yg poin atur jadwal minum. Ini memang penting banget ya Mbak, tapi sering keskip. Saya selalu niat utk ini tapi ya ituu, lebih banyakan lupanya daripada ikuti aturan jadwal minum itu. Minum yaaaa saat haus, hihihih

    ReplyDelete
  28. Tipsnya manatap memang ini yg bikin bahagia....stop sosial media aku ga bs ..mdh2an sdh bs memfilter diri bahwa setiap org punya rezeki masing..n keindahan 2 itu akan jauh berlipatbdinakhirat nanti klo kita selalu berusaha berbuat kebaikan...jd motivasi aja...hehe..

    ReplyDelete
  29. Ah, adem banget pagi=pagi baca postingan ini. Setuju semua Mba sama poin=poinnya <3

    Yang tentang stop sosial media, itu aku banget. Kalau udah ngerasa galau, apa-apa kok kayaknya salah mulu, terus hati berasa nyesek, itu tandanyaaa kebanyakan main sosmed! Secara nggak sadar jadi membandingkan kehidupan kita dengan apa yang nampak di feed Instaram. Semuanya serasa sempurna. Meski ya kita tau kalau itu nggak bisa dijadikan tolak ukur, tapi ternyata ngaruh banget ke kita. Jadi baperan abis :(

    ReplyDelete
  30. Wow stop sosmed. Kalau aku lagi bikin hari tanpa sosmed nih hehehehe. Eh aku sukanya masak nyoba resep baru biasanya bahagia banget klo udah jadi masakan

    ReplyDelete
  31. Kalo aku ga bisa stop sosial media, mbak hehehe. Buatku sih yang penting jangan terpengaruh aja dengan hal-hal yang kita baca di sosial media, karena dengan begitu kita jadi ga baperan..itu sih kalo aku ya.

    ReplyDelete
  32. Hihihi...bunda sering banget telat tidur karena asyik browsing apa aja, tp bangun selalu jarang sekali terlewat solat sunahny. Aamiin.

    ReplyDelete
  33. Aku nih masih males2an olahraga. Trus, kalo udah di rumah mager banget, males buat keluar rumah kecuali kalo ada event/undangan atau harus belanja buat kebutuhan sehari-hari. Hihi

    ReplyDelete
  34. Makasih banyak tipsnya mba Sep, kadang kau iya jenuh banget menjadi ibu rumah tangga aahahah apalagi tinggalnya serumah ama mertua bingung mau apa-apa nggak senyaman di rumah sendiri. Tapi ya namanya juga mengabdi ya kan. Semoga kuat dan bisa megatasi segalanya apalagi dengan tips bahagia darimu.

    ReplyDelete
  35. Duh yang stop medsos aku belum bisa nih. Justru dari medsos ini sering dapat upgrade pengetahuan. Kalau yang negatifnya sih tergantung kitanya, mau ikut-ikut atau menyaring yang kita perlukan saja.

    ReplyDelete
  36. Setuju untuk terus upgrade diri. Biar emak bersiap menghadapi tumbang anak kelak yang penuh kejutan. Kalau medsos Alhamdulillah saya dah punya gadget time.

    ReplyDelete
  37. Iya siih...memang terasa sekali saat mengurangi aktivitas di dunia sosial dan memperbanyak bertemu orang di dunia nyata, jadi lebih bahagia.

    ReplyDelete
  38. Menjaga pola makan nih yg susah hiks. Tapi tetep ya ending harus berpikir positif. Bahwa dengan susah payah pun ibu tetap bisa bahagia ��

    ReplyDelete
  39. 10 tipsnya mantap banget mbak, saya masih males nih olahraga hihi jadi catetan juga buat saya. Thanks

    ReplyDelete
  40. Memang tidak mudah mengamalkannya, apalagi kalau sudah mengambil peran atau tanggung jawab di sosmed.

    ReplyDelete
  41. Terima kasih Mba Dwi buat tips2nya. Saya yang belum jadi IRT bisa belajar2 deh kalo nanti jadi IRT

    ReplyDelete
  42. Senang dapat tips kece begini, biar sehat lahir dan batin ya perlu ada keseimbangan seorang ibu yang mengatur keluarga

    ReplyDelete
  43. Bagian stop sosmed aku gak bisa ngikutin Mbak haha, ya gimana, sudah jadi bagian hidup, partneran sama menulis. Buat branding hehe. Tapi ya sebelum bersosmed emang wajib jaga kewarasan dulu.

    ReplyDelete
  44. Tips sangat bagus sekali buat istriku. Paling suka tips tentang mengupgrade diri. Heee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi