Saturday, December 1, 2018

10 Tips Bahagia Sehat Lahir Batin untuk Ibu Rumah Tangga

Jadi ibu rumah tangga yang harus stand by 24 jam memang bukan perkara mudah ya gengs. Pekerjaan yang berulang dan itu-itu saja bisa menimbulkan stres dan kejenuhan loh. Kejenuhan itulah yang seringkali membuat kita merasa jadi yang paling capek sedunia dan yang paling butuh me time dibanding suami kita. Iya atau iya? Nah, kalau sudah begitu, seorang ibu rumah tangga harus pandai-pandai mengatur ritme supaya beban pekerjaan tetap terasa ringan dan dijalankan dengan bahagia. Karena pepatah happy mom raise a happy family itu benar adanya loh gengs. Simak 10 tips bahagia sehat lahir batin untuk ibu rumah tangga berikut:

tips sehat dan waras di rumah untuk ibu rumah tangga

Menjaga pola makan

Makan teratur dan ciptakan menu sehat dengan gizi seimbang di rumah. Tidak harus mahal, kita bisa membuatnya dari bahan-bahan sederhana yang tersedia di pasar. Jangan takut mencoba menu-menu baru. Suami dan anak-anak biasanya suka dengan menu yang variatif, lezat dan bergizi.

Baca : 5 Rekomendasi Buku Resep Masakan dan Kue untuk Pemula


Memperbanyak minum air putih

Meskipun sepele, hal ini sering terlupakan ya. Saya juga begitu. Dalam hal ini, saya mencoba untuk menggunakan tips mamah saya, yaitu membuat jadwal minum. Kita bisa mengatur jadwal minum yang paling nyaman, misal 1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas setelah sarapan, dst. Dalam sehari, tubuh memerlukan sedikitnya 8 gelas air putih.

Sumber gambar : olvista.com

 Olahraga
Melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa membakar kalori loh. Contohnya mencuci piring. Dalam waktu 30 menit, kita sudah bisa membakar kalori sebanyak 160 kalori. Kita juga bisa menjadwalkan hari olahraga keluarga untuk jalan sehat atau berenang di akhir pekan.
 
 
Istirahat cukup
Saya sendiri sekarang-sekarang ini sudah tidak mau lagi begadang. Kalaupun ingin melakukan hobi seperti ngeblog, saya akan memilih untuk tidak menunda tidur malam dan bangun lebih cepat keesokan paginya. Kebiasaan begadang memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita, misal rentan sakit dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Beri tubuh waktu yang cukup untuk istirahat, terutama di malam hari.
 
 
 
 Menekuni hobi
Untuk menghidari kejenuhan dari rutinitas harian, seorang ibu rumah tangga harus menyediakan waktu untuk dirinya sendiri. Akan sangat baik jika waktu tersebut digunakan untuk kegiatan yang produktif semisal menekuni hobi. Saya sendiri selain me time leyeh-leyeh scroll hape biasanya juga melakukan hobi baca buku atau ngeblog, hehehe.
 
 
 
Stop sosial media
Pernah merasa tiba-tiba rumah kita menjadi sempit? hati menjadi sesak saat melihat kebahagiaan orang lain yang ada di sosial media. Kita sibuk membanding-bandingkan hidup kita dengan kehidupan orang lain yang kelihatannya lebih menyenangkan. Stop sosial media! Meskipun memiliki beberapa dampak positif, sosial media juga memiliki banyak dampak negatif jika digunakan terlalu sering. Atur waktu online kita agar bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih produktif.

 
 
Get dressed!
Bangun dan berpakaianlah keluar rumah! Perbanyak interaksi di dunia nyata dengan tetangga sekitar rumah. Kita juga bisa menghirup udara segar sambil mengurus tanaman. Saya sendiri suka sekali mengoleksi beberapa tanaman buah di halaman rumah. Bahagia rasanya saat melihat hijau-hijau di depan mata, apalagi momen saat memetik buahnya. Benar kalau tanaman itu bikin happy.

 
Sumber gambar : cardiffandvaleuhb.wales.nhs.uk
 
Fleksibel
Don't be too hard on yourself. Atur waktu yang fleksibel agar kita tetap bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan di luar pekerjaan rumah. Santai, tetapi tidak menunda-nunda pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu mengagendakan waktu bermain dengan anak-anak. Sesekali ambil 'liburan' saat seluruh anggota keluarga ada di rumah. Libur memasak misalnya :D



Terus meng-upgrade diri
Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita berhenti belajar. Justru babak baru pembelajaran baru saja dimulai. Terus upgrade diri dengan ilmu ke-rumah-tangga-an. Banyak hal yang bisa kita pelajari, misal tentang ilmu parenting, dapur hacks, seni beberes rumah ala konmari, mengelola sampah plastik di rumah atau mencoba menu-menu baru.

 
 
Berpikiran positif
Kunci kebahagiaan yang utama bagi seorang ibu rumah tangga memang harus selalu berpikiran positif. Sebenarnya mudah sekali untuk terbawa pada pikiran negatif seperti stigma masyarakat pada seorang ibu rumah tangga. Tapi bahagia itu kita yang tentukan gaes. Niatkan segala aktivitas yang ada di rumah untuk ibadah dan jangan lupa untuk melakukan kesembilan aktivitas diatas supaya terhindar dari kejenuhan. Cheers :D

Sumber gambar : www.themostlysimplelife.com

1 comment:

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi