Wednesday, December 26, 2018

Cara Mudah Membuat Bebek Goreng Sambal Korek, Empuk, Gurih, Nikmat

Bebek Lovers wajib coba!

resep bebek goreng empuk
Bebek goreng empuk, gurih, nikmat plus lalap dan sambel korek. Nyammmm.

Ini adalah salah satu resep milik Ci @xanderskitchen yang sudah beberapa kali saya recook. Rasanya ya Allah... enakkkk banget.. Kalo kamu pecinta bebek goreng, harus banget cobain resep ini. Gak ribet, gak kebanyakan bumbu, simpel tapi enak! Coba buat di rumah yuk! Baca juga tips memasak bebeknya dari saya ya, insyaAllah langsung berhasil menuai pujian dari suami dan anak-anak XD

Baca : 5 Rekomendasi Buku Resep Masakan dan Kue untuk Pemula


Resep Bebek Goreng Sambal Korek
Sumber : Instagram @xanderskitchen

Bahan:
2 ekor bebek muda, potong jadi 2 memanjang
Garam, gula, dan air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
12 butir bawang merah
7 siung bawang putih
Sejempol kunyit
Sejempol jahe
Sejempol lengkuas
2 lembar daun salam
2 batang sereh

Cara Memasak:
~ Cuci dan potong bebek
~ Balurkan bumbu yang sudah dihaluskan ke bebek, remas-remas sedikit, diamkan kira-kira 30 menit
~ Tuang bebek bersama bumbu ke dalam wajan, beri air, garam dan gula secukupnya
~ Ungkep bebek sampai empuk dan air habis
~ Goreng bebek dalam minyak panas sampai garing kecoklatan. Sajikan bebek goreng dengan sambal korek

Sambal Korek: Tumbuk 100 gr cabe rawit dan 4 siung bawang putih, jangan terlalu halus. Panaskan minyak bekas menggoreng bebek, tuang ke campuran cabe. Beri garam dan sedikit gula, aduk rata.

Baca : Resep Sambal Terasi Mentah Rasa Pedas Manis


Tips Mengolah & Memasak Bebek dan Sambal Korek

~ Buat yang belum pernah beli bebek di pasar, gak perlu bingung melihat bebek yang dijual kok masih pada hidup, hehehe. Tinggal minta tolong potongin sekaligus dibersihin aja sama penjualnya. Di pasar dekat rumah saya, konsumen harus menambah ongkos potong sebesar Rp 5.000.
~ Pilih bebek yang masih muda, potong bebek jadi 4 bagian supaya tidak terlalu kecil. Kemarin saya potong 8 jadinya kecil-kecil, tampilannya gak mirip sama yang di resto, haha.

bebek goreng empuk
Kalo potong delapan, jadinya kecil-kecil gini. Foto yang sungguh kurang effort, tapi hasilnya beneran enak XD

 ~ Meskipun sudah dibersihkan, bulu bulu halus si bebek tetap harus kamu bersihin lagi di rumah daaaann harus sabarrrr. Karena bulunya banyak plus kecil-kecil. Ada sebagian orang yang membakar bebek diatas kompor supaya bulunya hilang. Saya pilih bersihin manual aja pake tangan. Lagipula saya bukan tipikal yang jijik kalo masih ada bulu halus nempel. Yang penting bulu-bulu besarnya sudah hilang.
~ Sediakan 2 baskom. Satu baskom berisi bebek dan air untuk membersihkan. Satu baskomnya lagi diisi dengan sedikit air (nyemek-nyemek) dan perasan jeruk nipis. Gunanya untuk menghilangkan amis. Setelah bebek dibersihkan, langsung masukkan ke air rendaman jeruk nipis, sambil menunggu bagian lainnya dibersihkan. Setelah selesai, bilas lagi dengar air.
~ Jangan ambigu mengartikan kata 'sejempol'. Harus pake jempol siapa? wkwk. Pede aja pake jempolmu sendiri. Ukur kira-kira karena memasak itu memang seni XD

 
~ Saya gak menunggu bumbu meresap sampai 30 menit. Ala saya : masukkan bumbu yang sudah diblender (dan salam gak ikut saya blender, sereh cukup digeprek), tambahkan air lagi sekitar 150 ml, tambah garam 1 sdm, gula 1 sdm, royco bubuk rasa ayam 1/2 sdt, langsung ungkep. Penambahan air, garam, gula dan penyedap ini gak harus sama ya. Bisa diperkirakan aja sesuai kebutuhan. Kalo menurutmu gulanya kebanyakan, kurangin. Penyedap kesedikitan, tambahin. Mau gak pake penyedap, bisa banget karena resep ini sudah enak. Tapiii, kalo kamu mau rasanya miripp sama warung bebek langganan kamu, rahasianya ada pada takaran royco, wkwkwk XD

Baca : Rahasia Tumis Sapi Cabe Ijo Ala Hokben

~ Ungkep bebek selama 2 jam dengan api kecil. Api harus kecil ya.. kalau besar, nanti bumbunya gak meresap sempurna dan bebeknya hancur. Kalau airnya kurang, tambahkan. Masak sampai air menyusut.
~ Resep sambal korek ala saya yang gak pake takaran gram: 30 buah cabai rawit setan, 3 siung bawang putih ukuran sedang, garam, vetsin seujung sendok. Ulek kasar, tambahkan 5 sendok makan minyak panas bekas menggoreng bebek, aduk cepat. Minyak harus dalam keadaan panas supaya cabe dan bawang mentahnya menjadi setengah matang dan enak dimakan.

agar sambal korek tidak langu
Komposisi sambal korek ala saya

Gimana gaes? Masih berpikir ribet dan pengen langsung ke warung aja? Boleh sih.. gpp juga. Tapi coba hitung deh. Harga seekor bebek dipasar, berkisar antara 55 ribu - 65 ribu. Itu sudah dapet kepala, hati, ampela dan cekernya lengkap. Dua ekor bebek muda seharga Rp 120 rb bisa dibuat jadi 8 potong. Bumbu dapur semua sudah ada semua di rumah. Minyak dan gas gak perlu dihitung.

Kalau kamu makan di luar sekeluarga besar, satu porsi minimal 30.000. Delapan porsi berarti 240 ribu. Mau nambah kepala? harganya tentu beda lagi. Hampir dua kali lipat kan? Selain jauh lebih hemat dan puas, saat memasak sendiri di rumah takaran penyedapnya bisa kamu kontrol supaya tidak berlebihan. Btw, ingat-ingat kolesterol yaaaa. Tetap jaga kesehatan supaya bisa tetap makan enak. Yuk yuk, langsung eksekusi! jangan cuma dishare atau disimpen doang. Wkwk XD







2 comments:

  1. Waaaa buku Xander's Kitchen emang terbaeq ya mbak soal resep2 masakan rumahan heheh
    saya awalnya beli untuk diri sendiri, tp abis itu saya kasih untuk ibu dirumah karena beliau lebih doyan masak dan suka coba-coba resep heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. resepnya enak-enak.. aku pengen banget namatin buku itu sampe habis. tapi ya gak ngoyo banget juga sih, hahaha

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi