Saturday, December 22, 2018

Ingin Kumengucap Hari Ibu, Tapi...

Di Indonesia, tanggal 22 Desember biasa diperingati sebagai hari ibu. Sejujurnya, saya hanya pernah beberapa kali mengucapkan selamat hari ibu. Bukan apa-apa, dari dulu hubungan saya dan Mamah memang terlalu kaku. Lebih tepatnya, saling malu bilang sayang, ckck. Yang saya ingat, hari ibu beberapa tahun lalu, saya dengan agak gengsi, masih mengucap melalui whatsapp, "Selamat hari ibu ya Mah." dah gitu doang. Yang kemudian akan dibalas Mamah sama singkatnya, "Ya, mks."

Gubrak!

Wkwkwkwk. Mamah bilang sih doi seneng dapet ucapan. Malah terharu sampe mata berkaca-kaca. Tapi ya itu, Mamah mana pernah bisa jawab semacam, "Makasih ya anakku sayang." Kata-kata 'sayang' rasanya belum pernah terucap, walaupun saya tau Mamah jelas benar-benar sayang sama kami bertiga. Kebayang kan ya betapa kakunya Mamah. Sama seperti Papah. Jadi orang tua saya itu adalah dua orang kaku yang kemudian menikah dan punya tiga anak, hahahha.

Sejak dua tahun terakhir, saya belum pernah lagi mengucap hari ibu. Jangankan hari ibu, hari ulang tahun Mamah pun saya gak ucapin. Bukan karena gak mau, tapi karena Mamah pasti akan bilang, "Gak usah gitu-gitu lah Septi. Gak dicontohkan Rasulullah. Lagian usia Mamah makin berkurang, mending nyiapin bekal kematian."

Lalu diam-diam saya crying di kamar mandi gaes... Nangis tiap Mamah sebut-sebut kata 'mati'. Rasanya saya gak akan pernah siap menghadapi itu semua.

Baca :  Soal Kematian dan Pertanyaan Rania Tentang Surga


Mamah dan Rania.

Nangis juga karena terharu. Betapa berubahnya Mamah beberapa tahun belakangan. Bahkan saya, anaknya yang (katanya) duluan ngaji ini, jelas kalah telak, kalah jauhh, bahkan makin ga bener kayaknya, huhu.

Sebaliknya, saat saya ulang tahun, Mamah juga sudah gak pernah lagi mengucap selamat ulang tahun. Lalu diganti dengan kalimat-kalimat semacam ini, "Kamu ulang tahun kan kemarin? Tiap tahun itu harus jadi lebih baik Septi. Sholat tepat waktu. Kerjain sholat-sholat sunnah."

Lalu diam-diam aku crying lagi di kamar mandi gaes.. Kamar mandi is my favourite place to cry. Mamah banyak banget berubah sejak dua tahun belakangan. Jadi makin rajin ikut pengajian. Makin rajin setel murottal (walaupun masih tetep diselingi dengan berita favorit Papah dan acara kontes nyanyi favorit Dek Adit.), Mamah juga makin getol menghapal Al-Qur'an. Saat ini hapalannya masuk juz 29. MasyaAllah tabarakallah Mamahku..... hiks. Kuterharuuu, monmaap saya ambil tisu dulu lap air mata T.T

Jadi begitulah kenapa saya sudah gak pernah lagi excited saat teman-teman sibuk menyiapkan konten tentang hari ibu. Karena Mamah memang gak butuh ucapan dari saya. Yang lebih beliau butuhkan adalah bakti saya, setiap hari. Bukan sekedar ucapan setahun sekali.

Saya juga gak mengucap hari ibu pada diri saya sendiri atau teman-teman sesama ibu. Simply karena menjadi Ibu itu adalah anugerah. Ladang pahala buat kita. Bahkan Rasulullah dalam sebuah hadits mengulang-ulang kata "Ibu" sebanyak tiga kali sebelum "Ayah". Jadi kita ini spesial gaes. Tanpa butuh pengakuan bahwa kita memang spesial.

Ahhh, saya gak berani mengucap dalil. Iman saya masih jauh. Tapi izinkan saya menukil salah satu ayat dalam Al-Qur'an.

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu."
(QS Lukman : 14)

Semoga kita semua bisa berbakti pada kedua orang tua, terutama Ibu, setiap hari. Berbuat baik dan mendo'akan mereka. Teruntuk teman-temanku sesama ibu, semoga kita bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anak. Bukan hanya sekedar ibu yang baik di mata netijen, ehm. Tabik!

6 comments:

  1. huwaaaaaa... kangen mamaaaa...
    Mama saya gak ekspresif dari dulu mba, jangankan diucapin hari ibu.
    Di bilang sayang aja, mama melengos.

    Ulang taun aja dia ga tau, hiks
    Daaann saya kangen banget, udah 2 tahun ga ketemu mama, ga bisa ngobrol di HP karena beliau jarang aktifin hape.
    Tinggal sendiri pula di rumahnya hiks..
    Nangis saya baca ini, gak perlu ke kamar mandi saya cry di kamar aja :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamahku jg gak ekspresif mb.. hehehe.. tapi beliau cengeng si.. jadi aku yakin sebenernya beliau jg pengen ekspresif, tapi gabisa. semoga mama mama kita sehat selalu ya mb.. aamiin.. ayok pulang kampung mumpung masih sehat..

      Delete
  2. Hari Ibu... ku jadikan setiap hari sebagai hari ibu..

    ReplyDelete
  3. Wwwwkkk ...., aku malah ngakak baca post hari ibu ini, kak .., masalahnya aku teringat ucapan ponakanku kelas 1 SD yang maksa aku mengucapkan selamat hari ibu ke mamaku.
    Ngga kuturuti sarannya karena ya kok merasa malu saja ngucapin begitu ke mamaku ..., hasilnya ponakanku marah ngambek sampai nangis.
    Jadilah seisi rumah geger dan malah ngakak setelah tau duduk permasalahannya ..., termasuk mamaku ikut ngakak dengarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha generasi kita terdahulu ini memang kurang ekspresif.. kalo anak sekarang, yang diutamakan perkembangan emosi dulu mas. semoga aja anak sy nanti lebih ekspresif daripada saya XD

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi