Tuesday, January 1, 2019

Assalamu'alaikum 2019

Assalamu'alaikum sobat blog emak. Postingan ini mengawali dibukanya lembaran baru tahun 2019. Gimana bobonya semalem? Nyenyak kah? Atau justru terganggu alunan kerasnya musik tetangga? :D Saya sendiri sebenarnya cukup terganggu, tapi alhamdulillah masih bisa nyenyak seperti biasa. Bisa tidur pulas  meskipun lingkungan sekitar berisik adalah salah satu nikmat yang sangat saya syukuri di awal tahun 2019 XD

Tahun ini, meskipun gak secara eksplisit saya tulis di blog, sepertinya saya cukup ambisius memasang target resolusi untuk setahun ke depan. Saya bilang ambisius karena jujur aja 2018 kemarin sungguh lempeng. Kurang greget karena saya memang gak buat target apa-apa, just let it flow, yang ternyata setelah dilalui, alhamdulillah gak nyesek-nyesek amat sih. Malah happy bisa melewati 2018 dengan beberapa pencapaian yang menurut saya membahagiakan. Nah di 2019 ceritanya saya pengen ada kemajuan dalam beberapa hal, jadilah saya tertarik untuk membuat resolusi.

Dari kemarin saya sibuk bikin target. Target pencapaian pribadi, target beresin rumah (yang gak beres-beres ituh), target sekolah Rania, target ngeblog tahun depan dannn target ngerapihin feed instagram XD Setelah merinci satu persatu pencapaian yang ingin saya raih, target-target ini saya baca ulang.. dan baru sadar. Gak ada satupun dari sekian banyak target itu yang berhubungan dengan urusan akhirat.

Krik krik..

Nganu. Itu yang paling penting kenapa bisa saya lupain ya?

 


Alih-alih lanjut buat resolusi, saya memilih untuk mengevaluasi ibadah-ibadah yang sudah saya jalani di tahun 2018. Dan waw, ya masih gitu-gitu aja sih. Kacau banget malah. SHOLAT terutama. Tahun kemarin, saya sempat pasang target sholat di awal waktu. Kenyataannya? walah walaahhhh masih banyakkk sholat yang saya kerjain di akhir waktu. Sampe harus berkali-kali diingetin suami, pernah juga tuh kami berantem gegara saya nunda-nunda sholat, ckck. Itu baru soal ibadah yang paling pokok. Ibadah lainnya? Jelas mengikuti ritme si sholat wajib ini. Kebayang kan, kalo yang paling pokok dan wajibnya aja belum terjaga, gimana dengan ibadah-ibadah yang lain cobak.. Hiks.

Jika seorang wanita selalu menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, "Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka." (HR Ahmad)

Jujur saya ngerasa ketampar bolak-balik. Karena kok ya bisa-bisanya buat daftar panjang untuk resolusi dunia. Tapi sama sekali lupa menyusun resolusi akhirat. Padahal kita di dunia ini ya ngapain sih, cuma bentar doang. Yang kekal dan kudu banyak bekal jelas di akhirat nanti :( Jadilah saya revisi semua target-target dunia itu. Jangan sampe semangat untuk mencapainya, melampaui semangat mengejar akhirat. Duh ini sebenernya tahun lalu ya ngomong gini juga. Sekarang ditulis lagi. Nulis ini bukan karena udah sholehah banget. Justru karena masih kacauu sampe harus dibuat jejak digitalnya sebagai pengingat.

Yuk yuk revisi resolusi 2019 nya. Buat yang lebih akhirat oriented, besides gak ada salahnya juga ngejar dunia asal gak berlebihan. Semoga cita-cita baik kita tercapai di tahun ini ya.. dan kita bisa jadi pribadi yang juga lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aamiin aamiin aamiin...

Kalo kamu gimana gaes? sempet salah bikin resolusi kayak aku juga nggak? *lha malah nyari temen* hehehe.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi