Wednesday, November 21, 2018

Pilih-Pilih Niche Blog Supaya Ide Nulis Enggak Mentok

Demi apa deh, gegara mau nulis postingan ini, yang pertama kali saya buka tuh Kamus Inggris-Indonesia nya John Ecols. Liat apa? Mau memastikan, bahwa NICHE itu bacanya NIC gaess, bukan, nisy, naisy, nisye atau naisye. Wkwk. Hayo siapa yang masih suka salah-salah dalam penyebutan niche? hehehe.

apa itu niche blog

Untuk para blogger, kata-kata niche sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Saya sendiri pertama kali mendengarnya dari Mb Carolina Ratri, senior di grup #ODOPFor99Days2017. Dan sejak memutuskan untuk mulai (agak) serius ngeblog di tahun 2018, saya mulai mikirin sih, kira-kira bakal pilih topik apa dan blog ini mau dibawa kemanaaa --> tolong jangan autonyanyi XD


Jadi, niche blog itu intinya topik blog. Blog yang memiliki niche (topik) tertentu, hanya akan membahas tentang topik tersebut dan tidak membahas tentang topik yang lain. Misal, niche blog kita adalah otomotif. Maka yang akan kita bahas di blog, semuanya berkaitan dengan otomotif, gak bisa deh nyempil satu resep bolu pisang disitu, ya kalik hahahahh.


Nah, untuk kamu yang baru aja terjun di dunia per-blogging-an, gak perlu langsung mengkerut dengar kata-kata niche ini. Ingat, yang sudah jadi blogger bertahun-tahun pun ada banget kok yang masih bingung dengan niche nya, apalagi yang masih unyu-unyu khann, xixixi.

Seberapa penting sih punya niche tertentu di blog kita? Ini gambarannya yaa.


Kelebihan dari memiliki niche blog :

~ Ketika memiliki topik khusus, pembahasan kita akan menjadi semakin sempit. Dengan begitu, kita bakal lebih mudah mencari dan menggali ide-ide tulisan yang masih nyambung dengan topik blog untuk menghidari writers block (kebingungan mau nulis apa). Meskipun dalam beberapa kasus, writers block tetap bisa terjadi sih meskipun sudah punya tema khusus. Manusiawi itu XD

~ Mudah dikenal. Ini terkait dengan personal branding dan bagaimana blog kita bisa menjadi blog rujukan. Misal, blog justtryandtaste milik Mb Endang yang isinya khusus membahas berbagai macam resep masakan. Orang akan dengan mudah melekatkan imej 'resep' atau 'pinter masak' ke diri Mb Endang. Dari situ, beliau sudah dilirik oleh penerbit untuk menerbitkan buku resep, dan bisa jadi peluang untuk diundang sebagai pembicara atau juri lomba masak makin terbuka lebar. Pun saat orang ingin mencari resep masakan, pikiran sudah otomatis tertuju pada blognya Mb Endang sebagai tempat rujukan.

~  Kata kunci lebih mudah dioptimasi. Blog saat ini sudah bukan sekedar jadi tempat curhat. Bagi beberapa orang, blog justru menjadi sumber penghasilan utama. Jadi, niat awal membuat blog memang sudah untuk tujuan komersial. Iya, blog semenjanjikan itu loh kalau bener-bener diseriusin. Main blog bule terutama. Mereka-mereka ini biasanya mengkhususkan blog nya dengan topik-topik tertentu dan membangun tim untuk mengoptimasi blog tersebut. Kece kan? Gak heran deh blog jadi makin populer saat ini.


Penting untuk menjadi diri sendiri saat menulis. Pilihlah topik yang dekat dengan keseharian dan spesifik agar imej blog tersebut melekat pada diri kita.

Trus kalau belum tau mau nulis apa, tapi tetep pengen bikin blog gimana? Mulai aja dulu. Nulis aja dulu. Buat saya sih, di awal-awal terjun ke dunia blogging,
yang penting itu bukan niche nya, tapi konsistensi menulisnya.

Nahh, seiring beiring berjalannya waktu, biasanya kita akan semakin mengenali diri kita sendiri. Sukanya nulis apa, paling bahagia di topik apa, paling semangat kalau ngasih info apa dan mau mem-branding diri sebagai blogger apa.

Baca : Why I Started Blogging


Blog dwiseptiani.com sendiri niche-nya apa?

Saya menuliskannya di bio instagram loh. Coba difollow dulu akun @dwiseptiani.dwi, wakakakkaka.
I choose parenting, motherhood, family and life at home.

Baca : Dear Suami, Beri Waktu Bagi Ibu Ramah Tangga Untuk Me Time Tanpa Anak 

Kenapa memilih itu? Karena semuanya dekat dengan keseharian saya. Tulisan di blog ini isinya ya tentang daily motherhood stories, seperti yang tertulis di header blog. Tentang bagaimana saya belajar untuk terus jadi istri dan ibu yang baik, ngadepin Rania yang seringkali ajaib, nyobain resep rumahan, jalan-jalan dan beberapa waktu saya juga curhat. Tapi curhat yang sekiranya masih bisa dibaca orang dan ada hikmahnya ya. Curhat alay mah saya udah ga mau lagi, hahaha. Semisal ada job review, sebisa mungkin saya giring ke niche blog ini juga. Contoh review tempat makan, saya bakal bilang gimana suasana resto itu untuk makan bareng keluarga, menunya ramah anak atau nggak. Gitchu.. Jadi masih nyambung khaaan :D

Baca : 10 Fakta HokBen Lampung yang Wajib Kamu Ketahui
 
Siapa yang gini juga? hihihi.

Sebagai penutup, berikut saya jembrengin beberapa contoh niche blog yang populer ya. Saya ambil gambar dari blognya blogger djoendjoenganku, Mb Carolina Ratri.

So, kamu pilih yang mana? Udah gak usah bingung-bingung. Yang penting tuh, MULAI AJA DULU :)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi