Tuesday, November 20, 2018

Why I Started Blogging

Sebelum sampai di tahap ini, saya pernah banget ada di masa-masa alay bermedia sosial, hihihi. Kalau inget masa-masa itu, sungguh kumalu. Dari dulu, saya memang suka main sosmed, saking sukanya, satu platform, gak pernah tuh cuma punya satu akun doang! wkwk. Pasti dobel-dobel, minimal 2 lah. Bahkan, saya punya 4 buah akun Facebook loh, bahahah. Untuk apa punya akun dobel? Akun utama, untuk pencitraan ((PENCITRAAN)) XD. Akun kedua, buat kepo-kepo akun yang pengen saya kepoin tapi takut ketauan, cieeee. Akun ketiga, buat sumpah serapah, mengeluh dan komen sembarangan, ckckck ampuni hamba ya Allah :( Akun keempat, pengen bertobat, memulai lembaran baru gitu ceritanya, tapi akhirnya gak konsisten juga dan baliklah lagi ke akun utama.

tantangan 30 hari blogger perempuan

Jeng jeng... Mungkin beberapa gak percaya saya pernah berada di masa kelam itu, WQ. Masa dimana saya bener-bener ketagihan sampe sepersekian menit, saya harus buka facebook. Saat itu yang paling femes memang facebook. Saya juga punya tiga akun twitter, instagram dan lalu merambah ke path. Semuanya cuma untuk sumpah serapah dan update ga penting. Ada kejadian apa dikit, update.. Ebuset. Jaman kuliah, saya sampe pernah dijuluki oleh salah satu teman, "Ohh, Dwi yang suka banget update status twitter itu yah?" IH WOW. Why oh why saya dikenal cuma karena update status twitter, bukan prestasi belajar, hahah.

Blog ini pun, bukan blog pertama yang saya punya. Tapi blog kelima. BLOG KELIMA, BOK! Oh God, my life was so into socmed, ckck. Pernah saya ceritain di postingan ini deh.


Titik balik saya mulai jarang main sosmed itu pas ngurus skripsi di tahun 2012. Awal-awal sih, ketemu dosen bentar, posting. Ngerjain revisi sikit, posting. Ke perpus, cari bahan, posting. CIH XD Tapi lama kelamaan, setelah bener-bener banyak perkembangan skripsi, justru saya sampe gak sempet lagi mainan sosmed. Jadi sekarang kalo liat anak-anak muda, tsaelah MUDAAA, yang alay nulis tentang skripsinya, saya jadi senyum-senyum sendiri inget dulu trus mikir, biasanya sih yang apa-apa diposting gitu justruuuuu perkembangannya belum jauh, hihi *soktahuu*

Alhamdulillah begitu selesai skripsi di bulan Maret 2012, April nya saya diterima kerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Nambah lah gak inget sosmed. APA ITU SOSMED? Ckck. Frekuensi sosmed-an saya udah jarang banget seiring dengan banyaknya kerjaan dan kuliah S2 yang mulai di bulan September 2012 waktu itu. Paling sering liat twitter buat hiburan. Terutama akun @pervertauditor. Dulu bisa ngikik-ngikik banget baca akun itu karena ngerasa senasib. Kerja lembur terus, gaji ga naik-naik. Wkwkw.

Februari 2013, saya memulai petualangan pekerjaan baru di Kota Jambi. Saat itu di sebuah perusahaan BUMN. Sosmed udah bener-bener bay bay. Gak sempet lagi. And i was too busy in real life. Sebagai pelampiasan, saya inget, saya bikin blog karena pengen curhat 'mengapa aku ditempatkan di kota ini' tapi trus gak dilanjutin, haha.

Juli 2015, saya resign. Salah satu alasannya adalah karena ingin mengurus Rania sendiri, hehe. Saya sudah jadi ibu saat itu. Dan saat kembali memiliki keluangan waktu untuk bermain sosmed, 180 derajat saya putar haluan. Berusaha sekeras mungkin untuk bijak bermedia sosial, prok prok prok. Sosmed gak lagi saya gunain buat sumpah serapah, tapi buat belajar. Gak lagi buat update status gak penting, walaupun sesekali masih sih, wkwk. Tapi buat sharing. Sharing is caring udah gak asing lagi di telinga saya saat itu.

Kayak bocah SMP punya anak gak sih.. ((NGAREP)) wkwk  

Keikutsertaan saya dalam grup whatsapp Komunitas Ibu Profesional, membawa saya terdampar di sebuah komunitas bernama ODOP. Dari komunitas itulah, saya mengenal beberapa pentolan blogger yang uhuhuhu sungguh inspiring. Lalu akhirnyaa dengan beberapa pertimbangan, saya bikin blog jugaa.



Why I Started Blogging

 
Saya Ingin Lebih Bijak Bermedia Sosial

Pernah berada di masa-masa alay, membuat saya banyak belajar. Bahwa jika saya memang ingin bermain sosmed lagi, saya mau 'main yang bermanfaat'. Bukan sekedar 'main', tapi juga 'belajar', harus ada ilmu yang saya dapat dari aktivitas sosmed. Lalu saat saya memutuskan untuk memulai blogging, saya membuat komitmen baru dengan diri saya sendiri bahwa, mulai saat itu, saya hanya akan menulis hal-hal yang positif saja. Ga mau sembarangan lagi. Apalagi blog dan sosmed adalah rekam jejak digital kita yang bisa dilihat oleh siapa saja. Plus, meskipun data kita mungkin sudah dihapus, tapi dengan cara tertentu, hal itu masih bisa dilihat, ow ow. 

Ingin Tulisan Saya Bermanfaat dan Mudah Dicari Oleh Orang Lain

Sejak ikut komunitas #ODOPfor99Days yang digawangi oleh Teh Shanty, saya jadi rajin menulis sesuatu yang bermanfaat di notes facebook. Macam-macam mulai dari review gendongan, acara jalan-jalan saya ke tempat pelelangan ikan di Bandar Lampung, sampai pengalaman hidup saya mendampingi suami yang dulunya merupakan mantan perokok berat. Saat itu belum terpikir membuat blog, tapi ratjun-ratjun blog terus ditebar oleh para blogger di grup itu, hahaha. Yang akhirnya saya iyakan, bahwa kalau saya punya blog. Kemungkinan besar tulisan saya itu akan masuk ke pencarian google. Orang yang membutuhkan sharing pengalaman bisa langsung meluncur ke blog saya. Bisa jadi itu sangat membantu. Dan saya merasa senang sekali kalau tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Itu mungkin yang disebut dengan sharing is caring ya.

Inget banget pernah dapet quotes ini juga dari #ODOPfor99Days2017

Ingin Tulisan Saya Abadi

If you loose me, find me on my blog. GAYAAAA. Xixixiixix. Padahal udah mulai kendor semangat ngeblog. Makanya ikut tantangan nulis 30 hari dari Blogger Perempuan ini, xixixii. Iya, saya ingin tulisan saya ini abadi. Blogspot plis jangan bubar seperti multiply. Mana tau beberapa tahun berikutnya anak-anak saya mau baca rekam jejak kehidupan Bunda nya, heheheh. Atau jadi obat kangen, mana tau saya udah gak ada.... *hening*

Mengurai Kepenatan

Saya akui, menulis sangat manjur untuk mengurai kepenatan. Tapi kalo nulisnberat sih agak nambah kepenatan juga ya walaupun mengasyikkan, buahahahha. Dengan kebutuhan wanita yang digaung-gaungkan harus mengeluarkan 20.000 kata per hari itu, saya menemukan bahwa menulis dan membalas komen-komen netijen cukup membantu saya melampiaskan keinginan berkomunikasi itu, wkwkwkwk. Sungguh bahagia ternyathaa, bisa ngobrol dan berinteraksi meski hanya di dunia maya.

Menambah Wawasan dan Jejaring Pertemanan

Duileeee, inget dulu kalo ditanya 'kenapa masuk organisasi X', begini deh mamak jawabnya. Menambah wawasan dan jejaring pertemanan, xixixi. Sungguh loh, pikiran saya jadi banyak terbuka sejak ikutan nge-blog. Saya jadi bisa kutak-katik html juga meskipun sedikit. Blog ini pun saya bangun sendiri, hasil searching sana-sini. Dari mulai template sampe header, all by my self. Kalau gak nge-blog, mungkin saya gak akan pernah tau saya bisa bikin yang semacam gini. Proud ih.. kasih tepuk dulu XD Nambah teman juga iya banget, dulu akun sosmed saya selalu terkunci. Apalagi akun sosmed yang isinya puisi cinta thok, cieeeee. Sekarang, beberapa akun, saya setting publik memang khusus untuk menambah pertemanan, terutama dengan teman-teman sesama blogger dan netijen-netijen yang tetiba nyasa ke akun saya, lalu klik follow, hihihi.

Mengubah Ke-alay-an Jadi Penghasilan

Salah satu motivasi sayasmembuat blog saat itu adalah ingun membuktikan pada diri sendori bahwab jari saya gak cuma bisa ngeksis doang, tapi juga menghasilkan. Meskipun dunia blogger belum betul-betul saya seriusi dan hanya beberapa kali saja berpartisipasi dalam acara Tapis Blogger plus sedikit sponsored post, tapi lumayan banget. Itu sudah cukup membuktikan, kalau tulisan saya bisa jadi penghasilan. Bukan sekedar alay-alay tak jelas, hihihi. Mungkin suatu saat saya akan lebih serius. Atau masih seperti ini, slow but sure *eaaaa*

***

I do love blogging. Seringkali saya pengen nulisss, tapi sepertinya harus belajar banyak untuk manajemen waktu terlebih dahulu. Soalnya saya kalo nulis panjaanggg dan pengennya enggak typo. Jadi seringkali ngabisin waktu untuk editing, haha. Hoping that day by day i'll be more enjoy on blogging, aamiin..... Besok kita ketemu lagi yaaaa. Baca terus postingan mamakk.

Tabik!
 
 

5 comments:

  1. ternyata dilemanya sama ya. maunya nulis mulu, tapi kok yang dikerjain nggak cuma nulis dan blogging. wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya banget mb.. manajemen waktunya mesti diperbaiki. mungkin stalking instagramnya kudu dikurangin, wkwk

      Delete
  2. Wadaowwww mamaknya Rania, juga pernah alay. Baeqlaaa, orang tu alay pas SMA mbak, lha ini mahasiswa bhahahaha agak delay tuh alaynya wkwkw.

    Ya apapun itu alhamdulillah allah mengembalikan dunia sosmed mbak wi ke jalan yg lebih lmepeng *tar aku ngikik dueloee :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. alay adalah koentji untuk menjadi bijak di masa depan, wkwk

      Delete
  3. Untunggg banget jaman saya kuliah, gak terkontaminasi sama medsos wkwkwkw.

    Sekarang udah jadi emak2 dan pengen nulis aja susyahnya, bocil nemplok mulu kek koala. Emak gerak dikit, dia ngikut. Emak pegang gadget bentar, dia heboh ngintilin mau liat juga 😅. Curcol.

    Salam kenal mbak, monmaap curcol dikit 😄

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi