Sunday, November 18, 2018

Cerita Rania Tujuh Hari Tanpa Hape

Alhamdulillah, Sabtu kemarin tepat satu minggu Rania bebas hape. Seiring bertambahnya usia Rania, saya pikir aturan di rumah, bisa aja berubah, termasuk soal hape. Sebelumnya, saya pernah cerita di blog, betapa yutub juga membantu saya memperkenalkan sedikit kosakata bahasa inggris yang kemudian dihapal Rania, and i am proud of it.



Itu waktu usianya 2 tahun. Setiap hari, saya kasih Rania jatah nonton 30 menit. Pake alarm. Jadi setelah 30 menit, hape bunyi dan Rania akan balikin hapenya ke saya. Selama ini, she was very obidient. Hampir ga pernah drama saat balikin hape. Pernah sih beberapa kali, cuma dia langsung minta maap dan sadar kalo itu salah. Lagipula saya sedikit ngancem sih. "Besok masih mau main kan? Yuk balikin hapenya ke Bunda sekarang." Isi download offline yang ditonton Rania biasanya lagu-lagu bahasa inggris, cerita anak, sains, asal-usul dinosaurus, de el el. Tapi saya ga pernah ngasih Upin Ipin, Tobot, Tayo atau kartun semacam itu. Saya cuma pilih video berdurasi pendek yang menurut saya ada faedahnya. Alhamdulillah, main hape dalam batas normal selama ini gak bikin gangguan apa-apa sama tumbuh kembang Rania..


Seiring berjalannya waktu, value keluarga kami perlahan mulai berubah. Sebisa mungkin mengurangi musik dan menggantinya dengan murottal Al-Qur'an. Video-video yang saya donlot pun perlahan beralih ke juz 'amma untuk anak-anak, murottal yang disetel dengan tampilan gambar kartun dan beberapa episode Hafidz Indonesia. Alhamdulillah, anak-anak itu seperti kertas putih ya. Gak sulit menanamkan pada Rania bahwa "Kita gak dengerin musik lagi ya Nak." Allah yang permudah juga pastinya. MasyaAllah tabarakallah. Sejak saat itu, Rania mulai sering sambung ayat. Iya sambung ayat, ntah baca potongan ayat yang mana, trus nyambung ke ayat yang lain, atau malah ngarang-ngarang bacaan, tapi mirip sih dengan potongan ayat, xixixi. Suka geli sendiri dengernya. Saya gak ngelarang sama sekali, karena bagi saya, Rania lagi mencoba berekspresi dari apa yang dia denger aja.

Then, i thought that i am on the right way to give her hape.


(salah satu video yang suka ditonton Rania)

Biasanya, saya kasih Rania hape kalo dua syarat sudah terpenuhi. Sudah makan dan sudah mandi, Baru deh boleh duduk manis 30 menit nongkrongin hape dengan beberapa video offline yang saya donlot. Masih seputaran ngaji, beberapa tetep ada tentang koki cilik, review mainan, video hewan dan tumbuhan, asal mula makhluk hidup de el el. Hampir 60% nya berbahasa inggris karena entah kenapa saya ngerasa lebih bagus-bagus aja baik tampilan gambar maupun pesan yang disampaikan. Meskipun, didonlot beberapa macam video, tapi favorit Rania sepertinya masih episod-episod Hafidz Indonesia. Dia bisa nonton berulang-ulang kali, ngikik sendiri, lalu mencoba niruin. Sampe saya yang tadinya gak ada niat masukin Rania ke sekolah tahfidz, jadi berpikir ulang, apa mungkin Rania cocok ya masuk sekolah yang semacam itu. Sepertinya dia tertarik.


Saya gak ngerasa something wrong sih.. sampai.......

Rania cuma mau mandi karena tau bakal dikasih hape. Ribet nyuruh mandi sore karena dia tau walaupun udah mandi sore, dia gak bakal dikasih jatah main hape lagi, soalnya tadi pagi udah. 

Hampir tiap malem, dia ngarep banget cepet-cepet besok, supaya bisa main hape.

Begitu bangun pagi, minta sarapan dan mandi karena mau main hape. Kalo mainnya saya undur jadi siang aja, entah kenapa Rania kayak orang bingung. Mood mood-an banget seharian itu.

SEGITU DOANG?

Enggak. Saya ngerasanya main hape itu bikin Rania enggak stabil emosinya. Kalo gak dikasih, marah, mukul, nendang :( Padahal 'cuma' 30 menit loh tiap hari, hiks.

Dan yang lebih berasa adalah, bahwa bukan cuma Rania yang nunggu-nunggu banget momen 30 menit itu. Saya juga, karena saat Rania main, saya ikut leyeh-leyeh juga ngecek notif instagram, hehehe. Saya jadi gak kreatif. Lebih gak terencana. Karena seharusnya dalam satu hari itu, minimal saya punya satu kegiatan main sambil belajar bareng Rania, di luar mainin mainan-mainan biasa yang tersedia di rumah.

Buat saya, alasan-alasan itu ENOUGH untuk membuat saya dan suami memutuskan untuk mengubah habit bermain hape Rania. Dari 30 menit setiap hari, menjadi seminggu sekali, hari Sabtu selama 2 jam. Mungkin bisa lebih-lebih dikit, tapi gabole lebih banyak, hehehe.



Momentum Mengubah Habit

Jadi, hari Jum'at sebelumnya, saya dan Rania potong kuku bareng. Singkat cerita, dia marah-marah karena saya kelamaan motongin kukunya. Rania mau cepet-cepet mandi dan main hape. Saya sedih campur kesel banget. Why oh why she is soo galak to me, hiks. Dari situ, saya langsung putusin, this is the time. Saya bilang ke Rania, bahwa peraturannya berubah, Bahwa dia akan mandi karena badan yang gak mandi itu kotor penuh kuman, bukan karena mau main hape. Bahwa dia makan itu untuk kesehatan tubuhnya, bukan karena cepet-cepet mau main hape. Apa reaksinya?

Nangis yang sedih banget. Tapi gak lebih sedih dari waktu saya nyapih dia sih, hihi.


Saya ngerasa gak tega juga. Ngerasa kejam dan ngasih konsekuensi yang gak sebanding. Hampir aja saya nyerah. Lagipula 30 menit sehari itu kan bentar siihhh, huhu. Bukan cuma Rania yang bergejolak, saya lebih-lebih. But.. Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang. Saya terus ngasi pengertian sambil peluk Rania. Dan diam-diam dalam hati juga memeluk diri saya sendiri, yang sebenarnya sama ketergantungannya dengan Rania.

Sampai hari keempat, Rania masih sering nanya, "Kenapa kok aku main hapenya pas libur aja? Kemarin gak libur, aku boleh main hape?"

Yang akan saya jawab, "Iya Nak, Rania sudah tambah besar. Banyak hal-hal lain yang bisa dilakuin. Main, baca buku, naik sepeda, bikin kue. Rania main hapenya pas libur aja ya. Bunda pingin Rania jadi anak baik. Kalo main hape bikin Rania jadi anak yang suka marah-marah, untuk apa? Rania jadi pukul-pukul Bunda kalo gak dikasih hape. Bunda gak suka. Rania mau jadi anak baik kan?"

"Mau Nda. Aku mau masuk surga."


And here we go. Tujuh hari Rania tanpa hape. Dari Jum'at minggu lalu sampai ke Jum'at kemarin. Hari Sabtu, Rania boleh main hape. Dan karena durasinya panjang, saya juga donlot video yang agak panjang. Kali itu Rania minta video tentang dinosaurus dan mobil. Gak mudah memang. Hari-hari saya yang biasanya cukup terbantu dengan 30 menit itu, udah pasti berubah.

Tapi bukan hanya Rania yang menyesuaikan, paling penting saya juga ikut menyesuaikan. Kuntji melepas anak dari hape ya orang tuanya harus konsisten. Dan itu memang enggak mudah, tapi bukan berati enggak bisa.


Mainan-mainan di rumah jadi tersentuh lagi. Rania gak seperti orang bingung yang ga punya mainan, padahal cukup banyak mainan di depan matanya. Kami bersihin halaman bareng. Baca buku banyak dan sedikit-sedikit memperkenalkan huruf. Emosi Rania memang gak langsung mudah dikendalikan, tapi alhamdulillah better than before. Bukan berarti free layar sama sekali. Siang hari saya masih suka nonton berita di tivi minimal sejam. Malemnya juga kadang ngidupin bentar. Di luar, pas main ke rumah tetangga ya tivinya nyala. Nah kan, masih banyak terpapar juga. But it's oke, seenggaknya saya berusaha mengurangi sedikit dari semua paparan layar itu. Untuk dengerin murottal, masih bisa lewat media lain selain hape, misal boneka hafidzah.

Btw, don't get me wrong. Setiap keluarga punya valuenya masing-masing. Apa yang saya terapkan, belum tentu cocok di keluarga lain. Dan apa yang keluarga lain terapkan, belum tentu cocok di keluarga saya. Dari value keluarga, kita menerapkan peraturan di rumah. So plis don't judge others decision of rules. Semoga kita semua yang berjuang di parentinghood ini diberi pencerahan, kemudahan dan keistiqomahan sama Allah ya. Aamiin. Kalau di keluargamu gimana gaes?






 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi