Friday, November 23, 2018

10 Tips Ciamik Menjaga Semangat Nge-Blog, Nomor 8 Paling Ampuh!

"Gimana sih caranya supaya tetep rajin ngeblog?" adalah pertanyaan standar yang paling sering diajukan oleh blogger pemula kepada blogger yang sudah lebih senior. Saya pun pernah loh menanyakan hal yang sama di sebuah pelatihan, hahaha. Jadi gini, hampir semua blogger itu, baik yang pemula, maupun yang sudah nge-blog bertahun-tahun, pasti pernah merasakan kejenuhan. Apalagi kalau habis libur lebaran, beugghhhhh. Rasanya maleeessssss banget mau buka blog. Iya apa iyaaaa??? XD Wajar sih libur nulis sejenak untuk sekedar refreshing. Asal jangan keterusan aja, heheheh.

Nah, kalo males ngeblog-nya jadi berkepanjangan gimana? Coba deh, baca 10 tips ciamik menjaga semangat ngeblog ini. Saya buatnya sambil nyeramahin diri sendiri lhooooooo, luar biasa khannnnn, HAHAHAHAH.

menumbuhkan dan memelihara semangat ngeblog


1. Ingat niatan awal saat kamu mulai nge-blog

Apa niatan awal saat kamu mulai membuat blog? Ingin menyalurkan hobi menulis dan mengurai kepenatan? Menyimpan rekam jejak kehidupan? Berbagi cerita dengan orang lain? atau menghasilkan uang dari blog?


Kalau nge-blog ini memang hobi dan bisa membuatmu bahagia, apa kamu gak kangen merasakan kebahagiaan yang sama saat menyelesaikan sebuah draft tulisan? Misal blog yang kamu buat memang sengaja untuk menyimpan rekam jejak kehidupan, apa gak sayang kalau ada momen yang terlewat hanya karena kita malas menulis? Sharing is caring. Iya, melihat bahwa ada orang lain yang merasa terbantu dengan apa yang kita tulis itu bahagianya lebih dari sekedar dapat popularitas di dunia maya. Sepakat gak?

Lebih-lebih kalau kamu memang membuat blog untuk tujuan komersil, kelamaan libur nulis bisa membuat DA/PA anjlok loh. Ingat-ingat itu adalah salah satu syarat untuk mendapatkan job. Apalagi kalau blog mu sudah menggunakan domain berbayar. Harus dimaksimalkan. Supaya minimal bisa balik modal untuk bayar perpanjangan domain di tahun berikutnya.

When you feel like giving up, just remember why you started.

2. Mulai menulis dari hal-hal 'receh' terlebih dahulu

Saat semangat sudah mulai muncul, jangan langsung nulis berat cem buat disertasi. Mulailah menulis dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Apapun niche blog yang kamu pilih, pasti ada kok topik ringan yang bisa ditulis sebagai awalan untuk mulai kembali melenturkan jari-jari dan kemampuan berpikir kita.

Remember, the blog is not going to write itself. You have to make it.


3. Blogwalking dan follow akun media sosial blogger djundjungan

Cari sebanyak-banyaknya inspirasi saat berkunjung ke blog orang lain dan kagumlah betapa produktifnya mereka menghasilkan tulisan. Perhatikan bagaimana cara mereka menarik mina tpembaca agar berkunjung ke blog. Tapi tolong jangan jadi kelamaan kepo sosmed ya. Tutup! dan segeralah mulai nge-blog *pengalaman banget ini XD
Pakai rumus ATM. Amati, Tiru, Modifikasi.

4. Perbanyak membaca buku dan 'membaca' situasi yang ada di sekitar kita

Membaca dan menulis itu ibarat satu paket. Tulisan yang kita buat akan jauh lebih bermakna saat kita banyak membaca. Biasakan juga untuk 'membaca' situasi yang ada di sekitar kita, mana tau ada yang bisa dijadikan inspirasi untuk bahan tulisan.


5. Sediakan catatan kecil untuk menulis ide dan draft tulisan dimanapun kamu berada

Bisa berupa buku atau notes hape. Saya sendiri biasanya menggunakan aplikasi Evernote karena lebih mobile. Catatan kecil ini berfungsi untuk mencatat semua ide yang seringkali bersliweran atau tetiba muncul di kepala kita. Sayang banget kan kalau tidak dicatat, yakinlah besok-besok kamu bakal lupa. Jadi biasakan langsung catat dan eksekusi draft-nya sampai selesai *sampe selesai lhooo, qiqiiqi*


Write. Write more. Write even more. Write even more than that.

6. Percaya diri dengan tulisanmu sendiri

Seringkali setelah membaca banyak tulisan, kita malah jadi gak pede dengan tulisan kita sendiri, DON'T. The blog is yours. Tulis apapun yang kamu inginkan selama itu positif. Jangan kejar kesempurnaan dan jangan berharap semua orang akan setuju dengan tulisan yang kamu buat.

Only you can make your own story. So write it. Finish your draft. Then make a history with publish it on your blog.

7. Percantik blog untuk menyegarkan suasana

Tapi jangan hanya terpaku sampai disini. Cantik-cantik tapi kosong untuk apa ya kan? Boleh banget mengganti template, tetapi gak boleh sering-sering. Karena selain puyeng ngaturnya lagi (haha), ini juga bisa menurunkan traffic blog. Tampilan blog bisa juga kamu percantik dengan membeli stiker blog atau membuat infografis yang kece. Tapi tetep yaa, content is the king!



8. Bergabung dengan komunitas blog, misal Blogger Perempuan Network

Bergabung dengan komunitas blogger merupakan hal yang sangat penting bagi saya untuk menjaga semangat ngeblog. Postingan ini pun merupakan salah satu challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN) untuk menghidupkan kembali gairah nge-blog para anggotanya. Dari BPN, saya seringkali mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan skill ngeblog. Tiap harinya, BPN juga mengadakan program blogwalking (BW) yang menjadi wadah bagi para anggota untuk saling berkunjung. Yang saya suka, program BW ini dibuat berbeda tema per harinya. Jadi, dari situ kita bisa dengan lebih mudah memilih untuk mengunjungi blog yang ingin kita kunjungi dan mostly masih berkaitan dengan niche blog kita. Saya beberapa kali ikut BW dan jadi nambah teman sesama blogger.  After all, saya juga seringkali mendapatkan info lomba dan job untuk blogger di komunitas ini. That's why i love to join BPN. Kamu bisa coba ikutan join komunitas ini, atau komunitas blogger lain yang juga sama-sama bermanfaat.

9. Ciptakan 'kantormu' sendiri

Buat suasana menulis senyaman mungkin. Kalo saya sih, yang penting gak diganggu anak aja udah nyaman banget itu, hahaha. Bisa juga mencoba menulis di luar 'kantor', misal cafe yang cozy, hitung-hitung refreshing dan cari inspirasi.

10. Tulis resolusi, target yang ingin kita capai dari nge-blog

Contohnya, kita ingin merekam dengan rapih semua portofolio anak di blog, jangan sampai ada yang terlewat, oke tuliskan. Atau memasang target untuk posting minimal dua kali dalam satu minggu. Boleh juga menargetkan supaya kita jadi makin lancar menuangkan ide, gak kaku dan kurang percaya diri seperti kemarin-kemarin, satu posting blog bisa selesai dalam waktu satu jam. Atau kita ingin mengukir prestasi dengan ikutan lomba ngeblog. Tulis target berapa viewers yang ingin dicapai, DA/PA, supaya makin banyak job yang mampir dan kita bisa menikmati menikmati pundi-pundi dari hasil ngeblog. Apapun itu, tuliskan dan buatlah target agar kita jadi makin semangat.


Oke demikian ceramah untuk diri sendiri ini saya sampaikan gaesss XD Semoga teman-teman yang baca ikut terinspirasi dan brb bersihin sarang laba-laba blog nya masing-masing, hehehe. Nah kalau kamu, tips apa sih yang paling ampuh membuat semangat nge-blogmu jadi balik lagi? Share di kolom komentar yaa.



11 comments:

  1. terimakasih mb dwi sdh membrikan tipsnya. untk point no 10 aku blm punya banget jadi masih suka mood2an ngeblognya. bukan karena gak ada bahan tulisan, tapiefek males buka laptop hiks.

    ReplyDelete
  2. point 6.7.8. 9. 10 baru setengah setengah aku.. hiks hikss

    ReplyDelete
  3. Bener itu mbak, setuju banget apalagi memulai dari hal yang receh semi curhat hahaha. Aku banget itu pokoknya.

    Kadang emang kuta nulis cuma pengen sekadar meringankan beban pikiran. Ceilah, kita, gue aja kaleee

    ReplyDelete
  4. Seru ya jadi blogger. Bisa membual dan dapat uang he.. ayo mbak semangat ngeblog...

    ReplyDelete
  5. tips berguna nihhh, karena aku receh terus kalau nulis wkwk. Kalo kata mba dwi mulailah dengan yg receh. Aku receh terus hiks

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah aku sudah gabung di Blogger Perempuan. Kerasa banget manfaatnya di dunia blogging. Btw, no 5 aku banget ini mbak:)

    ReplyDelete
  7. Ada lagi, buat jadwal postingan. Ini works buat aku duku hihi. Misal: senin kuliner, rabu: Kesehatan dll

    ReplyDelete
  8. Wah tipsnya oke punya. Kalau aku mulai menulis yang receh emang terus mulai sedikit percaya diri hihi. Memang butuh semangat tinggi buat rajin nulis. Makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  9. Nomor 9 Emang oke banget jadi biar semangat menulis atau ngeblog kalau punya kantor sendiri ya hahaha..... aku pun berubah-ubah tempat nulis atau ngetik di HP/ di laptop. Biar semangat

    ReplyDelete
  10. wah manteb banget nih ulasan tentag menjaga semangat ngeblog biar gak ngendooorrr

    ReplyDelete
  11. In different words, you get double 카지노사이트 the cash you deposit after first joining a casino. Sports betting growth – We are main developers of sports betting games for different platforms – be it cellular, web, or PC. In our tech arsenal, there are high-quality tools that we use along with an out-of-the-box strategy. Cooperate with an internet gambling provider and use its white-label products.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi