Saturday, October 12, 2019

Serunya Membuat DIY Keju Ricotta dengan Susu Hometown Dairy

Kebayang gak? 50-an anak, berada dalam dua meja panjang, sama-sama asyik membuat olahan keju ricotta dari susu hometown dairy. Wuihhh, super riweuh! Ada yang susunya keburu tumpah. Ricotta nya jadi bahan eksperimen dicampur bahan-bahan lain. Ada juga yang pisangnya keburu dimakan sebelum diolah, hahaha. Ada-adaaaa aja tingkah laku para bocah di acara Yuk Bikin Keju yang diadakan oleh susu Hometown Dairy, Sabtu (5/10) lalu di Mall Boemi Kedaton, Lampung.

cara membuat keju ricotta
Semangat menunjukkan hasil kreasi keju ricotta! Foto dok: Rizka Rachmawati.

Keseruan berawal dari info yang saya dapat di WA grup, bahwa susu hometown dairy akan mengadakan kelas membuat keju untuk anak-anak. Saya langsung gercep daftar dong. Soalnya Rania suka banget 'mbantuin' saya masak di rumah 😆 pasti dia bakal suka dengan acara semacam ini. Selain Rania happy, saya juga happy, karena acaranya di mall. Jadi saya gak perlu beberes setelah acara masak-masak itu, hahahhaha. Win-win solution!

Acara siang itu dibuka oleh Mbak Nanda selaku pembawa acara. "Siapa yang suka susu???" Spontan anak-anak menjawab "Sayaaaa." sambil mengacungkan tangan. Hampir semua anak suka minum susu. Selain bergizi, susu juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya keju ricotta. Jujur, saya baru pertama kali loh mendengar kata ricotta. Selama ini taunya cuma cheddar, mozarela sama cream cheese aja sih, hihihi.

Kata ricotta berasal dari bahasa Italia "recocta" yang artinya "dimasak kembali". Ricotta ini bisa dimakan langsung, ataupun dicampurkan dengan hidangan lain seperti lasagna, sandwich atau frozen dessert. Teksturnya lembut, putih seperti salju. Rasanya gurih dan tidak terlalu manis.

Dari sekian banyak anak, Mbak Nanda memilih satu perwakilan anak untuk naik ke atas panggung dan membuat keju ricotta bersama dengan Chef Gaby Dharmadji.

Khanza sedang memasak keju ricotta bersama dengan Mbak Nanda dan Chef Gaby Dharmadji.

Saat membuat keju ricotta, Chef Gaby menjelaskan bahwa keju hanya bisa dibuat dari susu murni. Jadi, cara mudah untuk mengecek kemurnian susu adalah dengan mengolahnya menjadi keju. Kalau berhasil, berarti susu yang dipakai memang benar-benar murni dan bagus. Seperti susu hometown diary yang dipakai untuk membuat keju ricotta hari itu.


Susu Murni Pasteurisasi Hometown Dairy

Susu merupakan salah satu minuman bergizi tinggi yang didapat dari hewan ternak perahan, seperti sapi ataupun kambing. Bisa juga dibuat dari olahan kacang-kacangan, misal kacang kedelai. Meskipun sama-sama terlihat putih, sebenarnya susu ini berbeda-beda lho. Baik dari proses pengolahannya maupun kandungan zat tambahan yang ada di dalamnya.

Mengutip pernyataan ahli nutrisi Emilia E. Achmadi dari laman detik.com, urutan susu yang paling aman dikonsumsi setelah air susu ibu adalah susu murni pasteurisasi. Alasannya karena proses pasteurisasi yang sangat cepat (pemanasan 72-75 derajat dalam waktu 15 detik) membuat zat gizi yang rusak  menjadi lebih sedikit atau minimum. Serta komposisinya paling mendekati susu yang diproduksi langsung oleh sapi.

Susu murni pasteurisasi juga dibuat tanpa tambahan gula dan bahan pengawet lho. Dalam suhu kulkas yang stabil, susu pasteurisasi yang masih bersegel bisa tahan antara 7-11 hari. Sedangkan kalau sudah dibuka, harus segera dikonsumsi ya. Karena susu ini hanya tahan sekitar 2 jam di suhu ruang dan maksimal 3 hari di dalam kulkas.

Susu murni pasteurisasi Hometown Dairy.

Susu hometown dairy diproduksi oleh PT Great Giant Livestock (GGL) yang peternakannya berada di Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Wah, bangga ya, Lampung punya satu perusahaan penghasil susu murni pasteurisasi terbaik yang kualitasnya cem susu-susu dari luar negeri, hihihi.

Sapi-sapi yang dipelihara oleh PT GGL ini dipelihara dengan perawatan terbaik, dibuat enjoy dan ga boleh stres supaya bisa menghasilkan susu terbaik. Enak ya jadi sapinya PT GGL 😆😅 Kalau mau mendapatkan banyak manfaat susu, ya minum susu murni pasteurisasi semacam hometown dairy ini udah paling bener dah.

Susu hometown dairy baik untuk diminum segala usia. Dari mulai anak di atas usia 12 bulan sampai kakek-kakek nenek-nenek. Foto dok: Heni Puspita.

Nah, kalau gak doyan susu macam saya, ehm.. bisa mengonsumsi olahan susu dalam bentuk lain yang rasanya gak kalah enak. Semisal keju ricotta yang dibuat anak-anak di acara kemarin. Yuk bikin keju ricotta sendiri di rumah! Intip cara pembuatannya ya..


Cara Membuat Keju Ricotta dengan Susu Hometown Diary

Bahan yang diperlukan:
1 liter susu pasteurisasi Hometown Dairy
4 sdm air lemon
Sejumput garam 

Cara membuat:
~ Masukkan larutan air lemon dan garam ke dalam susu
~ Panaskan dengan api kecil sambil terus diaduk
~ Setelah dadih (gumpalan kental) terbentuk, matikan api
~ Saat sudah dingin, saring dadih tersebut dengan saringan tahu hingga terpisah dengan whey (cairan yang tertinggal selama proses pengendapan keju). Dadih yang sudah benar-benar terpisah dari whey merupakan keju ricotta yang sudah jadi dan siap diolah bersama dengan bahan makanan yang lain
~ Taruh dalam wadah tertutup, simpan di kulkas

cara membuat keju ricotta
Serius menyaring keju ricotta 😃

Nah, setelah keju ricotta nya jadi, boleh dikreasikan jadi macam-macam deh. Kalau kemarin, anak-anak membuat ricotta chesse cake yang isinya campuran keju ricotta, pisang dan madu. Anak-anak happy banget loh saat mereka dikasih kesempatan menyaring sendiri si keju ricotta. Memotong pisang dan mencampurnya dengan madu dan keju ricotta, lalu dimasukkan dalam sebuah jar.

Ricotta cheese cake nya sudah jadi! dimakan dingin lebih enak. Yummy! Foto dok: Heni Puspita.

Our kids are making memories. Don't mind the mess! 😃

Hmmm, berkali-kali saya ulang mantra itu, saat melihat tumpahan keju yang belepotan di tangan dan baju anak-anak, hihi. Gapapa kotor, kucek bentar, nodanya bakal hilang. They were making memories, they were so happy. Memori hari itu akan terus mereka kenang sampai besar nanti.

Riweuhhh semuanya mauu susu hometown dairy.. sabar ya tante.. hihihi
 
Saking senangnya, Rania sampai minta foto sama Chef Gaby dan bilang ke saya kalau sudah besar nanti mau jadi chef seperti Chef Gaby, hihihi.

cara membuat keju ricotta
Geng bocah sholeha foto bareng Chef Gaby.

Di akhir acara, anak-anak mendapatkan sertifikat. Duh, macam serius kali ya, hahaha. Dan juga boleh membawa pulang satu liter susu hometown diary dan olahan ricotta cheese cake nya.

cara membuat keju ricotta
Horeeee dapat sertifikat!

Makasih banyak yaa Hometown Diary, sudah mengukir kenangan tersendiri di hati anak-anak. Besok-besok adain lagi dengan kuota yang lebih banyak ya.. Rania daftar duluan deh 😃

Susu murni, ya Hometown Dairy gengs! Foto dok: Heni Puspita.


1 comment:

  1. Rugi banget sih gak suka susu. Hehe... Mutiara termasuk yang pemilih lo dalam hal susu, tapi dia suka susu ini. Susunya seger dan gak bikin eneg. Ya sudahlah kalo gak suka susu, dirayu gimana juga tetep gak mau. Hehe... Gak apa. Yang penting bahagia. Bikin puding susu aja ya. Nti aku minta.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi