Tuesday, August 21, 2018

Rahasia Tumis Sapi Cabe Ijo ala Hokben

Menu pertama yang saya pikirin untuk lebaran haji justru makanan yang sekiranya gak buat gigi saya sakit, xixixi. Dan jadilah tumis tempe maranggi yang udah pasti empuk dengan rasa manis-manis pedes. Yumm! Barulah setelah itu saya mikirin masak daging karena kebetulan juga masih ada stok daging sapi di freezer. 

Awalnya pengen telpon Mamah untuk nanya resep daging cabe ijo seperti di masa kecil saya dulu. Tapi posisi Mamah sedang dalam perjalanan menuju Lampung dari Malang. Kkhawatir mengganggu, saya searching-searching aneka masakan daging sapi di gugel. Kriteria resep yang akan saya pilih sudah pasti resep olahan daging sapi yang praktis. Sederhana tapi enak dan bahannya gak mengada-ada *banyak mau, hahaha* Lalu akhirnyaaaa nemu resep tumis sapi cabe ijo ala Hokben di cookpad Mb Meylisha. Langsung liat komposisi bahannya apa aja. Yeaayy ada semuaa. Memang ada beberapa bumbu gak biasa sih yang saya stok di dapur buat coba-coba resep, semisal kecap inggris dan minyak wijen. Beli yang ukuran kecil aja. Alhamdulillah yaa kepake lagi sebelum datang masa expired-nya, wakakakak.
resep olahan daging sapi

Tumis Sapi Cabe Ijo ala Hokben
 recook by me

Bahan:
250 gr daging sapi (has dalam/sengkel), iris tipis
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 bawang bombay, iris
3 iris kecil jahe
Secukupnya cabe hijau besar, iris serong
Secukupnya air (100-200 ml)

Bumbu marinasi/rendaman:
1 sdt tepung sagu
1 sdt kecap asin
2 sdt kecap manis
1 sdt saus tiram
1 sdt kecap inggris
1/2 sdt minyak wijen
1/4 sdt lada bubuk
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt garam

Cara membuat:
~ Siapkan wadah kedap udara. Masukkan daging dan bumbu marinasi. Aduk rata. Simpan di kulkas minimal 1 jam
~ Tumis bawang putih, sebagian bawang bombay dan jahe sampai harum
~ Masukkan daging yang telah dimarinasi. Tumis dengan api besar sampai berubah warna
~ Masukkan air secukupnya. Kecilkan api
~ Masak sampai air sedikit menyusut. Masukkan cabe ijo dan sisa bawang bombay. Aduk rata. Tumis lagi sebentar. Matikan api
~ Siap disajikan

Catatan dari cookpad Mb Meylisha:
Bawang bombay dan cabe ijo bisa aja dimasukkan semua di awal, tapi nanti bawang bombaynya jadi gak crunchy dan warna cabe ijonya butek.

_

Selesaaaiiiiii. Hasilnyaaaa wueeenaaakkkkk. Jujur saya sebenernya belum pernah makan Hokben, wakakakak. Tapi kata Mb Meylisha itu rasanya mirip Hokben. Saya pernah makan yang rasanya sejenis ini di resto dan rasanya mirip, huwaaa. Can't believe saya bisa masak makanan kelas resto, bahahah. Sampe suami bilang "Buka PO aja Nda." Walahhhh, belum berani ah. Tangan saya suka gak konsisten soalnya. Hari ini enak, besok belom tentu, padahal resep sama X'D Bu ibu ada yang gitu juga gak sih? *kumencari teman* wqwq.

Oh ya, kalo masak dagingnya cukup banyak dan mau disimpan, saya rasa lebih baik masukin bawang bombay dan cabenya di awal aja supaya makanan gak cepet basi. Soalnya itu jatuhnya setengah mateng kann. Tapi kalo mau disajiin langsung cem di resto gitu, bolehlah pake cara Mb Meylisha. FYI, bawang bombay setengah mateng itu meninggalkan rasa agak langu tapi manis dan enak ya. Jadi balik ke selera masing-masing.


Masakan ini, Mb Meylisha bilang terinspirasi dari resepnya Xanders Kitchen yang hits di instagram. Resep asli udah saya screenshoot di atas ya, atau langsung follow IG @xanderskitchen aja. Memang gak persis sama. Ada cara yang berbeda saat proses marinasi. Disitu juga gak tertulis jelas takaran bumbunya. Saya gak pandai mengira-ngira, jadi saya pake cara Mb Meylisha aja. Terima kasih banyak resepnya ya mbakk. Yes yes kupunya resep andalah untuk olahan daging sapi.

Buibu yukkkk dicobaaa, worth it banget lah pokoknya! Semoga berhasil yaaaa :D


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi