Monday, August 20, 2018

Semua Orang Bisa Masak Tumis Tempe Maranggi ala Heni Maria

Idul Adha tahun ini adalah salah satu momen emejing buat saya, haha. Iya karena ini pertama kalinya saya nyiapin masakan buat lebaran. Tahun-tahun sebelumnya, saya lebih sering 'numpang' makan di rumah Iyah (ibu saya) sesudah sholat Ied, xixixi. Pernah juga beberapa kali beli sarapan karena kami segera meluncur ke masjid yang agak jauh tempat hewan kurban kami dipotong. So, this time will be different and i'm so excited!

Jujur yang pertama kali saya pikirin bukanlah menu daging. Saya justru mikir masak apa nih ya supaya gigi gw gak sakit pas lebaran XD Dan terpikirlah ide cemerlang, AHA! Tempe aja deh. Tempe enak dimasak apa? Buanyaaak. Meski kelihatan sederhana, rasa tempe itu khas dan cocok dengan banyak bumbu. Yang bersliweran sih resep tempe kecap dan bacem tempe ya, tapi saya pengen yang beda. Pengen yang puedess puedess gitu semacam tempe penyet atau tempe orek pake rawit yang banyak. Tapi terus inget Rania. Huwaaa udahlah putar haluan masak yang manis-manis aja, supaya gak dua kali masak dan semuanya bisa makan, wkwk.

Resep Tumis Tempe Maranggi ala Heni Maria
recook by me

Bahan:
1 papan tempe, potong dadu
1/4 gula merah disisir
3 sdm air asam jawa
1 sdt kecap manis
cabai rawit sesuai selera

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1/2 cm jahe
1/2 cm lengkuas
1 sdm ketumbar
1 sdt garam
1 sdt merica 

Cara:
~ Goreng tempe setengah kering, angkat, tiriskan, sisihkan
~ Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan tempe, gula merah dan air asam jawa, aduk rata, beri kecap manis, masak hingga matang, angkat, sajikan dengan taburan cabai rawit potong

heni maria semua orang bisa masak
Tumis Tempe Maranggi, manis pedas :D

Ihiiyyy, hasilnya alhamdulillah enakk :D Seneng banget karena saya berhasil masak salah satu dari sekian banyak aneka kreasi masakan tempe, haha. Ini rasa bumbunya mirip sate maranggi, kuat di ketumbar, tapi isiannya tempe. Finishing taste nya manis ya, kalo mau pedes tinggal banyakin aja irisan rawitnya. Jatah punya Rania pisahin di awal, biar doi gak kepedesan, hihi. Setelah aman dengan menu tempe, barulah saya mikirin masak daging XD Btw ini bukan kali pertama saya recook resepnya Ci Heni Mari dari buku Semua Orang Bisa Masak, sebelumnya yang selalu jadi favorit saya adalah Oseng Cumi Asin Pete. Bedehhhh mantep banget lah, sangat gak disarankan buat yang lagi diet XD

Jadi gimana lebarannya gaes? Semoga happy semua yaa kumpul bareng keluarga. Salam sayang :) 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi