Friday, May 26, 2017

Resep Oseng Cumi Asin Pete

Salah satu penulis resep favoritku di instagram adalah Cik @henimaria. Euleuuhhh sok kenal. Hahaha. Beneran deh, kalau ketemu, aku pengen ngucapin banyak terima kasih sama beliau ini karena resepnya sudah banyak menginspirasi dan menyelamatkan tudung saji di rumah dari kekosongan persediaan makanan yang berujung pada jajan di luar. Simpel dan enak jadi ciri khas resep-resep keluaran Cik @henimaria. Wajar kalau kemudian kumpulan resep instagramnya dilirik penerbit dan dibukukan dengan judul “Semua Orang Bisa Masak”. Lha wong memang bener, resepnya gak belibet dan mudah dipahami pemula, macam aku.

Sudah beli bukunya? Aku belum sih. Soalnya kemarin terlanjur beli buku resepnya NCC dan suami repot minta dipraktekin dulu yang itu sebelum beli yang lain. Ada benernya juga. Kadang (sering sih kalo aku) kita ini hobi beli bukunya aja, tiba di rumah belum tentu dibaca sampe habis. Atau malah baru dibaca setelah berbulan-bulan kemudian dengan beribu alasan. Fiuh.

Kembali ke cumi asin. Cumi asin ini merupakan salah satu makanan kegemaran suami. Seleranya memang yang asin-asin. Sedangkan dulu dirumahku, bisa dihitung jari Mamah masak yang jenis asin begini. Awal-awal nikah, aku pernah masak cumi asin. Alot daan gagal. Mungkin karena cuminya aku rebus dulu dalam waktu yang cukup lama.

Sampai kemudian ketemu resepnya Cik @henimaria. Wow, gampang banget! Gak perlu pake rebus-rebus. Bumbunya pun simpel. Segera eksekusi. Dan saat jadi, masyaaAllah.. aku dan suami balapan nambah nasi. Hahaha. Satu hal yang jarang terjadi padaku.

Ini resepnya ya buat yang mau cobain juga. Gak nyesel deh. Perpaduan cumi asin, pedasnya cabai rawit dan legitnya pete.. duh enak banget!

Oseng Cumi Asin Pete

Bahan :
1/4 kg cumi asin (cuci bersih)
3 papan pete, kupas kulitnya


Bumbu :
6 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, keprek lalu iris
1 ons campur cabe rawit merah
3 buah cabe besar hijau, potong potong (aku skip)
1ons tomat hijau, belah dua
gula putih


Cara membuat:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih secara bersamaan hingga harum
2. Masukkan cabe campur iris, tomat iris, gula putih secara bersamaan. Aduk sebentar, lalu masukkan cumi dan pete, aduk rata, kecilkan api.
3. Tutup wajan teflon biarkan sampai empuk sambil sesekali diaduk, cicipi, jika sudah empuk matikan apinya, angkat dan sajikan



Love it! Love it! Sekarang ini jadi menu andalan penambah nafsu makan keluarga deh. Walaupun gak boleh sering-sering makan yang asin-asin gini. Haha. Makasih banyak Cik @henimaria …

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi