Tuesday, April 3, 2018

Pengalaman Pertama Menang Lomba Nge-Blog


Alhamdulillah....... kusungguh excited! Sejujurnyaaa ini adalah piala pertama yang saya punya seumur hidup selama hampir usia 28 tahun :D

Terkejut? Gak perlu lah yaa lhaaa siapa jugaaa wkwk

via: GIPHY

Jadi, sejak dulu saya pernah beberapa kali ikutan lomba, tapi ga ada yang menang. Puncaknya, saya ikut sebuah kompetisi pemilihan pelajar muslim teladan se-Provinsi Lampung di tahun 2005. Dan cukup traumatis, jadi dari situ selalu males banget mau ikutan lomba, takut kalah lagi, xixi.

Flashback dulu yaa :D Jaman TK di kebun, saya gak pernah ikut lomba. Saya lupa sih, waktu itu ada ajang lomba apa nggak, haha. Yang saya ingat tentang prestasi jaman TK adalah saya dan temen-teman pernah tampil di depan para petinggi kantor Papah. Sungguh kubangga dengan baju tali rafia ala-ala hawaiaan yang mamah serut-serut pagi, siang, sore, malam. Yes, kostumnya itu mamah yang buat! Warnanya kuning apa pink lupa. Yang pasti i feel gorjes with that handmade costume :D


Lanjut ke jaman SD, masih di kebun yang sama, karena Papah saya 6 tahunan di kebun itu gak pindah-pindah, zzzzz. Sekolah dari kelas 1 sampai kelas 4 SD cawu 1. Seinget saya, gak ada juga lomba-lomba, selain lomba 17-an. Lupa sih pernah menang atau nggak, karna dulu saya suka malu-malu klo disuruh ikutan lomba-lomba. Tapi saat itu, karir ((KARIR)) saya di per-karate-an sedang bagus-bagusnya. Saya termasuk anak didik paling muda dan pernah tampil memperagakan kata di depannn... errr, lupa sih. Tapi pokoknya tampil lah, hahaha.

Lalu pindah SD ke bagian kebun lain di Sumatera Selatan. Duh, sekolahnya parahh banget. Parah level saya pertama kali tau istilah nganu-nganu itu dari sini. Ada pulak kejadian nganu itu di semak-semak belakang sekolah. Sungguh mengerikan. Padahal dulu belum jaman internet, tapi nganu sudah menyebar sampai ke pelosok dusun tempat tinggal saya waktu itu. Ditambah lagi tiap jam pelajaran kosong, teman saya, seinget saya namanya Eni, yang memang suaranya cukup bagus, disuruh genk cowok untuk nyanyi sambil joged di depan kelas dong! PARAH. Saya sampe galau banget, khawatir pas usia Rania sekolah, suami dapet penempatan disana juga. (Papah saya dan suami berasal dari kantor yang sama, hihi). Tapi lumayan lah, di sekolah itu saya sempet jadi duta dokter cilik. Cukup bangga, presentasi tentang cara gosok gigi dan cara mencuci tangan yang benar di depan teman-teman kelas. Pake jas putih pulak, cantek lah, wkwk.

via: GIPHY

Sayangnya, hampir tiap pulang sekolah selama sekolah di kebun itu saya nangis. Ada-ada aja kejadiannya. And it was disgusting! Jadi saya merengek minta pindah sekolah, dan keinginan terkabul. Akhirnya kami sekeluarga, kecuali Papah saya, balik lagi ke rumah kami di Bandar Lampung. Merasakan sekolah di kotaa, sungguh kubahagia.

Selain bahagia, ternyata sekolah di kota itu bikin kaget! Apalagi saya waktu itu SD di salah satu swasta faporit. Angkatan pertama pulak. Jadi nilai kelulusan angkatan kami jelas akan berpengaruh untuk nama baik sekolah selanjutnya. Dapet guru yang superrr, i love her so much! Buk Grastika namanya. Ampun dehh tegasnya, tapi saya suka banget dan merasa terpacu di berbagai mata pelajaran. Kelas 5 ini saya sempat ikut seleksi olimpiade tingkat SD, tapi gak lulus. Sempat pula pengen ikut Porseni, dan gak lulus juga. Prestasi saya di SD swasta ini cuma tersohor setingkat kelas. Itu pun, waktu kelas 6, nilai mbrosott banget. Sibuk sama gebetan sana-sini. Wahahahhaha sungguh aib.

Lulus dengan NEM 38 sekian, saya cuma bisa masuk SMP biasa. Di SMP itu saya ikut karate lagi. Tapi kok ya gak sesemangat jaman SD, jadi gak punya prestasi. Dulu, saya termasuk yang nilai bahasa inggrisnya bagus dan aktif di kelas, tapi heran deh kok saya gak diikutin lomba. Wkwk.


Suasana jelang pengumuman lomba nge-blog

Masuk SMA di sekolah yang sebenarnya bukan incaran saya. Tapi yasudahlah, masuk 10 besar hasil ujian dengan nilai tertinggi pun. Seiring berjalannya waktu, ya Allah, nilai matematika, kimia dan fisika saya anjlok ngett ngett ngett. Level wali kelas saya, Bu Diah, sampe prihatin. Jadilah saya masuk kelas IPS. Di IPA, saya cuma suka biologi, dan nilai saya tinggi. Cuma biologi aja kan gak cukup.

Pertama kali masuk kelas IPS, saya ingettt banget motivasi dari guru matematika saya, Pak Rudi. "Lebih baik jadi yang paling pintar di kelas IPS, daripada jadi yang paling bodoh di kelas IPA." Nilai saya termasuk baik saat itu. Tapi saya juga heran kenapa waktu itu gak diikutin lomba akuntansi. Seleksi pun nggak, wahahaha *ngarep* Temen saya, Suhendrik, yang akhirnya ikut. Suhendrik ini mukanya kalem, tapi aslinya raja judi. Bahhahaha, semoga kau baca Ndrik XD

Saya pernah ikut lomba pidato bahasa indonesia saat itu, tapii kalah, hihi. Terus ikut pemilihan pelajar muslim itu atas inisiatif sendiri daaannn terpilih. Yang utusan dari sekolah, malah gak lulus seleksi. Saat itu saya daftar mandiri karena gak tau harus sekolah yang ngutus. Walhasil saya dipanggil sama almarhumah guru saya jaman SMA. Agak down juga sih, karena yaaa, sudahlah skip aja. Performance saya selama karantina sama sekali gak maksimal. Dannn saya dieliminasi. Waktu itu lagi ngetren AFI lohh. Jadi saya bener-bener kayak anak-anak AFI yang tereliminasi gitu, nangis-nangis sambil geret koper. Trauma, wkwk *anaknya melow abis* Satu-satunya kenangan manis jaman SMA adalah waktu hasil karangan bahasa indonesia saya dibacakan di kelas IPA. BANGGA.

Jaman kuliah, duhh boro-boroo ikut kompetisi. Saya sibuk rapat kesana-kemari. Aktivis mahasiswa lah. Yang kerjanya ngadain lomba, tapi sendirinya ga pernah ikut lomba dengan berbagai alasan, termasuk alasan sok sibuk, haha.

Laluuuu saat kerja di BUMN, pas diklatsar, saya dapet posisi terbaik 3. Wow bangga, karena kebanyakan yang masuk urutan saat itu ya anak kesehatan, sesuai core business perusahaan. Dan saya, satu diantara gak banyak anak di luar kesehatan yang bisa dapetin posisi itu. Kuhappy, tapi ga dapet piala, hehe. Terus pernah juga ikut pelatihan akuntasi seluruh kantor cabang di Jakarta dan dapet terbaik 3 lagii. Kusenangg, tapi ya itu, gak ada piala juga XD

Lalu resign daaan memang memutuskan menarik diri dari huru-hara kehidupan di luar sana. Maka saya lebih nyaman berpindah dari kamar, dapur dan sumur. Memang karena saya yang pengen. Jadi kayak semacam kontemplasi diri gitulah. Sebenernya passion ku ini dimana.


Lalu mulai tahun 2018, saya coba rutin menulis di blog yang sudah ber-TLD ini. Dan waktu ada informasi lomba web blog yang diadakan oleh STMIK Pringsewu di grup WA Tapis Blogger, saya langsung pengen ikutan. Saya putuskan ikut, karena temanya masih bisa saya usahakan. Saya juga memang pengen banget nulis soal Lampung dan pengen pulak mampir ke Nggruput. Ini nih tulisan tentang Nggruput yang menang ituh, haha.


Foto bersama para pemenang

Maka hari Minggu pagi, saya, suami dan Rania bolos ngaji demi capcuss ke Pringsewu. Dan memang tempatnya kece, hingga saya semangat banget nulisnya. Kalau biasanya, draft mangkrak cukup lama baru saya selesein, ini langsung pengen buru-buru saya selesein bgt (selain memang karna mepet DL juga sih ya, haha). Bagi saya, wisata kuliner tradisional itu unik. Dan saya happy bangett bisa jajan-jajan makanan yang namanya udah lama saya denger, tapi belum pernah liat rupanya :D


Foto bareng mantuidaman.com

Lalu 2 minggu berlalu, saya galau mau dateng atau nggak ke Pringsewu pas acara pengumuman pemenang. Yang bikin saya galau adalah, suami kerja, jadi gak bisa nemenin. Pringsewu itu sekitar 1,5 jam dari Bandar Lampung. Bisa aja dianter Papah, tapi malu lah kalo gak menang. Ngabisin bensin aja ye kaan, hiks. Saya rayu-rayu adik saya yang alhamdulillah saat itu bisa, tapi terus pas udah deket waktu malah harus ngejer dosen di kampus buat urusan skripsinya. Yahh, yasudah, mau gak mau, dianter Papah. Saya berangkat lah, soalnya ngapain juga deg-deg-an di rumah ya kannn XD

Sampe Pringsewu, Papah gak ikut masuk, nunggu aja di parkiran. Ada senengnya dan ada sedihnya. Seneng karena klo kalah, saya gak malu malu amat lah sama Papah, haha *sekaku itu sama Papah sendiri*. Tapi sedihnya, klo misal saya menang, masak gak ada yang motoin sihh. 

Dannnn jreng jreng jrenggg.... Alhamdulillah banget nama saya nyangkut! di Juara 3. Juara 3 Lomba Web Blog yang diadakan oleh STMIK Pringsewu dalam rangka HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu dengan tema wisata Pringsewu.



Entahlah kenapa angka 3 selalu mengikutiku.... hahaha. Saya super senengggggg banget dan terharu lalu rasanya pengen meluk suami saat itu. "Sayang, adek dapet piala.. Piala pertama seumur hidup adek.. huwaaaa." Gak lebay lho ini, cobalah mengerti perasaanku XD

Sedihnya ya itu, Papah gak nyaksiin waktu saya naik ke atas panggung sama Rania. Bukan panggung besar memang, tapi sungguh saya bangga. Bangga karena saya akhirnya mau ikutan kompetisi lagi. Bangga karena saya mau melatih mental kalah menang saya jadi lebih baik dan gak baperan. Bangga karena usaha saya served the best dapat apresiasi dari temen-teman BEM STMIK Pringsewu. Bangga juga karena, setelah jadi emak-emak, akhirnyaaaa saya punya PIALA. Yang digembol Rania kesana kemari hari itu dan sebenernya saya takut pataaaahhhh, aakk XD Tapi saya anggap Rania sedang berbahagia. Berbahagia sangat seperti mamaknya. Maka biarlah kalo piala itu patah sekalipun, karena piala itu memang untuk Rania, Nak.. 



Piala itu untuk Rania. Yang sudah bersabar nungguin Bunda mantengin laptop dan HP seharian saat DL waktu itu.

Piala itu untuk Rania, yang sudah berbesar hati main sendiri karena Bunda sibuk ngetik hari itu.

Piala itu untuk Rania, yang sudah sangat-sangat kooperatif diajak bolak-balik ke Pringsewu.

Piala itu untuk Rania, supaya Rania mencontoh percaya diri Bunda hari itu.

Piala itu untuk Rania, yang semoga mental menang kalahnya akan jauhhhh lebih baik dari Bunda..

Dan piala itu untuk Mas Ayah, yang sudah sangat bersabar nganterin istrinya kemana-mana. Mendukung hobi nge-blog dan terus menyemangati diriku yang mudah patah ini. Aku harus bilang i love you to the moon and back apa gimana di blog ini? Hahaha *pasangan kurang romantis*

Dan piala itu juga untuk Mamah dan Papah.. yang sungguh aku tau betapa besarnya kekecewaan Mamah dan Papah saat aku memilih 'hanya' menjadi ibu rumah tangga. Semoga jerih payah Mamah dan Papah membesarkan Septi dihadiahi syurga oleh Allah. Maafin Septi Mah.. Pah.. Semoga Septi tetap bisa buat Mamah dan Papah bangga.

Maybe it is small. But it really means to me :)


1 comment:

  1. Barokallah ya Mbk, sudah membuktikan bia berprestasi dari rumah eh dari nge-blog hehehe... smeoga makin banyak prestasinya kelak dan bermanfaat buat orang banyak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi