Friday, April 27, 2018

Tapis Blogger Gathering 5 dan Resep Tekwan Ala Nuola Food

Bahagia itu, bisa makan makanan berkuah yang pedas dan segar. Itu bahagia sederhana versi saya. Saking bahagia, yang saya inget tentang Tapis Blogger Gathering 5 kali ini adalah betapa happynya saya saat dapet resep tekwan dari Mbak Yeni Harnita, Nuola Food, xixixi.

resep tekwan simpel
Tekwan Ala Mb Yani Nuola Food. Foto: Naqiyyah Syam

Minggu, 15 April 2018 kemarin, Tapis Blogger kembali mengadakan gathering yang bertema "Tips Lolos Google Adsense". Dalam acara tersebut, Mas Yoga, selaku presiden jomblo, sharing tentang pengalamannya tembus google adsense selama menjadi blogger beberapa tahun belakangan. Saya jadi flashback, pertama kali membuat blog itu ketika Maret 2017, lalu memutuskan untuk mengubah alamatnya ke top level domain sekitar Oktober 2017 dan mulai serius ngeblog sedikit demi sedikit di tahun 2018 ini.


Tapis Blogger Gathering 5

Sejak gabung ke Tapis Blogger, saat itu saya banyak mendengar istilah tentang google adsense (GA) dan baru 'ngeh' kalau GA bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Pantesan kadang saya ketemu blog yang ngeselin deh, harus klik iklan dulu baru bisa masuk. Ternyataa, satu kali klik iklan itu ada nilainya loh. Meskipun teknik maksa nge-klik ini nggak diperbolehkan ya, dan harusnya klik iklan natural aja. Manggut-manggut lah saya mendengar cerita tentang blogger yang punya penghasilan fantastis sampai bisa membeli properti dari hasil GA ini. Bener-bener baru tau kalo jadi blogger tuh se-menjanji-kan itu.

Masuk bulan Februari 2018, kepikiran terus deh buat daftar GA. Biar blog sayah ada iklannya gitu, keren kan, orang dari luar ngeliatnya, wow, ada iklannya, padahal belum tentu di klik dan belum tentu menghasilkan secepat itu juga sih. Cuma bagi saya yang blogger pemula inih, ya keren aja, hahaha *monmaap receh* Baca-baca tentang tips lolos GA di banyak blog, kemudian saya daftar deh. Alhamdulillah dalam sehari itu, langsung dapet balesan email dari GA, tapi saya bacanya dua hari kemudian, hahaha. Anggota Tapis Blogger yang baru-baru sekarang ya kalik gw senior kudu bersyukur banget lah, sampe ada gathering khusus untuk pembahasan lolos GA ini.

Sejak keterima GA, jadi makin semangat nge-blog, walau ternyata supaya cepet gajian itu butuh waktu dan tentunya tips n trik yang yahud. Masuk bulan April 2018, saya ikutan lomba nge-blog yang diadakan oleh STMIK Pringsewu dengan tema pariwisata Pringsewu. Alhamdulillah tulisannya menang dan dapat juara 3.


Tapi sejak ikut lomba itu, iklan di blog saya hilang. Saya pikir nantinya bakal muncul lagi, tapi sudah 2 minggu, belum muncul-muncul juga. Saya sekalian konsul deh ke Yoga saat gathering. Selain mendengarkan sharing dari Yoga, kami bisa diskusi-diskusi ringan sambil menikmati sajian yang sudah disediakan oleh teman-teman dari Nuola Food. Ada buah pepaya dan beberapa cemilan yang keluar terlebih dahulu. Ada juga Nafoura Kurma Water yang segerr banget. Dan tak lama kemudian, keluarlah TEKWAN! Saya serasa sejenak menghirup aroma surga, wanginya itu loh, langsung bikin nggak konsen, wkwk. Sambil menunggu Yoga kutak-katik iklan yang gak muncul di blog, saya memilih untuk makan tekwan dan mendekati Mbak Yeni. Apalagi kalo bukan mencoba peruntungan minta resep! hahaha.

minuman sari kurma
Nafoura Kurma Water yang seger bgt!

"Tekwan ini makanan favorit saya banget loh mbak. Tapi selama ini belum pernah bikin sih. Beli aja terus, haha. Kalo kepala lagi pusing, wajib banget makan tekwan. Sambel rawitnya ini loh, bikin kemepyar. Ribet nggak sih mbak bikin tekwan itu?" Saya memulai percakapan soal tekwan dengan Mbak Yeni. Mbak Yeni dari Nuola Food ini ramah banget, sejak awal sudah care sama Rania. Ngambilin crayon, kertas, mainan, apa aja lah yang bisa bikin Rania anteng. Berbeda dengan gathering Tapis Blogger sebelumnya yang saya datangi sendirian, gathering hari itu saya memang mengajak Rania karena Mas Agung sedang dinas ke luar kota.


"Ahh gampang kok. Harus bisa bikin sendiri, lebih puas soalnya."
"Iya yaa, xixixi. Sambelnya ini juga seger banget mbak, pake cabe rawit doang atau ada campurannya sih mbak?"
"Ohh itu campur kuah tekwan aja. Jadi cabe rawit direbus, terus diulek, campurin deh sama kuah tekwan ini."
"Wihh pantesan sedepp. Tekwannya juga enak banget ini." *sambil ngunyah*
"Ini kita bikin 1 banding 1. Jadi tepung sekilo, ikannya juga sekilo."
"Woh, banyak ya mbak ikannya. Pantesan enakk. Aku mau sih mbak resepnya." *Eaaaaa*

Mbak Yani mungkin kasian ya ngeliat saya yang makan tekwan hari itu kek orang kelaperan banget, hahaha. Ish tapi emang baik banget lah Mbak Yani ini, malah minta pena dan kertas, "Sini saya catetin." Wow. Langsung semangat banget saya ngambil catatan, gak denger deh anggota Tapis Blogger lagi pada sibuk sharing apa, huahahaha.

nuola food
Suasana gathering ditemani tekwan dan kawan-kawannya. Foto: Naqiyyah Syam

Resep Tekwan Ala Mbak Yani Nuola Food

Bahan yang diperlukan untuk membuat pentul tekwan:
1 kg ikan giling
2 buah telur
1 gelas belimbing air
2 sdm garam halus
2 sdm gula pasir
2 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
1 kg sagu tani

Cara membuat:
Masak air secukupnya dalam panci untuk merebus pentul tekwan.
Mixer semua bahan (kecuali sagu tani) sampai terasa padat dan berat, lalu campurkan dengan 1 kg sagu tani. Aduk menggunakan tangan.
Cubit sedikit demi sedikit adonan, masukkan ke dalam air yang sudah mendidih.
Angkat pentul tekwan matang yang sudah mengambang di atas permukaan air.

Untuk kuah tekwan, Mbak Yani hanya memberikan resep secara garis besar nih, saya kudu ngira-ngira sendiri kalo buat nanti, haha. Maklum lah namanya masak kan seringnya feeling ya. Jadi kalo diminta resep akurat kadang memang bingung :D

Bahan yang diperlukan untuk membuat kuah tekwan:
Air secukupnya
Bawang putih, cincang
Udang kering
Lada
Garam
Penyedap jika suka (saya mah jelas sukak lah, wkwkwkw)
Kalau sudah jadi, lengkapi dengan taburan daun seledri, bawang goreng dan potongan timun

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal tekwan:
Rebus cabai rawit secukupnya
Blender, lalu tambahkan dengan kuah tekwan

Ntappsss! gampang ya kayaknya. Bintangin dulu *cem whatsapp* Rasanya saat itu juga saya pengen lari ke Gudang Lelang, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Bandar Lampung yang banyak menjual ikan segar. Mbak Yani berpesan untuk membeli ikan giling di Toko Raja Laut karena ikan giling disana segar-segar. Bukan pertama kali sih saya mendengar tentang toko itu, Mamah juga sering beli ikan disitu tiap buat pempek.

Happyyy banget dapet resep tekwan yang super simpel tapi hasilnya yummy. Printilan tekwan biasanya ditambahkan dengan bunga sedap malam, jamur kuping dan bengkuang ya. Hari itu, meskipun tekwannya polos tapi tetep enak! *jadi kepengeen, huhu* Tempat makan tekwan yang biasa saya beli itu letaknya di sebrang Taman Makam Pahlawan, sebelah Istana Buah, daerah Kedaton, Bandar Lampung. Lupa deh nama tendanya, buka dari sore sampai malem. Disitu kuah tekwannya juga segerrr dan sambalnya bikin kemepyar. Cuma yaa gak bisa makan sepuasnya kann. Rasanya pengen cepet-cepet praktik banget. Nanti saya bikin postingan sendiri yaa kalau udah cobain buat, hehehe.

nuola food
makan sambil gathering Gathering sambil menikmati makanan. Foto: Latifah

Nuola Food ini memang spesialisnya olahan ikan. Macem-macem produknya, ada pempek pelangi dan siomay ikan juga. Yang terbaru, Nuola Food mulai merambah ke bisnis abon ayam rendang. Ehhhm, cucok ini buat temen sarapan, hihi.

Nuola Food
Whatsapp : 081368665766 / 082377687388
Telepon : (0721) 5602242
Instagram : @nuolafood
Alamat : Jalan Terusan Darussalam RT 08 LK II, Susunan Baru, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung (Belakang SMA 16 Bandar Lampung)

Setelah mengganyang semangkuk tekwan sambil ngobrol dengan Mbak Yani, saya kembali fokus ke gathering ya iyalah ini kan intinya gathering bos! bukan makan-makan, hahaha. Ternyata ooh ternyata, GA saya kena banned! Duh sedih bangetttt. Lagi bahas tips lolos GA, ehh GA saya malah kena banned. Dibantu Yoga, saya mengajukan banding ke GA. Hasilnya, beberapa hari kemudian saya mendapatkan email balasan bahwa permintaan banding saya ditolak. Rasanya pataaaaahhhhhh banget hati saya. Kayak ditolak masuk universitas lewat jalur PMDK *pengalaman*

Email dari google adsense yang bikin saya patah hati, huhu

Iklan di blog hilang, ke-keren-an saya berkurang, wkwk. Sekarang mah iya udah bisa ketawa, kemaren? duuh nangis mbrebes mili, sedih bgt gitu. Di hari saya terima email penolakan, pas banget Mas Agung pulang ke rumah sebentar ngambil catatan yang ketinggalan. Seperti sudah takdir *eaa* Air mata saya tumpah di pelukan hangat berbalut seragam kantor ituh :'D Wejangan demi wejangan keluar supaya saya kembali meluruskan niat. "Mas kan kemarin bangga banget pas blog adek ada iklannya, huhuhu." "Iya mas bangga, tapi bukan itu yang paling penting, mas seneng ngeliat adek semangat nulis." Uwuwuwuw, dilanjut dengan mengirimkan whatsapp link blog teman kuliah mas Agung yang saat ini profesinya juga sebagai blogger. Udah lah, dibikin happy aja. Yang penting, me time dengan menulis tetap jalan dan rezeki blogger gak cuma dari GA aja kok.


Di banned nya saya oleh GA mengundang tanda tanya. Padahal kan saya gak pake tools apa-apa demi cepet gajian dari GA atau sengaja nge-klik iklan sendiri. Curhat lah di grup Tapis Blogger, dan dijawab oleh Mas Mail. "Invalid Traffic bisa disebabkan oleh seringnya refresh, meskipun gak disertai dengan nge-klik iklan sendiri." Nah, itu bener banget. Saya memang suka ngedit setelah published dan itu otomatis sering saya refresh. Jadi belajar hal baru deh soal google adsense.

Tak apalah, toh hari Minggu saat gathering kemarin itu saya banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak kalah penting. Apa aja? Salah satunya dapet resep tekwan, makanan favorit, obat di kala masuk angin datang melanda. Selanjutnya? Saya berhasil nyetir sendiri doooongggg hari itu, hahahah. Mulai dari ngaji di pagi hari, lanjut ke acara Tapis Blogger terus jemput suami di bandara. Ciieee cieeee mamaksss, akhirnyaaaa bisa juga kau bawa mobil sendiri. Alhamdulillah yaaaaah, sesuatu :3

Bonus foto mamaks di akhir postingan ya, hahaha. Have a nice day!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi