Wednesday, April 18, 2018

Resep Best Banana Muffin Ever Ala Tintin Rayner, Lembut, Enak, No Mixer

Resep Tintin Rayner
Banana Muffin Ala Tintin Rayner, made by Mak Rania :D

Beberapa minggu kemarin, kami sedang menjalani tantangan 10 hari mengasah stimulasi logis matematika pada anak. Salah satu kegiatan yang saya lakukan bersama Rania adalah membuat kue. Kali ini, pilahan jatuh pada banana muffin, mengingat ada beberapa stok pisang yang sudah terlalu matang di kulkas. Biasanya sih bikin bolu pisang, kali ini pengen coba yang beda. Ditambah lagi, ada stok 2 kotak chocochips diskonan dari toko sebelah yang baru buka *alasan utama* hahaha XD

Baca : Resep Bolu Pisang Panggang No Mixer dan Tanpa Pengembang
  

Rania saat menimbang butter

Proses menimbang dan menakar bahan membuat kita berpikir logis bahwa ada ukuran yang digunakan untuk membuat semua bahan yang ada di meja saat itu menjadi beberapa buah banana muffin ala Tintin Rayner yang rasanya enak dan lembut. Rania kebagian tugas untuk menyet-menyet pisang (lalu dicemilin huft), menimbang mentega, menimbang tepung, menyendok gula dan membantu menghias chocochips (lalu kami sama-sama nyemilin chocochips bareng, hahaha). Di tengah proses timbang menimbang itu, Rania bilang, "Masukin semua aja Bunda." Disitulah tugas saya untuk mengasah stimulasi logis matematikanya. "Ohh untuk jadi banana muffin, masing-masing bahan udah ada ukurannya Nak.. Kalo kita masukin bahannya kebanyakan, nanti jadinya bukan banana muffin, tapi mungkin yang lain.. hihi." Rania manggut sambil senyum-senyum. Semoga beneran ngerti yaaa, hahaha.


Tekstur banana muffin ala Tintin Rayner ini sama sekali gak kering ya buk ibuk. Jadi lupakan kesan seret. Yang ada, kita bakal mencium wangi pisang yang semerbak saat dipanggang dan hasilnya yang lembut bak muffin dari bakery terkenal *ciee*.


Resep Banana Muffin Tintin Rayner
Instagram @tintinrayner . 415k! wow.

Btw, ada yang belum tau dengan Tintin Rayner? Cik Tintin Rayner ini adalah seorang penulis buku best seller Simple & Moist Cake yang mengawali sharing resepnya dari akun instagram @tintinrayner. Namanya mulai melambung di dunia per-baking-an karena resep-resepnya yang anti gagal dan layak jual. Saya sendiri, pantang deh mengubah komposisi bahan kalo pake resep dari cik Tintin. Soalnya beliau pernah share dalam postingannya, bahwa dia adalah Ratu Gagal. Jadi, resep-resep yang dibaginya di instagram itu sudah betul-betul melalui uji coba panjang sebelumnya. Masak kita mau ngulang kegagalan lagi sih? Mikut resep yang udah berhasil aja belum tentu berhasil, ya kan? HAHAHA. Yuk ah, cobain resep ini, simple and moist! cocok juga untuk dijadikan bekal sekolah anak :D

Buku resep tintin rayner
Simple & Moist Cake. Buku resep andalan que.

Resep Best Banana Muffin Ever Ala Tintin Rayner, Lembut, Enak, No Mixer
Sumber : Buku Resep Simple and Moist Cake by Tintin Rayner
Hasil 11 cup besar dan 17 cup kecil, tergantung wadah

Bahan A:
3 buah pisang tua dan besar, lumatkan
1 butir telur ukuran besar
80 gr gula pasir
30 gr gula palem
85 gr butter, lelehkan
1 sdt pasta vanila

Bahan B:
190 gr tepung terigu protein rendah/serbaguna
1 sdt baking powder double action
1/2 sdt baking soda
chocochips sesuai selera
1/2 sdt cinnamon/kayu manis bubuk (boleh ditiadakan)

Cara Membuat:
Panaskan oven 180 derajat celcius.
Aduk semua Bahan A hingga tercampur rata menggunakan whisk, sisihkan.
Di wadah lain, ayak semua Bahan B. Buat cekungan di tengahnya, masukkan bahan A perlahan di cekungan sambil terus diaduk menggunakan whisk. Cukup sampai rata saja, jangan berlebihan.
Masukkan dalam cup muffin/loyang muffin yang sudah dioles mentega. Taburi chocochips lagi supaya cantik, panggang selama 20-25 menit atau sampai matang.
Siap untuk dinikmati.

Tips:
Aduk cukup sampai rata bahan B ke bahan A, jika terlalu kencang akan berakibat muffin bantat karena gluten.
Lebih baik gunakan pisang yang sudah tua, mulai keluar bintik-bintik hitam, sehingga muffin lebih manis, legit dan harum.
Pisang cukup dihancurkan, jangan diblender supaya ada teksturnya. Jenis pisang bebas.
Selain chocochips boleh diganti dengan kismis/cranberry sesuai selera.
Gula palem boleh diganti dengan gula pasir semua, namun taste sedikit berubah.
Jangan buka tutup oven supaya tidak kempes.

Lembut, wangi, enak! namun maapkan lah yaa kalo punya mamaks hasilnya meleat-meleot, pake kertas bolu kukus soalnya, hahaha. Belum punya cetakan muffin XD

resep olahan pisang

resep olahan pisang


Resepnya sudah di-share lengkap sama Cik Tintin Rayner sampe ke tips-tipsnya loh.. Gak perlu ragu untuk mencoba. Semoga berhasil ya buk ibuk.







No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi