Saturday, November 11, 2017

Keripik Bayam Liar dan Cinta yang Kian Mekar - Game Kelas Bunsay Level 1 #3

Kalau ada kegiatan yang paling saya sukai dari indahnya kebersamaan kami di waktu pagi, itu adalah bahu membahu mengerjakan pekerjaan rumah. Atau simply masak bersama seperti hari ini. Resep simpel yang enak dan murah meriah.

Sedari subuh suami saya sudah sibuk sendiri memetik bayam liar dari halaman samping. Bayam-bayam liar itu memang sedang subur-suburnya. Sebagian biasanya jadi jatah pakan kelinci, sebagiannya lagi baru kali ini kami konsumsi.

Pagi yang cerah ditemani kicau burung gereja. Bunyi ulekan berpadu dengan pertanyaannya yang tak kunjung berhenti. Membuat saya enggan melanjutkan leyeh-leyeh dan akhirnya tergerak menuju dapur. "Nda, ketumbar dimana? Kalo kemiri? Mas ulekin bumbunya nanti Adek yang goreng yaa."

Di awal pernikahan, saya ingat betul betapa laki-laki ini jauh lebih cekatan soal urusan dapur ketimbang saya. Bangga kah saya? Tidak. Saya berusaha mengejar ketertinggalan itu. Menyentuh sabun cuci piring, membuka buku resep masakan dan menata alat dapur.

Kalau ada yang bilang cinta itu pengorbanan, bagiku tidak sepenuhnya benar. Karena sesungguhnya kita 'hanya' sedang berusaha keras menjadi yang terbaik dari versi diri kita. Meski seringkali ada lelah, sakit dan perselisihan. Iya, kita. Aku dan kamu yang terus merangkai cinta dalam balutan sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Ting tong!

By the way, ada yang mau ikutan buat keripik bayam liar untuk cemilan bersama yang tercinta? Ini resepnya ya..

Resep Keripik Bayam Liar

By: Mama Alfa
Recook: Agung feat Dwi Septiani

Penampakan keripik bayam liar kriukss

Bahan:
3 ikat bayam petik/liar
300 gr tepung beras
20 gr tepung kanji/tapioka
400 ml air matang
Minyak goreng

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
3 butir kemiri
2 cm kunyit
1 sdm garam

Bayam dan tepung sebelum diolah

Cara membuat:
Petik bayam liar, ambil daunnya saja, cuci bersih

Campur tepung, bumbu halus dan air. Sesuaikan kekentalan, lebih baik agak cair supaya kriuk. Notes: Saya dan suami menggunakan sedikit bayam, jadi tepung menyesuaikan, tapi bumbu halus sama ukuran.

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Celupkan bayam ke adonan tepung satu per satu. Goreng sampai berwarna keemasan.

Kalau ada sisa, masukkan toples supaya kriukk nya awet. Kalau ada tapi ya.. kalau langsung habis, itulah seninya pernikahan. Makan apa aja jadi enak kalo barengan. Eaaa :D

#Hari3
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBunsayIIP

2 comments:

  1. Saya juga suka keripik bayam, kebetulan tukang sayur langganan suka bawa yang bagus dan daunnya manis. Tapi nggak sering sih bikin keripik bayam, soalnya tepungnya bikin kotor dapur, suka males bersihinnya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di sekitar rumahku masih banyak banget tumbuh bayam liar mbak.. hehehe.. iya kudu beberes ya.. haha

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi