Wednesday, January 2, 2019

5 Alasan Memilih Berwisata Alam ke Wira Garden Lampung

Kapan terakhir kali mengajak anak bermain di alam? Ehm, kalo saya sih jujur sudah lumayan lama yaa. Gak dipungkiri, weekend kami akhir-akhir ini lebih banyak berakhir di mall. Selain lebih dekat, suasanya nyaman dan fasilitas biasanya jadi alasan kami untuk mengajak Rania balik lagi jalan-jalan ke mall.


Libur akhir tahun 2018 kemarin, kami sekeluarga memutuskan untuk berwisata alam. Tadinya mau ke pantai, tapi karena masih khawatir gelombang tinggi dan tsunami, kami pun berbelok ke sungai. Tempat wisata alam yang selama ini menjadi favorit kami selain pantai adalah Wira Garden. Seingat saya, ini adalah kunjungan ketiga saya ke tempat ini.

wira garden lampung
Ajak anak main di alam yuk!

Lokasi Wira Garden Lampung berada di Jalan Wan Abdurrahman, Batu Putu, Teluk Betung Utara. Letaknya hampir persis bersebelahan dengan Taman Wisata Bumi Kedaton. Di daerah ini memang terdapat beberapa pilihan wisata alam, seperti Lembah Hijau, Bukit Mas atau Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Terus apa dong yang membuat Wira Garden menjadi tempat favorit keluarga kami untuk berwisata alam? Ini nih alasannya.

1. Murah meriah dan tidak dikenakan biaya tambahan lain
Buat emak-emak, stabilitas keuangan pasca liburan tentu penting banget kan? haha. Tiket masuk Wira Garden Lampung ini per orangnya hanya Rp 12.500 loh. Anak kecil seumuran Rania (3 tahun) tidak dikenakan biaya masuk. Sebelumnya, saya pernah mengajak keponakan yang berumur 5 tahun main kesini, juga tidak dikenai biaya tiket. Saya gak ngerti sih, berapa batasan umur yang dikenakan tiket. Pokoknya asal gratis, saya seneng! hahaha. Jadi kunjungan kami sekeluarga bertiga kemarin, yang dihitung hanya 2 orang. Total Rp 25.000 aja bisa puas eksplor Wira Garden dari pagi sampe sore, ckckck. Berwisata alam ke Wira Garden Lampung juga aman banget di kantong karena pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan lain seperti parkir, sewa pondok ataupun toilet. Luv!

wira garden bandar lampung
Anak happy, kantong emak pun happy :D

2. Alam yang masih asri
Ini juga yang menjadi salah satu alasan kami untuk balik lagi. Di pinggir-pinggir sungai, kami banyak menemui capung dan kupu-kupu cantik aneka warna yang menandakan bahwa tempat ini masih asri dan terjaga. Karena ini sudah kunjungan kami yang ketiga, kali itu kami memilih jalur anti mainstream untuk menuju sungai. Yaitu menyusuri jalan setapak yang melewati pohon-pohon buah. Bukan langsung parkir mobil di dekat sungai ataupun turun melewati tangga. Di jalan setapak ini, kami menemukan beberapa bunga dan jamur. Ala-ala hiking gitu deh. Seru euy!

wira garden lampung

3. Bisa main air sepuasnya
Karena wisata alam yang ada di Wira Garden ini adalah sungai, kami merasa Rania lebih aman main disini karena gak perlu khawatir dengan gelombang, tapi masih tetap bisa bermain dengan arus sungai. Rata-rata kami menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk bermain air. Waw ya? XD Air sungai disini tergolong bersih. Meskipun saat musim hujan ataupun kering, sungai menjadi sedikit lebih keruh. Tapi masih tetap asik jadi tempat bermain air.


wira garden bandar lampung

4. Spot foto dan pohon buah yang bisa dinikmati pengunjung
Kebanyakan netijen saat ini mencari tempat wisata yang instagramable kan ya? Wira Garden bisa menjadi salah satu tempat itu. Beberapa spot foto cantik tersedia disini. Kita bisa berfoto dari area tinggi berlatar belakang laut, bergaya di tepi tebing alaminya atau berpose cantik di jembatan dan rumput hijau. Selain spot foto, yang paling saya suka adalah, Wira Garden memiliki beragam tanaman buah yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti manggis, rambutan, sirsak, kelapa, jengkol dan durian. Nah, tujuan utama kedatangan kami kemarin sebenarnya ini, hahaha. Apalagi saat ini Lampung sedang musim durian dan rambutan. Tapi ternyata duriannya sudah gak sebanyak yang kami kira, mungkin sudah dipanen ya, tapi lumayanlah bisa petik-petik rambutan gratis :D


wira garden lampung

5. Fasilitas lengkap
Wira Garden juga menyediakan fasilitas taman bermain anak yang terletak tidak jauh dari tempat masuk. Selain itu, jika kita ingin menginap, disini juga tersedia cottage dengan ruang pertemuan yang cukup besar dan area ground camping yang bisa dipakai berkemah. Yang saya suka, Wira Garden juga dilengkapi dengan banyak saung di pinggir sungai dan sekitar area yang bisa dipakai gratis. Selain itu, ada beberapa titik toilet bersih dengan air yang mengalir deras di tempat ini, sehingga tidak khawatir mengantri terlalu lama. Terdapat juga mushola yang cukup luas di dekat taman bermain dan di area dekat sungai.

wira garden lampung


Bagi saya, Wira Garden is still a lovable place to visit. Perpaduan bermain di alam dengan fasilitas yang cukup nyaman dan harga terjangkau untuk wisata keluarga itu sudah sangat cukup menjadi alasan bagi kami untuk balik lagi ke tempat ini. Yuk ajak anak main di alam!







3 comments:

  1. Aku juga suka banget jalan-jalan ke sini loh bikin seger deh

    ReplyDelete
  2. Saya seumur-umur nggak pernah ke Lampung lho Mbak. Penasaran, tapi kayaknya dalam waktu dekat belum berani naik ferry menyeberang dari Jawa ke Sumatera. Dari foto-fotonya, Wira Garden kelihatan alami dan asri sekali ya.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah kesini 😅 harus dicoba nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi