Thursday, March 15, 2018

Resep Donat Empuk Tanpa Kentang Tanpa Ulen

resep donat empuk tanpa kentang
Donat empuk tanpa kentang tanpa ulen

Selama ini yang ada di pikiran saya saat harus membuat donat adalaaaah ribet! Gimana nggak ribet, kalau mau empuk, konon adonan donat harus dicampur dengan kentang. Diulen sekian menit hingga tekstur tertentu, barulah ada kemungkinan berhasil membuat donat yang gak gampang keras, empuk sampai keesokan hari. Ibu-ibu kan pengennya gitu ya. Sekali buat bisa awet sampe besok. Jadi capeknya sekalian, hehehe.

Ini kali pertama saya membuat donat dengan resep yang super simpel! Seperti biasa, tiap dapet resep yang simpel dan enak, langsung lah brb saya masukin ke dalam blog. Supaya bisa bikin lagi suatu saat. Dan siapa tau pembaca blog tercintah juga pada mau buat. Resep ini cocok loh dijadikan agenda masak kue bersama bocil di rumah. Yuks yuks langsung kepoin!


Resep Donat Empuk Tanpa Kentang Tanpa Ulen

Bahan yang diperlukan:

50 gram margarin
50 gram gula pasir
2 butir telur
200 ml susu UHT plain (susu cair)
5,5 gram ragi instan (1/2 sachet)
1/2 sdt garam
300 gram tepung terigu protein sedang
Gula halus untuk topping


Cara membuat:

Panaskan margarin sebentar di atas api kompor. Jangan sampai berubah menjadi seperti minyak. Cukup sampai tekstur masih padat dengan sedikit bagian yang melumer.
Masukkan gula pasir dan telur ke dalam adonan margarin yang sudah dipanaskan, aduk hingga rata.
Tambahkan susu cair dan ragi instan, aduk rata
Masukkan garam dan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
Tutup wadah adonan dengan plastik/kain, diamkan selama 1 jam hingga mengembang
Siapkan cetakan donat, lumuri sedikit dengan minyak
Panaskan minyak di wajan dengan menggunakan api sedang
Cetak satu per satu adonan dengan menggunakan cetakan, masukkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan
Goreng donat hingga matang kecoklatan
Setelah matang, biarkan donat menjadi dingin terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan gula halus

Yeayy donat sudah jadii!

resep donat empuk tanpa kentang tanpa ulen
Penampakan donat gula yang menul dan empuk

Donat empuk tanpa kentang dan tanpa ulen ini saya buat bersama Mamah saat ada acara pengajian minggu kemarin. Karena mau mendapatkan donat dengan harga yang lebih ekonomis, Mamah mengganti susu UHT dengan susu kental manis (SKM) biasa (yang banyak kandungan gulanya itu). Saya udah sewot aja sih khawatir gak jadi. Apalagi Mamah buat lima adonan sekaligus! Huaaa, kalo gagal total gimana cobaaa.


Mamah menuangkan sebagian besar air untuk dicampur dengan satu kaleng susu kental manis. Sebagiannya lagi, dicampur dengan ragi agar mengembang. Ini ala Mamah deh. Udah dikasih resep bener malah ngarang-ngarang, hahaha. Terus kemarin Mamah nyampurin adonannya pake mixer karena banyak kan.. jadi males ngaduk XD


Uplek uplek, diamkan adonan satu jam sampai mengembang. Papah masih sibuk cari sutil donat di pasar saat adonan mau digoreng. Walhasil nyetak donat pake dua sendok dulu deh. jadi mirip roti goreng, haha. Alhamdulillah rasanya enakk, lega banget hati saya. Tapi mungkin karena api yang terlalu panas, bagian tengahnya jadi gak mateng.

resep donat empuk tanpa kentang tanpa ulen
Donat bentuk roti goreng yang gagal

Barulah gak lama kemudian Papah dateng bawa cetakan donat karena gak nemu sutil donat di pasar. Harga cetakannya Rp 7.000 untuk ukuran besar, sedangkan yang kecil Rp 5.000. Awal-awal nyetak alamakkk jelek kali bentuknya XD tapi lama kelamaan kami makin expert. Caranya cetakan dilumuri minyak terlebih dahulu (kami menggunakan cetakan ukuran kecil), bentuk adonan, langsung masukkan ke dalam wajan. Saya juga memakai bantuan sumpit untuk meratakan adonan saat telah dimasukkan ke wajan. Jadi bagian tengahnya yang bolong itu diuntir-untir dengan menggunakan sumpit untuk hasil yang lebih mulus dan syantik. Sayang banget deh gak saya poto, tapi cukup kebayang kan ya? hehe.

resep donat empuk tanpa kentang
Cetakan donat ukuran besar dan ukuran kecil
Lima adonan donat yang dicetak dengan cetakan ukuran kecil ini menghasilkan donat sekitar 70 buah. Ini belum termasuk gorengan donat bentuk roti goreng yang gagal itu ya, xixixi. Banyak kan? :D Sampai malem bahkan keesokan paginya, donat ini masih konsisten empuk loh. Jadi bisa sekalian dijadiin bekal atau sarapan XD

Dicoba di rumah yaaa, semoga berhasil dan gak pake gagal! xoxoxo.







1 comment:

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi