Friday, March 23, 2018

Tapis Blogger Gandeng ACT Lampung Adakan Sharing Ngeblog dan Public Speaking Bersama Indra Pradya



Bertemu dengan orang yang memiliki passion dalam pekerjaannya adalah hal yang menyenangkan bagi saya. Maka ketika Tapis Blogger mengadakan gathering rutin bulanan yang menghadirkan Bang Indra Pradya sebagai pembicara, saya merasa harus dateng nih gw. Memangnya saya tau siapa Bang Indra? Errr, belum tau sih. Tapi feeling saya, abang ini bakal kasih banyak suntikan semangat untuk saya dan teman-teman. Jadi kalo gak dateng, bisa rugi berat deh. 

Begitu lihat e-flyernya, jreng jrenggg. Kenapa gatheringnya hari Jum'at? Hik. Yang saya pikirin cuma Rania harus saya titip sama siapa? xixi. Soalnya Jum'at masih hari kerja suami, yang walaupun secara de jure boleh pulang sebelum jum'atan tapi secara de facto ya pulang abis maghrib juga *sigh* Saya cerita ke suami, "Adek harus dateng nih.. pembicaranya bagus." dan gak saya sangka-sangka jawaban suami adalah, "Ya udah dateng aja gpp. Nanti mas usahain banget bisa pulang setelah jum'atan." Uwuwuwuwuuwuww meleleh hati adek mass.. wkwk.


Berbahagialah istri-istri yang hobinya didukung suami. Dan berbahagialah juga saya hari itu karena bakal dapat kesempatan me time sambil menuntut ilmu sambil me time :D


ACT Lampung dan Tapis Blogger
Teman-teman tapis Blogger berfoto di depan gedung ACT Lampung

Dalam gathering yang keempat kali ini, Tapis Blogger menggandeng ACT Lampung sebagai sponsorship. Acara diadakan pula di Gedung ACT Lampung di daerah Pahoman, Bandar Lampung. Begitu memasuki gedung ACT Lampung, saya langsung disambut senyum ramah mbak mimin yang duduk di bagian informasi, juga spanduk-spanduk program kemanusiaan yang sedang digaungkan oleh ACT Lampung. Nama lembaga kemanusiaan yang satu ini sudah tidak asing di telinga saya. Saya lupa tepatnya kapan pertama kali mendengar, tetapi yang saya perhatikan, ACT (Aksi Cepat Tanggap) tidak pernah ketinggalan hadir di bagian terdepan setiap kali ada kegiatan tanggap darurat, khususnya pemulihan pascabencana. Sudah lama pula saya penasaran, program apa lagi yang dimiliki oleh ACT sebagai bentuk kepeduliannya terhadap permasalahan kemanusiaan? Saya berharap mendapatkan jawabannya ketika acara gathering dimulai.

Alhamdulillah saya tidak terlambat meskipun menginjakkan kaki di gedung ACT pukul 14 lewat 10 menit. Artinya saya bisa menyimak acara dari awal. Acara dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama yaitu penjelasan mengenai program ACT, sesi kedua sharing ngeblog dan public speaking bersama Bang Indra Pradya dan yang terakhir adalah sesi pengumuman pemenang lomba serta pembagian hadiah dari sponsorship. Mas Yoga jomblotravelerdotcom membuka acara dengan gaya khasnya yang garing lucu. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tapis Blogger, Mbak Naqiyyah Syam.


Mas Yoga saat membuka acara Tapis Blogger Gathering #4


Kontribusi Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Program-Program Kemanusiaan Nasional dan Internasional

Masuk sesi satu, Ibu Dian Eka Darma Wahyuni, selaku Kepala Program ACT Lampung menghadirkan sebuah video tentang Ghouta yang membuat kami larut siang itu. Saya melipir mengelap air mata. Save Ghouta, Let's Help Syria adalah salah satu program internasional kemanusiaan yang dilaksanakan oleh ACT. Saya sering mendengar komentar miring orang lain tentang program-program kemanusiaan semacam ini, "Halah ngapain jauh-jauh keluar negeri, yang di dalem negeri aja banyak kok yang kelaparan." Berat napas saya tiap mendengar komentar semacam itu. Maka saya dengarkan penjelasan Bu Dian dengan seksama dan saya baca pula booklet yang diberikan oleh tim ACT kepada peserta Gathering Tapis Blogger #4.


Program kemanusiaan ACT Lampung
Ibu Dian Eka Wahyuni saat menjelaskan tentang program kemanusiaan dari ACT Lampung

ACT adalah lembaga kemanusiaan global yang memiliki visi membangun peradaban global yang lebih baik. ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepeduliaan tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya, ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.

Bagi saya, laporan keuangan ini penting sekali. Karena dari laporan keuangan yang diaudit oleh KAP inilah, kita bisa meyakini bahwa sebuah lembaga kemanusiaan itu terpercaya dan jelas pula kemana aliran dananya.

ACT pusat resmi berdiri sejak tanggal 21 April 2005 sebagai yayasan yang secara hukum bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Sejak tahun 2012,  ACT mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas. Di Indonesia, jangkauan aktivitas program ACT sudah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota. Sedangkan di luar negeri, jangkauan aktivitas program global telah meliputi 22 negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika dan Eropa Timur.

Program Nasional Aksi Cepat Tanggap
  • Indonesia Darurat Bencana
  • Emergency Response
  • Community Development
  • Pemulihan Pascabencana
  • Sedekah Pangan 
  • Masyarakat Relawan Indonesia
  • Tepian Negeri
  • Global Wakaf
  • Global Qurban
  • Global Zakat

Program Internasional Aksi Cepat Tanggap
  • Let's Help Syria
  • Let's Help Rohingya
  • Let's Save Palestine
  • Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI)
  • Save Humanity
Stop Ghouta Memerah Darah, salah satu program internasional kemanusiaan dari ACT

ACT Lampung sendiri resmi berdiri sejak 6 November 2017. Saat ini ACT terus melakukan diskusi dan bersinergi dengan elemen pemerintah daerah serta terus mendapat dukungan dari berbagai komunitas dan alim ulama di Lampung. Kontribusi ACT terhadap masyarakat Lampung terlihat dari beberapa kegiatan yang telah diadakan, diantaranya: peduli korban banjir, peduli warga binaan lapas wanita dengan program seminar dan pemeriksaan papsmear, peduli keluarga pasien RS kelas 3 dengan membagikan paket pangan, bazar charity, donasi buku, menyelenggarakan pelatihan cinta Qur'an, bersama Rumah Umat Berkah membagikan susu, obat cacing dan mengadakan cek kesehatan gratis, serta masih banyak lagi. Program yang saat ini sedang berjalan yaitu Wakaf Lahan Papua, Duta Pelajar Kemanusiaan, Rumah Umat Berkah, Stop Ghouta Memerah Darah, Kapal Kemanusiaan Suriah dan Kapal Kemanusiaan Palestina.



ACT mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita menghadirkan sebuah dunia yang nyaman bagi umat manusia, dunia beradab dan memiliki peradaban mulia di bawah naungan cahaya ilahi.

Rekening Donasi:
BNI Syariah 770000525
Bank Mandiri 1270007917428
a.n. Aksi Cepat Tanggap

Konfirmasi Donasi:
(0721) 5607053

Instagram: @act_lampung
Twitter: @ACTLampung_
Facebook: Aksi Cepat Tanggap Lampung
Website: www.act.id

Branch Office: Jl. Jendral Sudirman No. 73E, Pahoman, Bandar Lampung 35118
Telepon: (0721) 5607053


Sharing Ngeblog Hingga ke Luar Negeri dan Pelatihan Mini Public Speaking bersama Indra Pradya

Siapa Indra Pradya? Coba kita kepo akun instagramnya.



Jadi, Bang Indra ini sebenarnya PNS Dinas Pariwisata. Tapiiiii PNS djundjungan yang sungguh multi talented lah XD Bisa nge-MC iya, penyanyi iya, ehh travel blogger jugaa.

Feed instagram kece-nya Bang Indra Pradya

Feeling saya soal Bang Indra ini benar. Memang beda orang yang auranya positif tuh, begitu naik panggung, penonton berasa ikut semangat gitu :D Rupanya Bang Indra punya kunci sukses saat public speaking di depan khalayak ramai. Apa itu? Coba tahan tahan aja baca postingan blog mamak ya. Karena bakal panjanggg. Soalnya bagi saya, apa yang Bang Indra kasih kemarin itu 'daging' semua. Jadi mau saya masukin di blog untuk dibaca-baca lagi suatu saat ketika aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi ye kaan. Wkwk.



Hal-hal yang perlu diingat dan dilakukan saat memulai sebuah profesi, termasuk profesi sebagai seorang blogger:

Yang pertama, apapun yang kita lakukan, masukkan passion di dalamnya. Passion adalah gairah yang kita pupuk setiap hari. Sesuatu yang membuat kita bersemangat setiap bangun dari tidur.

Kedua, no limit standard. Jangan batasi diri sendiri. Jangan sepelekan pemberian Tuhan, kita sudah diciptakan dalam kondisi terbaik. Jangan batasi diri dengan fisik, umur dan kemampuan. Setiap tahun kita harus punya kebisaan baru, keahlian baru. 

Ketiga, opportunity meet ability. Kesempatan akan selalu ada, asal kemampuan sudah kita persiapkan. Tidak ada sesuatu yang kebetulan. Kebetulan terjadi karena kita punya kemampuan dan kesiapan.

Keempat, content marketing. Semakin banyak konten yang bisa kita kuasai, kita akan semakin dilirik orang lain.

Kelima, sell yourself, "jual dirimu", perkenalkan siapa dirimu, jual kemampuanmu, tunjukkan kebisaanmu.

Keenam, personal development, jangan berhenti membangun diri.
It's not enough to be yourself, but please BUILD yourself.
Ketujuh, networking. Cari networking yang sesuai dengan passion kita.

Kedelapan, responsibility, tanggung jawab terhadap apa yang kita katakan, yang kita tuliskan dan apa yang sudah dipercayakan kepada kita.

Kesembilan, keep your spirit up! semangat terus!

Acara makin santai dan kekeluargaan dipandu Mb Naqi

Btw, bicara passion, saya termasuk yang masih suka bingung passion saya itu apa. Makanya sekarang pelan-pelan mencoba mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Dan berusaha sangat keras, supaya Rania gak merasakan apa yang saya rasakan, hehe. Saya ingin Rania mengenali dirinya dengan lebih baik dan sudah tau apa yang menjadi passionnya sejak kecil, lalu menekuni passion tersebut.


Tips menulis blog ala Bang Indra:
  • 5W1H
  • Tulis apa yang menarik atau malah apa yang membuat kita jengkel. Tidak perlu memikirkan soal informasinya harus lengkap. Orang akan lebih memilih mencari informasi lengkap di website resminya. Maka sebagai seorang travel blogger seperti Bang Indra, ceritakan aja apa yang kita dapatkan. Buat sudut pandang sendiri, misal jalan-jalan ke Nusa Penida, tulis tentang tips ngetrip murah ke Nusa Penida.
  • Ngedraft dimana pun kapan pun. Dalam satu hari, harus ada yang kita bahas di pikiran kita kemudian kita tuliskan.
Umi Neny lagi serius banget makan somay memperhatikan materi

Tips membangun networking ala Bang Indra:
  • Perkenalkan diri kita, termasuk juga mem-branding diri
  • Jangan batasi pergaulan, bergaul seluas-luasnya tapi yang positif
  • Perbanyak komunikasi. Posisi juga menentukan prestasi. Duduk di dekat orang penting lalu ngobrol itu perlu
  • Tukar kartu nama
  • Sejauh manapun kita pergi, jangan lupakan budaya kita. Pakai sesuatu yang mencerminkan budaya lokal Indonesia, sehingga mudah diingat orang lain ketika bepergian ke luar negeri
  • Bersungguh-sungguh menjaga kepercayaan dan menjalankan tugas dengan baik
  • Multi talented. Tambah kebisaan kita. Dengan beberapa kebisaan itu, kita bisa membangun networking yang lebih luas.
  • Quotes dari almarhumah Mama yang masih Bang Indra ingat, "Kamu gak harus pintar sekali, yang penting kamu punya bakat. Karena dimanapun kamu hidup nanti, dengan bakat itulah kamu bertahan."
Masuk materi selanjutnya tentang Public Speaking

Public speaking adalah seni berbicara agar orang paham maksud kita. Lupakan batasan fisik, mitos dan rasa takut.  "Kalau masih punya rasa nervous, berbahagialah, itu artinya kita manusia." Begitu kata Bang Indra. Rasa nervous itu wajar dan tidak bisa dihilangkan, tapi bisa diminimalisir. Fokus pada apa yang ingin disampaikan dan siapa audience kita.

Ini nih kunci kemilau Bang Indra di panggung, yaitu SMIZE. Alias smile with eyes. Jadi mata ikut bicara itu penting untuk menunjukkan ekspresi kita. Kalau mulut tersenyum, tapi mata datar kan kelihatan gak tulusnya ya, hahaha.

Tips public speaking ala Bang Indra:
  • Biar gak belepotan saat bicara? Banyak membaca. Tidak mungkin pandai bicara, jika tidak pernah membaca. Banyak baca buku, utamanya buku sastra, karena susunan kata-katanya ajaib.
  • Blank? Nge-blank terjadi karena tidak ada persiapan matang. Trik mengatasinya: coba ulang apa yang kita sampaikan sebelumnya
  • Saat gugup, urai nervousnya, jangan taruh di satu titik. Saat kita berbicara di depan, orang hanya akan melihat dari bagian pinggang ke atas. Maka urai nervous itu ke bawah, di kaki. Gerakkan kaki atau ubah posisi duduk. Body language merupakan bagian dari upaya mengurai kegugupan
  • Selalu lakukan evaluasi, apa kurangnya saya hari ini, untuk terus memperbaiki diri ke depan
  • Cari dukungan dan dapatkan kepercayaan dari orang terdekat, orang tua/suami/istri, agar lebih tenang saat bekerja

Gimana rangkuman mamak? Panjang yaa, hahaha. Paling mantep sebenarnya dateng langsung. Soalnya kemarin Bang Indra juga cerita soal jatuh bangunnya memulai karir, wiih. Sebagai MC, Bang Indra malah pernah dilempar botol karena garing. *duh perih ya* Tapi gara-gara hal itu, Bang Indra gak berhenti mengevaluasi diri untuk jadi lebih baik lagi. Bang Indra saat ini masih punya keinginan untuk diwujudkan yaitu, menjadi perpanjangan tangan Indonesia di luar negeri. Waahh, kita aamiin-kan dulu pemirsa..


Sesi ketiga, pembagian hadiah dari sponsorship

Ini nih beberapa penanya yang mendapatkan hadiah kece dari Aura Publishing. Juga momen saat penyerahan souvenir dari sponsorship (ACT Lampung, Thasya Busana dan Aura Publishing) kepada Bang Indra.



Alhamdulillah nama mamak nyangkut juga sebagai salah satu pemenang lomba foto dan caption IG. Dapet kaos kece dari ACT Lampung. Jazakumullah khoir, terima kasih banyak.


Sampai jumpa di gathering selanjutnya.









 

2 comments:

  1. Wah.. Ulasan yg bagus, mas indra jd famous actor in this month.. Wkwwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mb, jadi bahasan di banyak blog, xixixi

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi