Tuesday, September 12, 2017

Flash Blogging Lampung

Dalam rangka ulang tahunnya yang pertama, Tapis Blogger mengadakan acara yang bekerja sama dengan Dinas Kominfo Lampung khusunya Ditjen  Informasi dan Komunikasi Publik. Kegiatan yang dinamakan Flash Blogging ini diisi dengan materi mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam Penurunan Prevelansi Stunting dan Optimalisasi Bloging. Acara ini berlangsung di Hotel Novotel, Selasa, 12 September 2017.

Materi pertama diisi oleh dr. Marina Darayanti sebagai perwakilan dari Kementerian Kesehatan. Dokter Marina menjelaskan mengenai pentingnya pemenuhan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan untuk mencegah terjadinya stunting.


Stunting adalah suatu keadaan dimana anak-anak atau orang dewasa memiliki tinggi badan di bawah rata-rata umur seusianya. Tidak hanya badan yang pendek, stunting juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang, menurunkan fungsi motorik dan mengganggu imunitas tubuh.

Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak bayi berada dalam kandungan. Calon ibu harus rajin mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang mengandung banyak zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel otak dan tubuh bayi. 


Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat pada saat ini masih tergolong rendah. Banyak yang menganggap bahwa makanan bergizi adalah makanan yang mahal. Padahal banyak pula alternatif makanan sehat yang harganya terjangkau. Dokter Marina menekankan kepada peserta baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum berkeluarga untuk memprioritaskan makanan sehat keluarga.

Pertanyaan yang diajukan peserta dijawab dengan lugas oleh dr. Marina. Kebanyakan membahas soal ASI, MPASI, dan fenomena stunting yang ditemukan di masyarakat.

Materi kedua diisi oleh Mira Sahid, salah satu pendiri Komunitas Emak Blogger.


Mira Sahid yang memiliki passion dalam bidanh menukis dan yoga ini membahas tentang optimalisasi blogging sebagai salah satu media yang dapat menghasilkan pendapatan. Selain itu, Mira juga menekankan mengenai pentingnya bijak dalam bermedia sosial.

Selain bisa menyalurkan hobi, blog juga dapat dioptimalkan dengan dengan tampilan dan konten yang baik, sehingga tulisan kita dapat bermanfaat dan dibaca oleh banyak orang. Hal tersebut bukan tidak mungkin kemudian menjadi penghasilan tersendiri bagi seorang blogger.

Blog sudah seharusnya diisi oleh konten positif. Bukan hoax yang saat ini banyak beredar. Setiap blogger harus bijak menggunakan media sosial. Karena apa yang kita tulis selamanya tersimpan di dalam server, meskipun telah dihapus.

Hal ini sejalan dengan himbauan Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai himbauan penggunaan media sosial. Penyalahgunaan hal tersebut dapat diancam dengan Undang-Undang ITE.

Di akhir materinya, peserta banyak bertanya mengenai perjalanan blog dan optimalisasi blog.

Dari acara hari ini saya mendapatkan banyak informasi mengenai pentingnya pemenuhan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan anak dan wajibnya pengguna media sosial memanfaatkan sarana yang hal-hal yang positif.

Menjadi pengguna media sosial yang bijak adalah suatu kewajiban. Jangan pernah terpikir untuk mengambil keuntungan dari berita-berita hoax. Menulis yang bermanfaat, maka manfaat baik itu akan kembali pada diri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi