Friday, July 28, 2017

Nice Homework 9 : Bunda Sebagai Agen Perubahan

Sampailah di materi terakhir kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional yang bertemakan Bunda Sebagai Agen Perubahan. Sejujurnya, setelah 9 materi dan 9 NHW saya kerjakan, saya sama sekali belum merasa pantas menyebut diri sebagai ibu profesional. Saya bahkan masih di level terseok-seok mempertahankan konsistensi dari program dan jadwal yang sudah saya buat di NHW-NHW sebelumnya. Namun, semoga episode ikhtiar ini menjadi proses pembelajaran bagi diri saya dan keluarga serta bernilai pahala di sisi Allah.

Dimulai dari NHW #1 dimana saya diminta untuk menentukan jurusan yang ingin saya tekuni di universitas kehidupan.

Nice Homework #1: Menjadi Ibu Cekatan

Masuk ke NHW #2 saat saya diminta untuk menuliskan indikator profesionalisme sebagai seorang individu, istri dan juga ibu.

Nice Homework #2: Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan



Berlanjut ke NHW #3 yang paling berkesan. Bagaimana tidak? Saya harus menuliskan surat cinta untuk suami. Merasakan jatuh cinta kembali dan mengingat mengapa dulu mantap memilihnya menjadi imam. Tidak hanya itu, saya pun diminta untuk menuliskan potensi pribadi dan kekuatan yang dimiliki oleh anak.

Nice Homework #3: Membangun Peradaban dari dalam Rumah

Lalu menuliskan NHW #4 dimana saya harus membaca kehendak Allah dan misi spesifik yang telah ditentukannya. Saat itulah, saya memilih bidang parenting dan literasi untuk peran kehidupan selanjutnya.

Nice Homework #4: Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

NHW #5 adalah NHW yang paling menguras energi bagi saya. There was no clue, peserta dibebaskan membuat desain pembelajaran. Tapi entah kenapa saya kok malah pusing :'D

Nice Homework #5: Belajar Bagaimana Caranya Belajar (Learning How to Learn)

Pada NHW #6, saya menuliskan 3 aktivitas paling penting dan 3 aktivitas paling tidak penting yang seringkali menghabiskan waktu. Ketika itu pula saya menyusun jadwal harian yang hingga hari ini belum seideal seperti yang dituliskan.

Nice Homework #6: Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Lanjut NHW #7 yang materinya paling menyentuh menurut saya. Disitu, saya diminta untuk kembali menemukan spesifikasi dengan menuliskan kuadran aktivitas suka bisa, suka tidak bisa, tidak suka bisa dan tidak suka tidak bisa.

Nice Homework #7 : Tahapan Menuju Bunda Produktif

Kemudian di NHW #8, saya diminta untuk lebih menggali dan menerapkan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Serta membuat rencana pencapai satu, lima dan sepuluh tahun.

Nice Homework #8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Masuklah kini di NHW #9, dimana saya sebagai peserta matrikulasi dengan passion di bidang parenting dan literasi, diminta untuk mulai melihat isu sosial yang terjadi di sekitar saya dan membuat solusi terbaik untuk keluarga dan masyarakat.

Rumus yang digunakan:

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Pengisian bagan berikut akan saya deskripsikan di bawah:


Ketertarikan:
Parenting dan Literasi

Soft Skill dan Hard Skill:
Membaca
Menulis
Mengkomunikasi dengan bahasa sederhana
Mendidik
Pendengar
Motivasi besar untuk belajar hal-hal terkait parenting, kerumahtanggaan dan kepenulisan

Isu Sosial:
Banyak anak-anak di zaman ini yang tidak terbiasa dengan pekerjaan rumah. Padahal kemandirian mengerjakan banyak hal di rumah merupakan life skill yang sangat berguna di masa depan.
Banyak wanita usia matang bahkan yang sudah menikah bangga dengan ke-tidak bisa-annya mengurus rumah tangga. Bahkan tidak berminat untuk belajar dan mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain karena tidak dianggap bergengsi.
Kurang tertariknya para orang tua untuk belajar mengenai ilmu parenting karena dianggap terlalu teoritis.

Masyarakat:
Anak-anak
Orang dewasa baik laki-laki dan perempuan
Para calon orang tua
Orang tua
Pengasuh anak

Ide Sosial:
Mendidik anak sebaik mungkin
Mensosialisasikan ilmu parenting yang sudah diketahui melalui komunikasi langsung, diskusi dan tulisan
Menulis dan mengembangkan blog yang berisi tentang parenting dan life hacks
Membuat "lembaga persiapan menikah" yang mempelajati tentang ilmu-ilmu kerumahtanggaan seperti memasak, cara efektif membersihkan rumah, tata ruang, berkebun, mengurus bayi, panduan gizi keluarga, ilmu parenting, life hacks dan lain-lain yang berguna bagi praktek kehidupan rumah tangga sehari-hari.




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi