Sunday, September 30, 2018

Memotret Dieng dalam Kenangan Momen Terbaik 2018



"Waktu kecil dulu, ibu sama bapak gak selalu bisa nemenin Mas dan Bayu jalan-jalan. Setiap tiba waktu liburan, kita berdua biasanya nginep di rumah Bu Sri, adik ibu. Besoknya diajak jalan, paling sering ke pantai. Berangkat pagi-pagi banget supaya pas sampe sana udaranya masih segar. Bu Sri kan guru, ada waktu liburnya. Kalo bapak sama ibu harus tetep jaga toko." Hening menyelimuti pembicaraan kami malam itu. Bukan sekali dua Mas Agung bernostalgia tentang masa kecilnya. Dan saya dengan senang hati menyediakan telinga untuk mendengar kisahnya.

"Pokoknya dulu tuh seneng banget kalo ibu dan bapak bisa meluangkan waktu untuk liburan."
Kulihat pandangannya semakin jauh.
"Kenapa Yah?"
"Hehe gapapa. Mas cuma keinget perjuangan ibu dan bapak dulu. Sekarang ini rasanya pengeen banget, ngajak ibu sama bapak jalan-jalan, kemanaa gitu. Ke tempat yang belum pernah bapak sama ibu kunjungi, yang kira-kira bakal bikin seneng. Apalagi sekarang udah ada Rania kan, pasti tambah seneng deh. Kapan-kapan ya, Nda..”

Ajakan itu tentu saja ku-iya-kan. Meski belum tahu kapan akan terlaksana. Seperti luluh hati ini melihat suami yang berwajah sangar namun berhati mawar. Uhuk.

*** 

Waktu berlalu sejak pembicaraan hari itu. Nyatanya, justru ibu yang berinisiatif lebih dulu untuk mengajak jalan-jalan keluarga. Kebetulan kami berdua sedang pulang kampung, Dik Bayu libur kuliah, bapak dan ibu juga memutuskan libur jaga toko. Tujuan kami adalah kawasan wisata di Dataran Tinggi Dieng. Sekitar lima jam perjalanan dari Jogjakarta. Sejak menjadi bagian dari keluarga besar di tahun 2014, ini adalah kali pertama saya bepergian jauh bersama ibu dan bapak.

Foto pernikahan kami di tahun 2014.

Sepanjang perjalanan, kami sekeluarga sibuk bercengkerama. Ehm, mungkin lebih tepatnya makan cemilan, sambil mengobrol, hihi. Saya duduk di kursi paling belakang bersama Rania yang tak henti berceloteh. Sebenarnya hari itu saya masih memiliki deadline tulisan yang belum diselesaikan. Jadi, sambil sesekali menanggapi, saya curi-curi waktu untuk mengetik. Target saya, tulisan harus selesai sebelum sampai Dieng, supaya bisa berlibur dengan tenang.

Jelang sholat jum’at kami sekeluarga sampai di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Miniatur surga dunia yang terkenal dengan sebutan Negeri Di Atas Awan. Tak heran kawasan ini disebut sebagai "tempat bersemayam para dewa". Pemandangan indah berselimut kabut, ditambah hamparan pertanian yang subur dan legenda kutukan si rambut gimbal.


Segera sebelum naik ke atas, saya menekan tombol send. Alhamdulillah, tulisan sudah terkirim. Tujuan pertama kami adalah kawasan yang paling mudah dijangkau, yaitu Kawah Sikidang. Di tempat ini, kami disuguhi pemandangan lumpur panas meletup-letup dan asap putih pekat mengepul di udara. Sungguh background yang instagramable bukan? Banyak spot menarik yang bisa diabadikan. Siang itu udara sangat sejuk, namun matahari bersinar tak kalah terik. Berkali-kali saya mencari tempat yang bebas dari backlight untuk mendapatkan hasil foto yang optimal. Di tempat ini saya juga melihat bermacam-macam hasil bumi yang sebagian besar diantaranya merupakan tanaman khas Dieng, seperti carica, purwaceng atau ginseng jawa dan juga kentang merah, bahkan kentang ungu! Waw.



Puas mengeksplorasi Kawah Sikidang, kami berpindah tempat ke Telaga Warna. Hawa mistis sekaligus romantis sangat terasa begitu memasuki tempat ini. Air telaga yang tenang makin sempurna dengan guratan kabut pekat dan pepohonan rindang. Iya, saat itu kami memang salah memilih waktu. Pemandangan terbaik Telaga Warna seringkali terlihat di pagi atau siang hari. Saat telaga disinari terik panas matahari, dan airnya yang mengandung sulfur, bisa berubah warna menjadi hijau, kuning atau bahkan warna pelangi. Namun sungguh, itu sama sekali tidak mengurangi rasa takjub saya yang tak berhenti mengucap "Maasyaa Allah" saat mengagumi kecantikan Telaga Warna.



Pikiran saya otomatis sibuk mengatur angle foto. Namun sore itu, pengunjung masih sangat ramai dan kami harus mengantri untuk mendapatkan spot terbaik. Saya dan bapak akhirnya memutuskan untuk berjalan-jalan di tepi telaga terlebih dahulu. Mata saya menangkap objek cantik berupa aneka macam bunga di tempat ini. Decak kagum saya tak berhenti memandang berbagai warna-warni ciptaan Allah yang tumbuh disana, sambil terus mengambil foto dari berbagai posisi. Tiba-tiba, "Nda! Kosong Nda!" Suara suami dari kejauhan memanggil. Ohh, alhamdulillah, saya lekas berlari menghampiri suami dan mulai mengatur posisi. Tiba giliran kami untuk berfoto di tepian kayu Telaga Warna.


"Udah belum?"
"Bentar.."
"Lama amat."

Saya kadung tidak enak dengan pengunjung lain yang hyaampun tetiba banyak lagi yang berdatangan antri untuk foto.

"Hang nih.. gak bisa moto."

Arghh, saya memutuskan mundur dan menyilahkan pengunjung lain untuk foto lebih dulu.

"Kenapa Yah?"
"Memori hape Adek penuh nih.. Pasti foto yang kemarin-kemarin belum dipindahin deh.."

Hmmh, saya tersenyum miris karena sadar betul selama ini sering merepotkan suami perihal memindahkan file hape ke laptop. Ndilalah kok yaaa, pas lagi momen keluarga di tempat begini memorinya malah penuh. Memang harus rajin back up sendiri sih, huhuhu. Gerutu saya dalam hati.

Males antri lagi, akhirnya kami foto disini aja dulu.

Kunjungan ke Telaga Warna kami sudahi saat rintik-rintik hujan mulai turun. Sore itu langit memang terlihat mendung. Sebenarnya, saya masih sangat ingin berkunjung ke tempat wisata yang lain di sekitar situ, terutama Candi Dieng. Sejak dulu, saya memang hampir selalu tertarik dengan candi dan benda-benda purbakala. Namun, selain cuaca yang memang tidak memungkinkan, saya juga sebenarnya mulai kehilangan mood karena kejadian memori hape tadi.


Ditemani hujan yang semakin deras, perlahan kami turun dari kawasan Dataran Tinggi Dieng. Malam itu, kami menutup kebersamaan dengan semangkuk mie ongklok khas Dieng (ergh, suami dan adik saya nambah sampai dua mangkok sih). Sepanjang jalan Rania tidak berhenti membuat kami semua tertawa. Padahal malam semakin larut. Mungkin Rania tidak ingin kehilangan sedikitpun momen dengan tidur sebelum benar-benar sampai rumah. Celotehnya sanggup menemani adik saya yang menyetir sekian jam sampai kami semua selamat kembali sampai di rumah. Alhamdulillah, liburan keluarga hari itu perlahan mulai mencairkan suasana diantara kami. Sebuah perjalanan memang bisa merekatkan hati orang-orang yang melaluinya bersama. Ahh, entah kapan lagi bisa kembali kesana sekeluarga. Pikiran saya melayang jauh, namun hati kecil saya lalu tersenyum. Kemanapun tujuan kami berikutnya, yang paling penting adalah pergi bersama mereka yang tersayang.
In life, it's not where you go. It's who you travel with.

Hape Impian untuk Merekam Kenangan Bersama yang Tersayang


Bahagia kami hari itu, menjadi momen yang penuh kenangan di tahun ini. Pulang kampung berikutnya, saya dan suami berencana gantian memilihkan tempat untuk kami kunjungi sekeluarga. Mungkin tidak perlu jauh, asal bisa membuat kami tertawa lepas satu sama lain. Sebuah tempat yang tidak perlu berjalan menanjak lagi, mengingat kesehatan ibu yang kini sudah lebih cepat lelah. Sebuah tempat yang akan jadi kenangan manis kami berikutnya.

Saat menentukan tempat itu, yang juga akan paling saya ingat adalah keharusan memiliki 'alat tempur' yang oke. Berupa smarttphone impian dengan performa yang jauuh lebih baik dari yang saya miliki saat ini. Iya, karena saya ingin menyimpan semua memori itu tidak hanya dalam bentuk kenangan, tetapi juga dalam gambar atau video yang bisa kembali saya ceritakan.



Dari perjalanan ke Dieng, saya mengambil banyak pelajaran sebagai bahan pertimbangan untuk memilih hape impian. Yang pasti, kamera harus bagus dengan kapasitas memori yang cukup besar. Tidak lemot, desain kece dan harga affordable (baca versi IRT irit: murah). Naluri ke-emak-emak-an saya tertuju pada hape Huawei Nova 3i yang ternyata bahkan memiliki spesifikasi lebih dari yang saya inginkan. Apa saja?

* Desain stylish dan mudah digenggam. Coba jawab, kita para wanita ini seringkali milih tampilan paling kece dulu atau spesifikasi paling oke? Kalau saya sih, jujur aja, pilih warna yang paling cute dulu baru belakangan nanya Spek-nya apa? hahaha. Huawei Nova 3i memiliki gradasi biru dan ungu yang super cantik. Mevvah saat pertama kali melihat. Enak dipandang dan bikin nyaman, tipikal wanita hape idaman banget kan?


* Huawei Nova 3i punya empat buah sensor kamera, dual kamera di bagian depan dan dual kamera di bagian belakang. Keempat kamera ini bisa menghasilkan efek bokeh tanpa harus edit snapseed, hehe. Kamera utama dibekali sensor 16 MP + 2 MP. Kamera depan bahkan memiliki sensor yang lebih besar, yaitu 24 MP + 2 MP, hingga membuat Huawei Nova 3i masuk dalam kategori selfie camera. Ugh, could i repeat selfie in Kawah Sikidang? Keunggulan ini ditambah lagi dengan adanya fitur Artificial Intelligence (AI) yang bisa secara otomatis menentukan mode terbaik saat kita akan memfoto sebuah objek. Juga High Dynamic Range (HDR) yang mampu menghasilkan gambar tetap optimal meski minim cahaya. Sungguh cocok bagi penyuka foto instan bagus layak upload dalam sekali jepret seperti saya.

* Kapasitas 128 GB! Paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini. This is what i really love! Sudahlah jangan sampai kejadian mundur foto di Telaga Warna itu terulang kembali *cry*

* Dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB, sistem operasi android 8.1.0 Oreo terbaru dan prosesor Kirin 710. Yang saya tau, dengan kelengkapan seperti ini, Huawei Nova 3i memiliki performa yang baik, tidak lemot. Sangat tepat bagi freelancer yang harus mobile menyelesaikan pekerjaan disana-sini. Masih kurang? Hape impian ini juga dilengkapi dengan GPU Turbo untuk para pecinta gamers. Wah, Mas Agung nih yang hobi main football football apalah itu di hapenya. Pamer performa ahh, hihihi.


* Slot dual SIM yang keduanya berada di jaringan standby 4G. Sungguh surga bagi pecinta bonus kuota seperti saya yang SIM satunya suka diganti-ganti supaya paket data tetap ngebul.

* Layar lebar berukuran 6,3" dengan FullView display dilengkapi juga dengan fitur eye comfort. Saya optimis fitur ini akan mengurangi kejerengan mata saya saat harus mengetik blog dimana-mana lewat hape seperti saat dalam perjalanan menuju Dieng.


* Terdapat fitur Qmoji dan AR Stiker yang bisa membuat mimik wajah, gerakan dan suara-suara lucu penghibur bosan di perjalanan.

* Paling MURAH di kelasnya. Ya Allah.. MERDEKA dan MELEGAKAN banget gak sih begitu tahu informasi yang terakhir ini? hihihi.

Dengan sebegitu banyak kekecean yang sudah saya sebutkan di atas. Disempurnakan lagi dengan harga yang ramah di kantong, membuat saya FIXED memilih Huawei Nova 3i sebagai hape impian di tahun 2018. Sekaligus 'alat tempur' wajib yang akan saya bawa kemana-mana kelak saat merekam kenangan bersama mereka yang tersayang.




"Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway blog-nya Jiwo."



26 comments:

  1. Aaakkkk dieeenggg. Dari dlu gitu aku pgn bgd ke dieng. Tp blm2 keturutan. Doain aku bisa ke sini ya mbk. Btw itu hpnya kece euy, storagenya gede gitu, asyik bgd

    ReplyDelete
  2. Aaakkkk dieeenggg. Dari dlu gitu aku pgn bgd ke dieng. Tp blm2 keturutan. Doain aku bisa ke sini ya mbk. Btw itu hpnya kece euy, storagenya gede gitu, asyik bgd

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Dieng,padahal tahun kemarin ke Wonosobo tapi nggak sempat mampir ke sana, bagus banget ya telaganya, cocok untuk ditangkap moment-nya sama kamera hp kece kayak huawei Nova 3i

    ReplyDelete
  4. Cantik banget pemandangannya ��
    Tapi biar.momennya selalu terkenang, kudu didokumentasikan ya mbak. So, kameranya emang harus yang OK kayak punya Huawei ini.

    ReplyDelete
  5. Aku berapa bulan lalu liburan kedieng ya ampun dingin banget lupakan mba, bau belerang sangat menyengat dibawah taoi saat kita ke dataran tinggi nggak terlalu menyengat

    ReplyDelete
  6. yaaah sebel deh pas udah dapat posisi oke buat foto eh hapenya lemot atau full memory. Kudu balik ke Dieng lagi nih

    ReplyDelete
  7. Indah banget pemandangannya, Mba. Berfoto di tempat keren seperti ini memang butuh kamera hp yang mumpuni yaa, Mba. Semoga Mba bisa berjodoh dengan hapenya, amiiin

    ReplyDelete
  8. Huawei ini bener2 bikin mupeng, storage nyaa ampunnn 128 GB itu luas bangeeet.

    Btw, aku udah kelima kali ke Dieng, minggu kemarin mampir kesana lagi karena teman-teman minta diantar. Gpp sih suami abis 2 mangkok karena kecil kan porsinya

    ReplyDelete
  9. Dieng...selalu ngangenin...hehe..Oya semoga berjodoh dgn HP ini y mba...

    ReplyDelete
  10. Duh tempat liburannya bikin aku iri berat karena udah lama gak ke tempat wisata yang dekat dengan alam seperti itu.

    ReplyDelete
  11. Huhuu belum keturutan bawa anak anak ke dia padahal udah lama banget Kepengin nya :(
    HP-nya itu emang asik banget buat dibawa traveling mbak, tahan banting dengan storage yang gede. Semoga sukses ya..

    ReplyDelete
  12. Aku ke Dieng tp ke gunungnya. Ini udah lama juga dan jadi kangen. Yg jelas kudu ada tukang poto yg mengikuti biar bisa nangkap byk kenangan

    ReplyDelete
  13. Saya udah lama tahu tentang keindahan Dieng. Tapi belum punya kesempatan untuk pergi ke sana. Semoga suatu saat nanti, bisa lihat keindahannya secara langsung aamiin...

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah ke Dieng. Tapi penasaran banget karena tempatnya cantik banget ya mba. Semoga bisa ke sana sambil bawa hape yang kece :)

    ReplyDelete
  15. Pernah ke Dieng, tapi jaman aku masih kecil duluuu banget.
    Sekarang makin modern pastinya yaa...

    Dan kenangan yang terabadikan di ponsel untuk saat ini adalah terbaik.
    Abis itu, bisa dicetak...agar tak terlupa.

    ReplyDelete
  16. Sayang ya karena hujan perjalannya jadi terhenti. Jadi, sebenanrnya Dieng itu bisa kita habiskan dalam sehari saja? Maksudnya berkunjung ke beberapa titik wisata. Aku belum pernah ke sana soalnya.

    ReplyDelete
  17. Cantiknyaaa Dieng! AKu juga pengen ke sana mbaaaa.. dan sekarang semua bisa dengan mudah kita foto di ho ya mba.

    ReplyDelete
  18. Arrgghh, emang sebel banget pastinya ya Mbak, klo pas moment foto eehh tetiba HP hang atau memori full krna lupa backup ke laptop atau external, hikss.. Moment kan gak bisa diulang lagi kan yaah, fufufuh.
    Saya jg nih butuh hp yg storagenya besar jg, secara semua kan dikerjakan dari HP. Si Kakak jg pake hp ini buat nonton video anak2 dan nursery songnya. Rata2 udh di offline kan, biar paket data Mamak awet, hihih

    ReplyDelete
  19. Aku pernah ke kawah sikidang juga mbak, waktu itu malah sempat naik flying foxnya karena malas jalan supaya cepat sampai ke bawah :)

    ReplyDelete
  20. Aku ke Dieng tahun 98-an hua lama banget ga ke sana lagi

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah ke Dieng. Entah kapan bisanya. Semoga sebelum ajal nih ya.

    ReplyDelete
  22. Saya sejak nikah dijanjiin ke Dieng sama suami, dan belum kesampaian, hiks.. Betewe, ibu dan bapak mertuanya seneng jalan dan silaturrahim yaa.. semoga beliau sehat selalu, aamiin..

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat memori Hp yang juga perlu dikosongkan lagi.
    Beberapa hari lalu sudah mulai sih mengurangi "beban" memori HP dan terhenti lagi karena ada pekerjaan prioritas lain yang sudah memnanti.

    Yang paling banyak menyita adalah video yang belum kunjung aku edit.
    Sebaiknya memang ghrus segera dimulai...

    ReplyDelete
  24. wuahh lumayan jugua speksifikasi hape huawei ini , warnanya juga bagus itu biru metalik ya

    ReplyDelete
  25. Saya tuh fokusnya ke .... koq bisa ya menyelesaikan deadline dalam suasana lagi mau liburan, Mbak? Kalo saya duhh .... kayaknya bakal terlewat deadline-nya hihihi

    Memang sih ya kita makin lama butuh HP yang mumpuni apalagi untuk urusan memori.

    ReplyDelete
  26. Dieng memang bagus banget Mbak. Kawah Sikidang punya magnet tersendiri ya. Aku setuju kalau gawai dengan kapasitas memory besar penting buat kita:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi