Tuesday, September 11, 2018

Review Jujur Baju Renang Muslimah Nuna Hijab Swimwear

baju renang muslimah nuna hijab swimwear

Alhamdulillah sampai di bulan September. Bentar lagi saya masuk usia 28 nih, wow! Keriput di bawah mata udah mulai keliatan. Krim anti aging to the rescue, hahaha. Di akhir tahun 2018 ini rencananya kami mau kasih adik buat Rania, xixixi. Mohon do'anya yaaa netijen ❤

Sebelum merencanakan kehamilan anak kedua, ada dua hal yang pengennn banget saya wujudkan. Yang pertama, bisa nyetir. Yang kedua, bisa berenang :D

Keinginan untuk bisa nyetir dan punya SIM A alhamdulillah sudah terlaksana di bulan Juli kemarin. Tinggal keinginan kedua, yaitu bisa berenang. Sejak bulan Agustus saya sudah mulai cari-cari guru renang perempuan. Tapi entahlah adaa aja lupanya. Sampai suatu hari Rania bilang, "Bunda, Rania pengen punya adek bayi sekarang. Kok lama banget lahirnyaaa." Wqwqwq, brb saya langsung kejer target. "Tunggu ya Nak, Bunda belajar renang dulu baru kita punya adek." XD

Selain mencari guru renang perempuan, hal lain yang juga saya pikirkan adalah soal baju renang. Saya belum pernah punya baju renang sih dan selama ini cuma pakai celana panjang biasa, kaos dan jilbab. Bisa dibilang 'kostum berat' ya karena peruntukannya memang bukan untuk berenang, hihihi. Tapi saya cuek aja, lha wong selama ini andalan saya cuma meluncur dan gaya bebas modifikasi ala-ala. Yang penting gerak dan bisa pindah tempat, wqwq.

Baca : Asyiknya Berenang di Global Surya Swimming Pool Bandar Lampung

Saat memutuskan serius les renang, mau gak mau saya harus cari baju renang. Selain ringan, baju renang beneran juga akan membuat pergerakan kita lebih nyaman. So, mulailah saya hunting baju renang muslimah di instagram dan beberapa market place. Lalu akhirnya bertemu dengan akun Nuna Hijab Swimwear ini.

baju renang syar'i
Akun @nunahijabswimwear di instagram

Yang membuat saya tertarik dengan baju renang dari Nuna Hijab Swimwear ini adalah karena penampakan baju yang sesuai dengan kriteria saya, yaitu longgar, tidak ketat. Bahan baju terlihat berbeda dari baju renang pada umumnya. Plus semua jilbabnya menutup dada. Langsung deh kepo-kepo akun instagramnya dan baru 'ngeh' ternyata mereka punya dua model baju renang yang berbeda, yaitu RDAB (Renang Dewasa Atas Bawah) dan RDDB (Renang Dewasa DoBel). Berikut saya jembrengin perbedaan dan persamaannya yaa untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Perbedaan baju renang RDAB dan RDDB:

RDAB 
~ Model atas bawah terpisah. Satu set terdiri dari jilbab, baju dengan karet di pinggang dan celana
~ Pergelangan tangan ADA karet, pergelangan kaki TANPA karet
~ Harga Rp 175.000 - Rp 180.000 

review baju renang muslimah syar'i
Baju renang muslimah model RDAB

RDDB
~ Model celana terusan/jumpsuit. Satu set terdiri dari jilbab, baju dan jumpsuit
~ Pergelangan tangan dan kaki ADA karet
~ Harga Rp 185.000 - Rp 190.000

Baju renang muslimah model RDDB

Persamaan baju renang RDAB dan RDDB:

Bahan parasit gezzbo dengan keunggulan ringan, cepat kering dan tidak menyerap air
~ Pilihan size S-XXXXL
~ Busui friendly, terdapat sleting di bagian depan baju dan jumpsuit 
~ Jilbab menutup dada dan ada karet pengait untuk dimasukkan ke pergelangan tangan. Jadi gak perlu khawatir jilbab tersingkap saat berenang.

Setelah menimbang-nimbang cukup lama, pilihan saya akhirnya jatuh pada model RDDB. Simply karena saya pengen gerak bebas tanpa khawatir baju tersingkap. Selanjutnya saya survey harga ke beberapa market place. Saat cek toko sebelah, harga baju renang serupa ada yang sampe 300-an, huhu, akhirnya saya balik lagi ke toko online punya Nuna sendiri di Shopee dan berlanjut chat untuk info ketersediaan stok, warna dan ukuran.

Awal-awal chat sempet agak bete karena mbak admin jawabnya singkat banget, hahaha. Saya kaget juga pas disaranin pake ukuran XL. Hah? Apa gak gombor-gombor banget tuh? Maklum yak, masalah timbangan ini kan persoalan sensitip bagi para wanita, wqwq. Mungkin saat itu lagi rame orderan, jadi mbaknya lelah, hihi. Dengan tinggi badan 157 cm dan berat badan 47 kg, awalnya saya galau memilih ukuran M atau L. Tapi akhirnya pilihan jatuh pada model RDDB ukuran M dengan warna perpaduan merah dan hitam.

Detail baju renang muslimah model RDDB

Beberapa hari setelah itu, paket baju renang dataang, yeay! Packingnya rapih, laff. Begitu saya buka, ternyata warnanya biru donker, bukan hitam. Hmm, mbak admin kurang akurat saat ngasih informasi. Tapi ga masalah sih, tetep bagus, hehehe. Warna merahnya  juga  walaupun terang, tapi gak yang nyolok mata banget, cakep lah. Jadi deh baju renang RDDB ini saya pakai saat perdana les renang minggu kemarin. Akhirnya yaaaa jadi juga #2018BelajarRenang xixixi. Selama dua hari berturut-turut, saya merasa nyaman, walaupun tetap ada beberapa kekurangan.

Plus plus nya baju renang RDDB:

~ Bahannya enakeuunn. Semua baju renang di Nuna Hijab Swimwear dibuat dari bahan parasit gezzbo dan didesain longgar, gak ketat sama sekali. Sekilas persis seperti baju training untuk olahraga, tapi yang ini jauh lebih ringan. Jadi tetap pede meskipun pake celana panjang karena gak nyeplak bentuk tubuh. 
~ Setelah berenang dan kita mau kembali ke atas, namanya baju dalam posisi basah, ya pasti jadi nyeplak dan nempel badan. Tapi jangan khawatir karena bahan baju ini cepet kering. Tips nya, saya duduk dulu di pinggir kolam renang. Kibas-kibas jilbab dan baju sebentar, baru deh naik ngambil cemilan di pondokan, hahaha *laper* Dibanding baju renang lain, ngetatnya RDDB ini sangat bisa diminimalisir ya gaes. 
~ Dengan model jumpsuit, mau bergerak ky apa juga gak khawatir pinggul terbuka.
~ Bisa dipakai dua hari berturut-turut karena bahan cepat kering, xixixi. Jadwal les renang saya itu hari Sabtu sore dan Minggu pagi. Jadi setelah pulang, langsung cuci, gantung dan dikeringin pake kipas angin. Besok paginya udah siap dipake lagi, hahaha.
~ Harga sangat terjangkau dibandingkan dengan baju renang muslimah lainnya.

baju renang muslimah
Baju renang model RDDB saat basah

 Minusnya baju renang RDDB:

~ Meskipun bahannya enak, tapi untuk perenang profesional, bahan seperti ini kelihatannya bakal agak mengganggu. Karena bahan yang longgar ini mirip seperti celana training. Jadi ada rasa 'keset' 'ketarik' gitu di bagian paha saat kita mau menggerakkan kaki. Gimana yak ngejelasinnya, hahaha. Gini deh, baju renang itu memang akan jauh lebih enak kalau bahannya terbuat dari semacam spandex atau malah cuma pake bikini doang. Jelas lebih ringan, lebih bebas bergerak dan gak perlu ada rasa 'ketarik' saat mau bergerak. Tapi pilihan balik lagi ke masing-masing pribadi ya. Karena saya bukan perenang profesional dan lebih suka yang nyaman dipakai saat kering maupun basah, jadi rasa 'ketarik' itu masih bisa saya maklumi. Gak parah-parah amat kok, masih sangat tolerable dan tetep nyaman.
~ Model RDDB ini membuat saya kelabakan saat mau pipis! XD Kalau berenang ngajak Rania, sudah bisa dipastikan akan menghabiskan waktu 3 sampe 4 jam. Selama itu, biasanya saya ke kamar kecil minimal satu kali untuk pipis. Nah, model RDDB ini hyaampuun, harus buka jilbab dulu, buka atasan, lanjut buka sleting jumpsuitnya, barulah bisa pipis dengan tenang, wqwq, riweuh.
~ Meskipun busui friendly karena ada sleting yang panjang di bagian jumpsuit, tapi untuk menyusui, kita tetep harus ngangkat baju bagian atas dulu. Which is agak ribet untuk menyusui anak yang belum bisa menyusu dengan posisi duduk.

Baca : Breastfeeding 911 : Sukses Menyusui dalam Berbagai Kondisi

~ Bentuk ciput jilbab renangnya bikin wajah saya jadi ceper banget, hahaha. Apa itu ngefek di muka saya aja yaaa, wqwq. Ya sapa tau kan someday Nuna ngeluarin seri jilbab renang dengan pet kokoh dan anti tembem gitu XD

Jilbab renang yang saya bilang bikin wajah makin ceper XD

Overall untuk kesan pertama, saya sih YES  dengan baju renang dari Nuna Hijab Swimwear ini. Bahagia karena produsennya Nuna memperhatikan banget kebutuhan muslimah akan pakaian syar'i saat berenang. Ditambah lagi, saat ini mereka juga memproduksi baju renang model gamis loh. Nah, cocok tuh buat temen-temen yang tetep pengen pake rok dalam suasana apapun, hehehe.

review baju renang muslimah syar'i
Baju renang model gamis (RDG)

Next saya mau order satu lagi yang model RDAB ahhh. Atas bawah gitu. Sepertinya lebih nyaman untuk pipis dan menyusui, xixixi. Kalo kamu suka yang mana gaes? RDDB, RDAB atau RDG? Apapun pilihannya, semoga kita bisa tetap nyaman berolahraga sunnah dengan menutup aurat yhaa ~



34 comments:

  1. Lho ih bisa buat busui juga? hihi wah bagus ya, meluncur dulu ah ke IGnya

    ReplyDelete
  2. baju renangnya menurutku okee banget lho mba..pas untuk mereka yang memang menggunakan hijab

    ReplyDelete
  3. Baju renangnya cakep, aku pun belum. bisa berenang Mbak, ya ampun jadi list impianku juga tuh, berenang. Soalnya anak anak juga mulai tuh belajar berenang, masa aku doanf yang gak bisa berenang

    ReplyDelete
  4. Suka sama yang model RDBB. Tapi, penasaran juga seperti apa ketariknya. Karena kalau berenang saya beneran berenang. Udah gak ada anak kecil yang diajak buat sekadar main air hihihi

    ReplyDelete
  5. Pas banget nih, lagi pengen beli baju renang dengan harga bersahabat, hihii

    ReplyDelete
  6. Baca: Bentar lagi saya masuk usia 28 nih, wow! Keriput di bawah mata udah mulai keliatan. Krim anti aging to the rescue

    Langsung JLEB!! Laaah gimana sayaaa, dulu usia 28 itu awal melahirkan anak pertama&berasa muda jaya xixixi.

    Btw suka sama model-model baju renangnya

    ReplyDelete
  7. Harganya emang murah banget ya mbak, tapi lihat modelnya koq kayak baju kegedean gitu.
    Dan 1 lagi...
    "Bentuk ciput jilbab renangnya bikin wajah saya jadi ceper banget" hahaha... Wajah ceper tuh kayak gimana mbak??

    ReplyDelete
  8. wah baju renangnya oke yah kaka, hargany juga lumayN yH kak.

    ReplyDelete
  9. mbak keren ih baju renangnya model gamis. aku cus ke tkp nih. hihihi. makasih ya infonya. Lagi nyari model kayak gini soalnya

    ReplyDelete
  10. Wahh, kerudungnya bagus yah, panjangan gitu..makasih mba infonyaa

    ReplyDelete
  11. Yang untuk ukuran anak SMP ada ngga ya?

    ReplyDelete
  12. Mbak, saya pun pengen bisa nyetir dan berenang, huhuhuh. Udah pernah kursus nyetir tp msh blm mahir, gegara pas permantapnya, mobil naik trotoar wal hasil gak dapat ijin PakSu buat bs nyetir lagi, wkwkwkk. Tp belakangan dia udah bilang gih belajar lagi. Rempong kali krna saya pengen dianterin sana sini mulu, wkwkwkk.
    Ehyaa, koq ngebet banget pengen berenang sih Mbak? Saya sih pengen tp segitu2 aja blm ke batas butuh, hihihih.
    Itu baju renangnya kece ya Mbak. Tp pake jumpsuit gitu jd ribet ya tapi bagus siih beda dari yg lain, keamanan aurat tetap terjaga. Harganya jg masuk akal banget, yg lain malah biasanya lbh mahal. Kapan2 pengen coba beli jg ah ��

    ReplyDelete
  13. Halo mba. Pas banget aku lagi nyari baju renang buat aku dan anak nih mba. Soalnya baju renangku udah kekecilan gitu dan kayaknya harus beli baru. Langsung meluncur

    ReplyDelete
  14. Wah ada baju renang model gamis juga yaa. Baru tauu. Penasaran juga. Pas dipake renang jadinya gimana, ribet ngga ya...

    ReplyDelete
  15. Wiiih...yang model jimpsuit itu kayanya enakeun bener yaaaa....harganya juga reasonable. Aduh masukin whislist aaahh

    ReplyDelete
  16. Waaaah.. saya punya baju renang muslimah juga, tapi bagian jilbabnya ngga ada tali pengait. Ada topi karetnya sih, supaya jilbabnya ngga kemana-mana. Cuma suka bikin sakit telinga. Amannya jilbab dimasukkan. Tapi tau sendiri ya, bahan baju renang kan press body gitu.

    Jadi pengen beli baju renang yang kayak gini deh..suka yang model RDAB warna coklatnya.

    ReplyDelete
  17. Sudah punya ini, tapi keberanian belajar berenangnya yang belum punya, huhuhuu. Padahal pingin banget berenang bareng anak2.

    ReplyDelete
  18. Sering liat iklannya.
    ternyata aslinya sama bagusnya dg iklannya
    keren

    ReplyDelete
  19. Wah udah ada baru renang syar’i sekarang jadi bebas berenang nih mba, baju renang nya bagus, warna nya juga ga norak

    ReplyDelete
  20. Aku juga lagi nyari baju renang nih mbak. Tp ku ga mau beli online, takut ga sesuai ekspektasi. Yg offline 200+ lebih harganya tapi bahannya juga bagus sih. Lgi nabung duluuu..

    Aku jg pengen bisa renang. Nantilah kalo si bungsu udh lepas ASI aku mau les renang juga....

    ReplyDelete
  21. Bagus yaaa. AKu suka baju renangnya yang hijab panjang gtu. Soalnya kalau cuma seleher ngrasa aneh, apalagi kalau sehari2nya pakai yg menutupi dada :D
    TFS infonya, aku intip2 ya IG-nya :D

    ReplyDelete
  22. secara model ini udah cukup mewakili yang pake baju syari. tapi kayaknya bahannya perlu ditingkatkan ya kualitasnya. tapi eh kalo pake spandek kayaknya gabisa model longgar. soalnya spandex memang ngeplek kalo dipake di badan

    ReplyDelete
  23. Baju renang muslimah nya bagus banget ya model-modelnya aku juga ikut pengen beli nih semoga aja suatu hari nanti les berenangnya bisa terwujud Terima kasih ya Mbak

    ReplyDelete
  24. Waahh..kok pas banget ya, saya emang lagi nyari baju renang muslimah. Dan you know what..ukuran mbak tuh sama kayak saya, cuma beratnya beda dikit, saya 50. Cus ah kepoin ignya Nuna hijab swimwear.. makasih infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  25. OMG aku langsung cek ig nya hahaha secara pernah beli di shoope dan nyesal toko tanpa nama haha. Terimakasih infonya mba

    ReplyDelete
  26. Kalau saya lebih senang baju renang yang nyaman di pakai saat renang, gak menghalangi gerak dan yang paling penting, saat keluar dari kolam, gak nyetak di badan. Oh iya, kalau bisa yang mudah dibuka kalau kita mau BAK. Banyak maunya ya hihihi...

    ReplyDelete
  27. Baju renang syar'i yang celana beneran nyaman dipakai, selain bahannya ringan juga cepat kering begitu mentas. Untuk yang gamis, jadi penasaran di dalam air seperti apa ya?

    ReplyDelete
  28. Waah...ada baju renang gamis?
    Keren niihh...

    Aku sejak pakai gamis, asa sungkan pake baju renang celana.
    Siasatinya dengan langsung nyemplung sak jilbab syari nya.

    Pasrah.

    ReplyDelete
  29. Wanita berhijab jadi lebih nyaman berenangnya yaa, Mba. Gak khawatir lagi auratnya tersingkap saat sedang berenang ��

    ReplyDelete
  30. Kepo bgt sama baju renang gamisnya, meluncur ah.

    ReplyDelete
  31. Thank's for share, Mbak. Saya baru tahu ada baju renang syar'i begini, longgar banget ya. Btw, aku juga belum bisa berenaaang hahaha. Kayaknya kudu cari guru les renang yang cewek juga deh ya klo mau latihan.

    ReplyDelete
  32. Wah seneng banget ada yang rekomendasikan baju renang muslimah. Saya emang lagi nyari mbak, buat anakku dan aku dong hehe dah lama pengen berenang pake baju renang, tapi blm ada yang cocok. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  33. Dih apik banget baju renanngnya. Biasanya aku make kaos sama leging lha belum punya heheheh
    duh aku jadi mau kepoin deh model baju renang ini Mba Dwi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi