Tuesday, May 22, 2018

Menu Praktis Ramadan : Ayam Goreng Istimewa

ayam goreng


Assalamu'alaikum buk ibuk.. gimana puasanya? stok makanan di kulkas aman? :D Ini sih saya nanya diri sendiri yaa, xixixi. Soalnya ada rencana yang belum terealisasi di awal bulan ramadan ini, yaituuu bikin stok ayam goreng istimewa. Kenapa belum? karena minggu kemarin saya habis kalaappp belanja di Pasar Gudang Lelang, Teluk Betung, Lampung. Beli aneka seafood segarr dan ikan giling untuk bikin tekwan (semogaa bukan sekedar wacana, hahaha).


Jadi di hari-hari awal ramadan ini, puas-puasin dulu makan ikan, kerang, cumi dan kawan-kawannya. Cumi lagi murah banget disini. Ukuran sedang sekilonya cuma Rp 40.000. Beberapa hari yang lalu, saya sampai 3 hari berturut-turut makan cumi goreng tepung. Hasilnya? leher berat banget dan itu pasti kolesterol. Huhu, memang segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik yaa. Balik lagi ke soaln ayam goreng istimewa, ini menu andalan Mamah. Rasanya sedikit manis dan dominan gurih. Ayam goreng memang cocok dijodohin sama apa aja. Pake sayur tumis oke, bening mantep, lalapan plus sambel juga top markotop.


nyamm nyamm

Gak di bulan ramadan pun, Mamah memang sering banget nyetok ayam goreng istimewa ini. Maklum lah, anak tertua. Kunjungan keluarga bisa terjadi kapan aja. Kalau punya stok lauk, hati jadi lebih adem kan ya, hehehe. Gara-gara hobi Mamah nyetok makanan ini, freezer kulkas jadi penuh bangett. Gak saya poto deh waktu freezer kulkas Mamah diiket pake tali rafia saking penuhnya. Takut viral, HAHAHA. Daan akhirnya si Mamah beli freezer tambahan. Persis kek orang jualan nugget, padahal untuk konsumsi pribadi. Warbyasak XD

Ini nih resep andalan Mamah, ayam goreng istimewa, cekidot yaah.

Resep Ayam Goreng Istimewa
Untuk 8 orang
 Sumber: Kumpulan Resep Femina
Bahan:
1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
air kelapa (dari 1 butir kelapa)
1 sdm air asam 
1 potong kecil gula merah
1 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 ruas lengkuas
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
garam secukupnya

ayamg setelah diungkep

Cara membuat:
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe dan garam.
Didihkan air kelapa bersama bumbu halus, air asam, gula merah, serai dan daun salam.
Masukkan ayam, masak hingga empuk dan air mengering sambil sesekali diaduk. Angkat dan biarkan ayam dingin.
Goreng dalam minyak panas hingga kuning, angkat dan tiriskan.

Catatan dari Mamah:
Untuk 1 kg ayam, Mamah biasanya menggunakan garam sebanyak 1 sdm.
Resep dengan menggunakan air kelapa ini cocok untuk diaplikasikan ke ayam kampung. Karena di rumah sering pakai ayam negeri yang memang udah empuk, biasanya setelah dicuci, ayam langsung Mamah tiriskan. Trus langsung masukkan aja ke wajan bareng dengan bumbunya. Ayam negeri ini nantinya akan mengeluarkan air juga, jadi gak perlu ditambahkan air lagi.

ayam yang ditiriskan
Menggoreng ayam tidak perlu terlalu lama karena ayam yang kekeringan, cita rasa bumbunya akan berkurang.

Penting banget punya persediaan menu praktis selama bulan ramadan ini. Karena kita pengennya fokus sama ibadah kan.. Meskipun masak untuk keluarga itu ibadah juga sih :D Yang praktis-praktis gini bisa jadi penyelamat banget juga saat sahur di injury time :D Tinggal goreng sebentar, langsung leppp. Semoga puasa kita tahun ini menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi ya. Aamiin.

Salam sayang!





2 comments:

  1. Mbak,lebaran open house ga? Mau nyicip ayam gorengnya lo 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebaran aku pulkam ke tempat mertuaaa .. Hahaha

      Delete

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi