Saturday, May 20, 2017

Pentingnya Bermain Bersama Anak



Kehadiran orang tua yang sungguh-sungguh saat menemani anak bermain merupakan impian setiap anak. Meskipun tidak mudah, orang tua harus mulai memperbaiki komitmen. Baik dalam hal pengelolaan waktu maupun manajemen emosi dan rasa lelah. Dengan begitu, orang tua diharapkan betul-betul hadir membersamai anak saat mereka bermain. Bukan sekedar meladeni dengan sisa-sisa tenaga ataupun wajah yang pura-pura excited, namun pandangan fokus pada telepon genggam dan menjawab ala kadarnya, “Oh.. Iya.. He eh..”.

Membersamai Anak Bermain itu Penting dan Banyak Manfaatnya.




Anak yang ditemani bermain dengan sungguh-sungguh akan merasakan kedekatan yang hangat dengan orang tuanya. Ruang kasih sayang anak akan terisi dengan penuh karena merasa diperhatikan dan selalu dianggap penting. Komunikasi yang terjalin membangun kepercayaan anak pada orang tua. Hal ini membuat mereka tak segan menjadikan orang tua sebagai teman bicara.

Bagi orang tua, bermain dapat dijadikan motivasi untuk meningkatkan kapasitas diri. Seringkali tidak mudah mencari jawaban dari pertanyaan yang kelihatannya sederhana. Di waktu ini pula, anak akan mengenal lebih dekat orang tuanya, bahwa ada saat dimana orang tua tidak selalu tahu jawaban dari setiap pertanyaan mereka. Inilah kesempatan membangun tim yang kompak untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama.

Momen-momen masuk ke dalam dunia bermain anak, menjadikan orang tua semakin memahami potensi yang dimiliki oleh anak dan tak terus menerus berfokus pada kelemahannya.

Saat bermain, orang tua dapat turut berperan aktif menjalin komunikasi dengan anak. Hal ini tentu saja baik bagi perkembangan komunikasinya dengan teman-teman sebaya. Tak jarang imajinasi anak juga berkembang saat bermain, pada kesempatan inilah orang tua dapat membangun imajinasi tersebut menjadi sebuah mimpi dan pengharapan yang nyata. Bahwa tak ada yang tak mungkin, selama kita berusaha dan berdo’a. Motivasi anak menjadi kuat, kepercayaan diri bertambah, nasihat membekas di benak mereka, bukan dalam bentuk rentetan kalimat panjang yang susah dicerna, tapi kenangan indah yang menyenangkan saat bermain dengan orang tua.

Dear parents, kehadiranmu yang sungguh-sungguh saat menemani anak bermain itu lebih mahal harganya dari mainan termahal yang pernah engkau berikan. Orang tua adalah teman bermain yang membuat permainan apapun menjadi semakin mengasyikkan. Yuk, kembali kita perbaiki komitmen untuk selalu menyediakan raga dan jiwa yang utuh saat mendampingi anak bermain di tiap tahap tumbuh kembangnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi