Sunday, April 30, 2017

Sabar Mak.. This Too Shall Pass (1)

Beberapa libur panjang di bulan April 2017 ini cukup menguras kantong juga ya! Hahaha. Berhubung gak ada rencana liburan jauh, aku sekeluarga cukup menikmati muter-muter Bandar Lampung.. mendatangi tempat yang belum pernah dikunjungi dan mengulang kembali tempat yang pernah dikunjungi.

Salah satu agenda yang gak lepas dari jalan-jalan adalah makan. Seperti biasa, sumber kebahagiaan aku dan suami itu sederhana.. segala jenis bakso dan mie-mie-an. Siang itu, suami memutuskan untuk mengunjungi Mie Kodon di daerah Teluk Betung. Dengan alasan, selain mie nya memang enak, tersedia juga cabe rawit yang bisa diceplus. Mantab!

Sepanjang perjalanan Rania tidur, kecapekan sangat berenang dari jam 8 pagi sampe jam 1 siang. Btw, ada gak ibu-ibu yang juga membiarkan anaknya yang belum dua tahun 'berenang' selama itu di kolam renang umum? Semoga aku ada temennya deh ya.. xixixi.

Baru sekitar empat puluh lima menit tidur, mobil sudah sampai di tempat tujuan. Rania bangun tanpa drama, malah minta pake sepatu terus ngajak keluar. Biasanya, biasanya nih.. Rania paling mood kalau disuruh makan mie. Jadi mamak pede langsung pesen 2 mie kuah untuk mamak dan ayah, plus 1 mie goreng buat Rania.

Pas mie kuahnya dateng, kebayang dong.. kuah panasnya yang mengepul-ngepul.. aromanya yang sedep.. dan rasanya yang begitu diseruput sedikit.. endess! Apalagi kalau ditambah rawit ceplus. Perfecto.

Sejak punya anak, mamak gak pernah bisa langsung makan hap hap hap. Karena harus selalu ada ritual misahin makanan untuk Rania ke piring yang kosong supaya lebih cepet dingin. Plus motong-motong jadi bagian yang lebih kecil lagi supaya gampang disendokin dan gampang dikunyah. Udah mulai terbiasa sih dengan rutinitas ini. Makanya paling sebel kalo pesen makanan yang pas penyajian panasnya gak maksimal. Soalnya setelah selesai prosesi 'ritual', makanannya pasti udah jadi 'dingin'. Berkurang deh kenikmatan.

Beberapa saat kemudian, Rania duduk manis di atas meja (ini kebiasaan dari jaman bayi dan mulai dilatih pelan-pelan untuk duduk di kursi) bersiap makan, tiba-tiba doi nangis.. minta gendong.. dan mau jalan keluar. Buyarrr angan-angan mie kodon panas nikmat dengan cabe ceplus.

Emosi udah naik ke atas kepalak! Ditambah perut yang emang keroncongan  karena baru diganjel sepiring nasi goreng (eh, buset! Wkwk). Itulah pentingnya busui makan di saat ada kesempatan. Karena hal-hal tak terduga macem gini bisa aja terjadi. Dan kalo buat aku sih, laper itu bahaya banget! Bisa buyar segala teori parenting cuma karna gue laper doang! Hahaha.

Saat itu aku bisa banget memilih marah. Ya bayangin aja boss.. itu mie kodon panas udah tersedia di atas meja. Mau makan, eh anak malah nangis. Rasanya pengen tantrum balik deh! Hahaha. Setelah beberapa kali inhale exhale dan mencoba ikhlas dadah dadah ama tu rawit ceplus, otakku, Thank God, memilih untuk nyengir, walaupun terpaksa, dan ngikutin kemauan Rania untuk beranjak dari tempat tersebut. Mak.. percayalah, milih untuk 'sabar' begini itu latihannya gak sekali dua kali. Di awal-awal punya anak ini tuh semacam ujian dari Tuhan yang berat banget untuk aku jalani. Huhu. Apalagi kalo pas lagi makan Bakso Sony ya. Urrggghhhh! Rasa pengen nangis sambil mbanting mangkok. Hiks.

Seiring waktu berjalan, aku mikir juga sih.. gak ada untungnya tantrum balik sama anak cuma gara-gara kita laper. Yang ada tuh kita yang kudu pinter-pinter bersiasat. Cegah jangan sampe kitanya laper banget, liat-liat jam mood nya anak atau gantian makan sama suami. Kalo anak udah gedean dikit, bisalah kita coba negosiasi. Walaupun jangan ngarep juga bakal selalu berhasil. Hahaha.

Setelah keliling-keliling sekitar warung dan berhenti lama di toko helm sambil cerita-cerita sama Rania, secercah harapan muncul bersamaan dengan nongolnya kepala suami yang celingak-celinguk nyari keberadaan kita berdua. Aha! Dateng juga waktunya makan mie kodon. Aku bergegas mengestafetkan Rania ke tangan Ayahnya dan lari-lari kecil menuju meja mie kodon. Takut keburu dipindahin sama abangnya dikira gak ada yang makan. Hahahha.

Bapak-bapak di sebelahku yang makan bersama anak perempuannya bertanya, "Baru satu ya Mbak?", "Eheheh, iya Pak.. biasanya mau diajak makan. Ini mungkin masih ngantuk makanya ngajak jalan..", Si Bapak menyahut, "Panas juga sih mbak tempatnya.. mungkin karena itu jadi rewel. Nih anak saya udah gadis sekarang. Udah lewat masa-masa ummi abi nya ganti-gantian makan.."

Dan pikiranku langsung melayang ke masa-masa saat Rania belum genap berusia18 bulan. Bener-bener cobaan sabar, pelajaran berharga banget buat aku yang susah nahan emosi karena laper. Berkali-kali kejadian mamak-mau-makan-lalu-Rania-nangis-bahkan-gak-mau-digendong-ayahnya itu terjadi.. dan berkali-kali itu pulalah perasaan pengen nangis bahkan pengen noyor abang yang jualan muncul. Hags! Sabarku lagi diasah sama Tuhan. Sekarang, di usia Rania yang hampir masuk 2 tahun, alhamdulillah dia udah mau main sama Ayahnya saat mamak makan.

Means what? Aku udah melewati masa-masa dimana Rania maunya cuma dipegang aku doang! Aahhhh thats it! Itu artinya kalau aku mau coba lihat lebih dalam, sedikit demi sedikit 'kemudahan' itu datang. Kenikmatan mie kodon masih bisa kunikmati saat Rania dengan tenang main bersama Ayah, walaupun jadi gak se-HOT yang kubayangkan. Lah daripada enggak sama sekali macem kejadian yang lalu-lalu? Hihi. Aku bersyukur.

Selalu ada hal yang bisa kita syukuri dalam keadaan sesempit apapun, kalau kita mau melihatnya lebih dalam. Hikmah itu seringnya memang gak nampak di permukaan. Mutiara juga adanya di dasar lautan kan? Eciyee..

Sabar. This too shall pass.. kayak aku yang tau-tau udah melewati fase Rania-mau-sama-gue-doang menuju Rania baru yang udah mau ditinggal beberapa waktu sama Ayah atau Iyah (Eyang) nya.

Sabar. This too shall pass.. kalau aku ibaratkan sampe umur Rania beranak bercucung nanti, atuhlah beberapa tahun ditemplokin muluk di awal-awal masa kehidupannya mah gak ada se-per se-per-nya acan.. (hahahha, ini bahasa Mamah). Cuma sebentar. Tau-tau entar udah gede.. udah mandiri.. gak ada lagi yang gangguin mamak pas mau makan. Duh, takut jugak mamak jadi gendats nanti.. xixixi..

Sabar. This too shall pass.. kejadian yang sama, sayangnya belum tentu membuat kita memilih reaksi yang sama. Kayak aku, yang kadang bisa sabar, kadang juga jadi gendong Rania rada kenceng karena gemes.. kesel.. pernah juga ngedumel yang padahal gak ada gunanya. Huft.

Bakal lewat dah masa-masa begini yang dengan entengnya bisa kita ceritain lagi macem bapak yang ada di sebelahku tadi. Setiap mamak pasti ngelewatin fase ini dah.. Tinggal gimana milih reaksinya. Semoga selalu dikasih kesabaran yang seluas perairan.. biar kalo anak kita 'nyebelinnya' seluas daratan, sabar kita masih menang tiga kali lipat lebih luas dong.. iya kan? Seenggaknya itu sih kata buku geografi jaman esde.. hehehe, gak tau deh udah nambah luas lagi apa belum sejak es di kutub utara perlahan mencair...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi