Sunday, April 16, 2017

Melatih Oral Motor Anak dengan Kegiatan Meniup Gelembung Sabun

Jelang usia 2 tahun ini Rania udah mulai kenal barang-barang bagus dong.. minuman atau makanan enak dan juga mulai ngerti kalau mainan kereta-keretaan di mall itu bisa dinaikin kalo kita.. BAYAR! Hahaha.
Sebelumnya doi cukup bahagia sekedar ngeliat, nyentuh barang, atau dadah-dadah sama kereta yang lewat. Tapi sekarang, udah bisa ngambil barangnya sendiri terus bilang, “Bunda bayar Bunda..” Hahaha. Sebuah pencapaian.
Ceritanya beberapa minggu yang lalu waktu Rania ikut ke minimarket, doi tertarik sama barang kecil ini. Harganya cukup murah lah dibanding mainan yang lain. Dan udah lama juga aku pengen punya mainan tiup gelembung. Kupikir, kalau habis, bisa diisi ulang lagi dengan sabun biasa di rumah. Yang penting botol sama alat tiupnya *mama ekonomis*
Kenapa tiba-tiba aku semangat beli mainan tiup gelembung? Karena inget kalau gerakan meniup itu bisa menjadi salah satu kegiatan sederhana untuk melatih oral motor anak.
Gerakan meniup ini bisa divariasikan kok. Gak melulu harus niup gelembung sabun. Kalo gak mau keluar modal, mainan meniup kertas bisa jadi alternatif. Meniup lilin ulang tahun juga bisa bangett.. asal emaknya sabar aja ngidupin dan matiin lilin berkali-kali.. hahaha
Oral motor berkaitan dengan kegunaan dan fungsi otot wajah (bibir,lidah, dan rahang ). Manfaat menstimulasi oral motor anak ini antara lain untuk mempersiapkan kemampuan berbicara dan melatih keterampilan makan serta menelan.
Buat anak-anak seumur Rania, niup gelembung itu capek loh! Terbukti baru beberapa kali niup doi udah kesel sendiri. Hahaha. Kalau udah begitu, mamak langsung ambil alih deh. Tujuan main kan untuk senang-senang ya, bukan malah buat frustasi. Qiqiqiq. Kegiatan meniup gelembung ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan bibir dan meningkatkan kontrol nafas.
Contoh kegiatan oral motor sederhana lain yang bisa dilakukan di rumah yaitu menjilat bibir. Caranya bisa kita oles madu atau selai untuk dijilat anak. Nah.. yang sepele gini aja manfaatnya ternyata bisa meningkatkan kemampuan gerakan lidah keatas loh. Hohoho. Yuk ah main!
Salam bermain simpel, murah dan menyenangkan yaa!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Means a lot to me :) Silahkan komentar yang sopan dan mohon jangan sertakan link hidup ya. Jika ingin berdiskusi atau butuh jawaban cepat, bisa menghubungi saya via pesan instagram di akun @dwiseptiani.dwi